1 | Valya Cornelly - Tidur Sendiri

8 2 0
                                    

Setelah kepergian orang tuaku, aku tinggal bersama nenek. Lalu, disusul nenek meninggal beberapa tahun setelahnya. Kemudian, aku yang tidak punya rumah ini harus tinggal bersama paman dan bibi dari pihak papa.

Pertama kali pindah adalah saat aku kelas 4 sekolah dasar. Sungguh, waktu itu rasanya berat banget. Selain berat tinggal bersama orang lain, aku tidak bisa tidur sendiri.

Rumah Tante Yara itu agak suram dan menakutkan. Tante Yara tinggal sendiri karena suaminya bekerja di luar kota. Ia tidak punya anak, tetapi memiliki rumah dengan dua kamar kosong. Jadi, aku terpaksa tidur sendiri. Karena Tante Yara sendiri sering keluar saat malam.

Selama seminggu penuh, aku tidak bisa tidur.

Malam pertama aku tidur sendiri adalah yang paling parah.

Saat itu, aku sudah hampir memejamkan mata, tetapi suara berisik terus mengganggu dari lantai atas. Seperti orang-orang yang tengah berlarian.

Awalnya, aku tidak takut karena pasti tikus. Seperti dulu saat tinggal di rumah tua milik nenek. Jadi, aku tidak ambil pusing.

Akan tetapi, tiba-tiba aku merasa ingin buang air kecil dan seperti ada yang mendorongku untuk keluar. Namun, sampai di luar, aku baru menyadari rumah ini terlalu luas.

Sret!

Bayangan anak kecil lari membuatku mengkeret ketakutan. Aku membangunkan Tante Yara, tetapi tidak ada orang. Aku sendirian.

Malam itu, aku ketakutan dengan bayangan-bayangan yang terus menggangguku. Entah itu benar bayangan anak kecil atay hanya imajinasiku saja. Sampai saat ini pun, aku tidak tahu.

Akhirnya, sampai dua hari setelahnya, aku demam dan menginap di rumah sakit. Tante Yara menemaniku di rumah sakit sampai akhirnya boleh kembali pulang.

Setelah sembuh, aku harus tidur sendiri lagi dan lagi-lagi hal itu terjadi.

"Valya, kamu pindah ke rumah Om Damian saja, ya, mulai hari ini," ucap Tante Yara waktu itu. Wajahnya sangat sayu dan terlihat sangat kerepotan.

Sejak saat itu, aku tidak pernah mendapat kabar tentang Tante Yara lagi. Pengalaman pertama tidur sendirian yang aneh.

Namun, yang aku tahu dari Om Damian, Tante Yara dulu pernah punya anak laki-laki, tetapi sudah meninggal. Mungkin itu alasan Tante Yara sering keluar malam.



***

June, 1st 2023.

Tema: pengalaman pertama

Ini gaje sih.

Coffee Time [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang