”Pak?”
“Dulu, kita sering begini juga, waktu kamu atau saya yang sakit. Ya, kan?”
“Maaf, Pak. Saya gak minat bahas masa lalu.”
“Kalo masa lalu kamu beneran bisa jadi masa depan kamu, gimana?”
“Bapak jangan terlalu percaya diri. Saya tau, Pak Alan udah nolongin saya hari ini. Tapi, untuk soal itu, saya sama sekali gak setuju.”
Alan masih melanjutkan menyuapi Revina, kali ini tanpa ada obrolan sepatah kata pun. Jujur, Alan cukup kecewa. Sekian lama ia sudah berusaha, respons Revina tetap tak sedikitpun berubah.
Setelah dokter melakukan pemeriksaan lanjutan dan memastikan Revina baik-baik saja—tidak perlu di-opname, Alan mengantar Revina pulang sesuai janjinya tadi.
Dalam perjalanan, di dalam mobil Alan pun tak ada pembicaraan mengalir. Hanya terdengar bising suara air hujan yang turun—cukup deras. Baru saja langit tiba-tiba mendung dan langsung turun hujan ketika Revina hampir selesai diperiksa dokter tadi. Revina lebih memilih memandang hujan yang membasahi jalanan, lewat kaca mobil Alan.
Mereka sampai tepat di depan gang komplek rumah Revina. Alan pun menghentikan mobilnya.
“Makasih sekali lagi, Pak,” ucap Revina.
“It’s OK, Rev. Tapi, kamu yakin mau turun di sini aja? Kamu kuat jalan dari sini ke rumah kamu? Saya bisa aja anter kamu sampe depan rumah, kok. Urusan nanti saya ketemu bunda kamu dan kena marah sama beliau, saya gak masalah.”
“Gak perlu, Pak. Di sini aja. Saya yang gak mau bunda sampe ribut lagi sama Bapak.”
“Baiklah, kalo memang maunya kamu begitu. Hujannya masih cukup deras, Rev. Kamu bisa basah kuyup dan tambah sakit lagi kalo kehujanan. Nih, bawa aja dulu payung saya.”
Alan menyerahkan sebuah payung berwarna biru tua yang selama ini biasa dibawanya di mobil. Revina pun langsung menerimanya tanpa perdebatan sedikitpun. Lagi pula, Revina juga tak mau sampai basah kuyup.
“Makasih, Pak. Besok saya kembalikan. Kalo gitu, saya turun dulu, Pak.”
“Eh, Rev.” Alan kembali mencegah Revina. “Em, jangan lupa obatnya diminum, dihabisin, ya. Semoga cepat sembuh.”
“Baik, Pak.”
“Dan—
“Ada apa lagi, Bapak?”
“Kalo mau bimbingan buat bab empat, kapan pun itu kamu bisa langsung hubungin saya atau temuin saya. Gak perlu nunggu sampe selesai dulu, kok. Bahkan, kalo tiba-tiba kamu ngerasa buntu di poin tertentu, tanpa selesaikan poin itu dulu, kamu bisa langsung bilang ke saya.”
“Oke, Pak. Ada lagi?”
“Udah, saya kira itu aja, sih. Silakan. Selamat istirahat.”
Revina turun dari mobil Alan. Ia sedikit berlari ke rumah sambil memakai payung dari Alan. Sementara Alan masih memandangi kepergian Revina, ingin benar-benar memastikan Revina sampai di rumah dengan selamat.
Sampai di rumah, Revina langsung disambut bundanya.
“Ya ampun, Vina. Hujannya deras banget itu, kamu kehujanan, Nak? Pulang naik apa?”
“Ehh, Bun. Tadi dianter ... temen. Sampe di depan gang sana, terus dipinjemin payung. Jadi, aku gak kehujanan. Bunda tenang aja, ya.”
“Syukurlah. Ya udah sana, kamu ganti baju dulu terus istirahat. Eh, kamu udah makan siang, kan?”
“Udah kok, Bun.”
“Kalo mau makan lagi, biar bunda siapin.”
“Gak lah, Bun. Aku masih kenyang lah. Ya udah, aku ke kamar dulu ya, Bun.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Terjebak Kenangan Mas Dosen
RomansaRevina Shania Rosaline mendapat kejutan besar di masa-masa akhir semester perkuliahannya. Setelah merana menghadapi LDR tanpa kepastian, sang kekasih--Alan Raskal Affandra yang dulu juga seniornya di kampus tiba-tiba kembali dari studinya di Tiongko...