30☠️

2.5K 182 26
                                    

Jeno telah sampai di sekolahnya. Ia berjalan santai menyusuri koridor sekolah yang sudah sepi karena para siswa sudah memasuki ruang kelas masing-masing dan mereka kini sedang mengikuti pelajaran di kelas mereka.

Sesampainya Jeno di depan ruang kelasnya, ia pun langsung membuka pintu ruang kelasnya dan masuk ke dalam ruang kelasnya tanpa meminta izin dulu pada guru yang sedang mengajar di kelasnya pagi itu.

"Siapa yang kasih izin kamu untuk langsung duduk di bangku kamu, Jeno?" ucap guru yang sedang mengajar saat Jeno berjalan ke arah bangkunya.

Seluruh siswa yang ada di kelasnya pun langsung menatap ke arah Jeno. Jeno lalu menghentikan langkahnya dan membalikkan badannya menghadap ke arah guru yang sedang mengajar di kelasnya itu.

"Berarti saya ngga dikasih izin duduk di bangku saya, Bu? Terus saya duduk dimana, dong?" tanya Jeno.

"Sinih kamu!" ucap guru itu pada Jeno.

Jeno pun berjalan mendekat ke arah gurunya dan menunggu apa yang akan diperintahkan guru itu padanya.

"Kenapa kamu terlambat?!" ucap guru itu bertanya pada Jeno.

"Emangnya papa ngga kasih tau ibu tadi?" tanya Jeno balik.

"Saya ingin kamu yang izin sendiri pada saya. Jangan lewat papa kamu! Yang jadi siswa di sini kan kamu, bukan papa kamu?"  ucap guru itu.

"Sialan! Papa gimana, sih?! Katanya tadi ngga pa-pa kalo telat! Kenapa sekarang masih ditanyain kayak gini pas nyampe di kelas?!" batin Jeno.

"Kasih tau aja langsung hukumannya. Ibu ngga izinin saya ikut pelajaran ibu hari ini? Ibu mau saya lari keliling lapangan sekarang?" tanya Jeno pada guru.

"Jeno, saya ngga akan hukum kamu. Tapi saya hanya ingin kamu bisa mengerti yang namanya sopan santun! Kamu masuk kelas tanpa permisi dan kamu juga melewati guru kamu begitu saja yang sedang mengajar di kelas. Dengan santainya kamu mau langsung duduk di bangku kamu, sedangkan di kelas ini sedang ada guru yang sedang mengajar. Apa itu sopan menurut kamu?!" ucap guru.

"Ya udah maaf, Bu. Saya terlambat soalnya kakak saya bangunin saya kesiangan. Jangan salahin saya kenapa saya terlambat. Salahin aja kakak saya," ucap Jeno pada guru itu.

Mendengar jawaban itu, para sahabat Jeno dan para teman kelasnya pun tampak menahan tawa.

"Konyol banget jawabannya, anjir! Ya kali gurunya suruh nyalahin abangnya," gumam Haikal.

"Maklum, bayik emang masih suka bangun kesiangan kalo ngga dibangunin dulu. Belum bisa bangun pagi sendiri," balas Juna.

"Anjir! Jeno ngapa jujur banget sih jawabnya. Kan jadi ketauan kalo dia masih bayik," sambung Naresh.

"Berarti selama ini kamu kalo bangun pagi masih harus dibangunin dulu?!" ucap guru.

"Iya," jawab Jeno.

"Mulai sekarang kamu harus bisa belajar mandiri, Jeno! Kamu harus bisa bangun pagi sendiri tanpa harus dibangunin dulu. Anak saya aja yang masih kelas 1 SD udah bisa bangun pagi sendiri, kok. Kamu yang udah kelas 3 SMA malah masih harus dibangunin dulu! Ngga malu kamu dibandingin sama anak SD?!" ucap guru.

"Saya kan anak bungsu, Bu. Ya pasti paling dimanja, lah. Udah kebiasaan ngga pernah dibiarin mandiri," ucap Jeno.

"Anak saya yang kelas 1 SD itu juga paling bungsu, kok. Tapi saya tetap ajarin dia caranya disiplin," ucap guru.

"Ya saya ngga tau lah, Bu. Kan caranya orang tua didik anak tuh beda-beda. Tadi aja saya buru-buru makan sarapan ngga boleh sama opa saya. Katanya suruh santai aja. Gimana saya mau disiplin? Ibu marahin aja opa saya kalo berani. Opa yang ajarin saya buat ngga usah disiplin. Anak pemilik sekolah tuh bebas mau berangkat jam berapa aja, Bu. Ibu ngga usah berani macem-macem sama saya kalo ngga mau dipecat jadi guru di sini!" ucap Jeno.

Second House√Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang