7. PENGGANTI ATAU LENGSER?

1.1K 92 1
                                    

Contoh;
Tentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan di bawah ini:

1. Y≤ 3

Jawab; titik uji untuk y ≤ 3
misal y = 0
y ≤ 3
0 ≤ 3 (pernyataan benar)

satu contoh soal sudah tertulis di papa tulis bersamaan dengan Bu Nanik yang menjelaskan mengenai materi yang di pelajari hari ini. Satu soal bersih tanpa jawaban yang tadi nya ingin di kerjakan bersama tapi terhalang oleh bel laknat SMA Mandala. Baru kali ini seluruh murid XI IPA 3 menyesali bel istirahat berbunyi. Dan yang paling membuat mereka kesal adalah kenapa jam pelajaran matematika harus terpotong dengan bel istirahat yang untuk kali ini saja mereka tidak menginginkannya?

2. 7x - 5y ≥ 35

"sumpah males banget gue kalau gini!" ujar beberapa siswi yang menggaruk kepalanya karena tidak mengerti.

"contoh nya aja gak kayak gitu. Ini Bu Nanik dapat soal dari mana sih? Beda banget dari contoh!"

Lalu murid cowok yang waktu itu kena hukuman dari Bu Nanik berceletuk, "x y x y mulu. Bosen gue liat nya! Z kek sekali-kali, kalau gak T. Ini muluuuu!"

"Han, liat dong gue? Pelit amat lo!"

Handi yang sedang mencoret-coret di buku nya melemparkan buku tulis kosong ke arah temannya.

"contek aja kalau lo jenius!"

"ini emang wajib banget ya hari ini selesai?" tanya seorang siswi yang duduk di belakang, "mana gak sempet ke kantin!"

"eh iya, si Dea mana, anjir?" tanya ketua kelas yang tak menyadari keberadaan aset berharga IPA 3.

"latihan nari. Habis setor hafalan langsung cabut."

Saat bel berbunyi dan Bu Nanik sudah keluar dari kelas, Sekar langsung menuju kantin karena kehausan. Ia sama sekali tak menyadari bahwa teman nya di kelas sedang mati ke bingungan menyelesaikan satu buah soal yang entah bagaimana bisa sangat berbeda dari contoh yang di berikan.

"kok pada ramai, ada apaan?" tanya Sekar membawa sebotol minuman yang tadi di belinya.

Satu kelas langsung menatap ke arah pintu. Lalu memalingkan pandangannya dengan lesu menuju papa tulis.

"kan gak di suruh kerjain sama Bu Nanik." Jawab sekar mengerti tatapan teman sekelasnya.

"lo kayak gak tau aja, Kar. Bu Nanik itu pasti nanti nanya jawabannya. Kalau kita gak ada yang tau. Udah deh, kelar! Di bandingin lagi sama kelas sebelah." Ujar gadis yang tadi duduk di kursi belakang.

"lo mah tadi langsung ke kantin. Gue tau nih, pasti lo juga gak bisa kan?" tanya Handi.

"anak baru dia mah, mana ngerti."

"hafalan kemarin aja lancar. Gue yakin lo pasti bisa, Kar."

"kan Hafalan. Gue juga kalau ngafal juga bisa kali!" jawab Handi.

Sekar mengambil sebuah spidol yang memang sengaja di siapkan. Gadis itu mulai menulis angka demi angka di papan tulis tak lupa X dan Y juga ikut andil di sana.

7x - 5y ≥ 35
Sumbu x = 35/7
x = 5 (5,0)

Sumbu y = 35/-5
y = -7 (0,-7)

Sumbu y = 35/-5y = -7 (0,-7)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
SEKARAKSARA (new version) [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang