"dia udah nabung lama buat beli gelang ini dan pas dia udah bener bener beli buat Lo, Lo malah gabutuh lagi gelang ini karena Lo udah dapet dari Juan. Lo bisa ga sih hargain Laksa sedikit aja?"
Ucapan Ayesha tadi malam masih terngiang ngiang di kepala Mira. Bahkan ucapan itu membuat Mira semakin tak nyaman dan merasa bersalah.
Jadi semalam Laksa melihatnya bersama Juan sampai sampai ia tak mau masuk ke dalam rumah?
"Gue emang dapet gelang ini dari Juan, tapi sebenernya gue maunya yang ngasih gelang ini tuh Lo Laksa,"
Mira melepas gelang pemberian Juan semalam lalu menyimpan kembali pada tempatnya.
"Mir—" Somia langsung masuk kedalam kamar Mira, Somia agak kaget saat melihat wajah Mira yang terlihat pucat, bahkan dengan kantung mata yang terlihat seperti panda itu.
"Lo ga tidur ya Mir?" Somia menyimpan punggung tangannya di kening, lalu pindah ke pipi chubby Mira.
"Gue ga bisa tidur, dari semalem gue ga bisa tidur. Gue malah terus terusan kepikiran Laksa Som."
Somia menghela nafas.
"Laksa kenapa lagi?"
"Laksa semalem kecelakaan Som, gue tau itu waktu kalian udah pada pulang." Tutur Mira dengan suara serak.
"Apa? Laksa kecelakaan? Lo serius?"
Mira mengangguk.
"Dan Lo tau apa yang bikin gue kecewa banget?"
Somia mengusap bahu Mira lembut.
"Apaan?"
"Laksa kasih in gelang yang gue pengen ke Ayesha."
"Tuh kan Mir, gue jadi curiga kalo Laksa tuh punya hubungan sama Ayes—"
"Ngga Som, itu awalnya emang buat gue. Tapi Laksa ga sengaja liat gue dapet gelang yang sama dari Juan, makannya dia kasih gelang itu ke Ayesha karena dia ngira gue udah ga butuh gelang itu. Padahal dari dulu gue berharap banget yang ngasih hadiah itu ke gue itu Laksa bukan Juan, Som." Mira menangis, Somia hanya bisa memeluknya dan menepuk punggungnya pelan.
"Jadi sebenernya cinta Lo itu buat Juan apa buat Laksa?"
"Gue ga tau, di sisi lain gue masih berharap sama Juan. Tapi gue juga ngerasa hampa waktu Laksa ga pernah ada di sisi gue lagi."
Somia mengusap rambut panjang Mira.
"Apa lagi sih Mir yang Lo harepin dari Juan?"
"Gue kasian aja Som, dia juga kayaknya masih berharap sama gue."
"Tapi Lo juga ga bisa kayak gini, Lo ga cuma nyakitin perasaan Lo. Tapi Lo juga nyakitin perasaan Laksa juga."
"Kalau setidaknya Juan ga bikin Lo bahagia sama sekali, Lo ga bisa tetep ngendaliin perasan Lo buat balikan lagi sama Juan. Lo lepas aja dia,"
"Kalau selama break Lo merasa hidup Lo kosong karena nggak adanya Laksa, berarti hati Lo yang sebenernya itu berpihak sama Laksa bukan sama Juan."
"Disini yang salah bukan hati Lo, tapi pikiran Lo mir yang salah. Lo ga seharusnya bohongin perasaan Lo sendiri, kalau hati Lo pilih Laksa ya cetus aja sama Laksa, dan mulai belajar lepasin Juan."
"Jadi, kalau Laksa minta penjelasan soal hubungan kalian mau gimana kedepannya. Lo udah punya jawabannya?"
Mira mengangguk.
"Gue bakal tetep lanjutin hubungan gue sama Laksa, dan buat sekarang gue bakal belajar buat bisa ngehindar dari Juan." Somia tersenyum saat mendengar itu, sedangkan Mira kembali memeluknya.