Oleh honeydew1710
Kalau minggu kemarin kita bahas soal utopia yang aman damai, hari ini kita bahas tentang distopia yang kebalikannya. Dalam distopia, kita akan melihat kondisi masa depan bumi yang buruk di mana perang dan kriminal terjadi di mana-mana. Manusia yang hidup pada era distopia ini mengalami ketakutan, kemarahan dan kebingungan.
Dalam cerita distopia, bumi dipimpin oleh seorang diktator yang ingin menguasai dan menyatukan seluruh manusia di bawah kekuasaannya. Contohnya Hunger Games yang ngetop begete itu. Siapa yang ingin menjadi pemimpin tunggal dan mengatur semua orang di dalam negaranya?Lalu, Divergent juga ada Jeanine Matthew yang ingin menguasai seluruh Texas. Lalu, saat keluar dari tembok, ternyata memang ada organisasi yang menguasai seluruh manusia yang ada di sana.
Contoh lain distopia adalah Terminator. DI mana perusahaan Skylar ingin menguasai semua umat manusia di bawah perbudakan robot.
Eh, tapi, bukan hanya tirani yang menyebabkan cerita menjadi distopia. Kondisi bumi yang hancur dan bermasalah juga akan menjadi distopia. Interstellar dan Mad Max contohnya yang menceritakan bahwa dunia menjadi buruk karena bencana alam dan penyakit. Bumi jadi gersang dan manusia kekurangan bahan makanan.
Pokoknya, banyak sekali cerita tentang distopia ini, Kita gak akan kehabisan ide mengenai distopia. Yang perlu kita lakukan hanyalah search di Google saja. Hehehe...Jadi, gak ada alasan untuk gak bisa riset, ya.
Ayolah, jangan gunakan alasan sebagai tameng atas kemalasan kamu. Duani ada di dalam genggaman. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari di layar HP. Itu aja, kok.
Tinggal sekarang, kamu mau atau enggak?
Untuk membuat distopia, ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa ceritamu pada logika yang baik. Yes, sekalipun ini fiksi, kamu gak bisa menuliskan dengan asal-asalan. Ceritamu harus memiliki logika yang baik.
1. Apa yang terjadi pada bumi?
2. Mengapa itu bisa terjadi?
3. Bagaimana manusia bertahan ketika itu terjadi?
4. Apa yang dilakukan manusia untuk melindungi diri setelahnya?
5. Apa yang ingin dilakukan oleh tokoh utama? Mengapa?
6. Bagaimana kondisi dan latar belakang tokoh utama?
7. Siapa/apa yang harus dilawan oleh tokoh utama?
8. Pesan apa yang ingin kamu sampaikan dalam cerita?
9. Siapa yang akan membaca ceritamu?
10. Bagaimana kamu menceritakan kisah tersebut?
.
Setelah menjawab semua pertanyaan ini, kamu bisa mulai membangun ceritamu sendiri. Ingat, yah distopia bukan hanya karena perang atau pemimpin otoriter. Dunia distopia bisa terjadi karena bencana alam, penyakit, atau kondisi manusia yang mengalami penurunan karena hal-hal psikologis.
Kalau ceritamu itu berakibat buruk terhadap manusia, tapi ternyata memicu perkembangan yang lebih baik, bukan distopia namanya. Hehehe...
Misalkan dalam ceritamu manusia kehilangan kemampuan untuk menggunakan benda elektronik. Tapi, ternyata itu membuat manusia kembali pada alam dan hidup berdampingan, ya gak akan berubah jadi distopia. Ceritamu malah akan menjadi utopia nantinya. Hehehe...
.
Jenis-jenis kondisi distopia yang bisa menjadi ide untuk kamu:1. Society Dystopia
Ini adalah kondisi di mana kondisi distopia dipengaruhi oleh kondisi sosial masyarakatnya. Contohnya divergent
2. Political Dystopia
Seperti Hunger Games, kondisi distopia dalma cerita jenis ini sangat dipengaruhi oleh kondisi politik.Yang suka heboh sama perpolitikan Indonesia, baca buku ini deh biar gak suka nyebarin yang hoax-hoax atau yang bau bau kebencian gitu. Cerita ini secara vulgar menjelaskan tentang peran media massa dalam peta politik.
Apalagi yang suka ngoceh sana-sini tanpa paham hukum dan peraturan perundang-undangan yang diocehkan itu. Jenis penduduk seperti inilah yang menjadi sasaran empuk provokator. jadi, jangan terlalu vokal pada ranah yang tidak kalian pahami, ya. (Honey ngomong apaaa....)
3. Technology dystopia
Tadi kita udah bahas Terminator, ya. Ada juga Matrix yang menjadi contoh bagus untuk cerita distopia karena teknologi.
4. Nature Dystopia
After The Fall adalah cerita yang sangat bagus untuk menggambarkan distopia karena kondisi alam.
.
Sudah jelas dengan genre ini?
Yuk kita buat genre distopia.Untuk minggu depan, Honey mau ngajuin pertanyaan nih. Kalian mau Honey membahas Post-Apocaliptic atau Journey to the Space sebagai genre yang akan dijelaskan?
Hayooo... pilihan terbanyak akan Honey pilih untuk materi minggu depan.
Ingin pilihanmu dijelaskan pada minggu depan?
Ajak teman dong untuk milih.Minggu depan adalah kesempatan terakhir membahas genre yang asyik ini. Hehehe...
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Serba-Serbi Kepenulisan
AcakDikumpulkan dari diskusi Komunitas Novel Online Indonesia. Semua hal menyangkut kepenulisan.