Jauh 50.000 tahun sebelum manusia lahir ke dunia, Allah sudah menulis perjalanannya dari awal di lahirkan sampai manusia itu meninggal. Dan sebelum benar-benar lahir ke dunia malaikat bertanya sebanyak 77 kali pada manusia setelah mempertontonkan bagaimana kehidupan manusia nanti di bumi. Ada yang mengatakan sanggup dan ada yang mengatakan tak sanggup. Apabila manusia itu tak sanggup menjalani kehidupan di dunia setelah melihat gambaran takdir mereka nanti, maka manusia itu akan luruh. Namun apabila manusia itu sanggup menjalani kehidupan di dunia setelah melihat gambaran takdirnya maka mereka akan hidup.
Dan salah satu manusia yang hidup dan sanggup untuk menjalani takdirnya adalah Arion. Lelaki yang sedang diajak bergurau dengan takdir dalam waktu berdekatan.
Mengapa begitu?
Karena di akhir tahun ia merelakan perempuan yang menolaknya untuk bahagia, di awal tahun ia malah di minta untuk menikahi perempuan itu.
Lawak sekali bukan?
Menjadi pengganti mempelai laki-laki yang bahkan namanya saja ia tak tahu.Awalnya Arion berpikir, ia hanya akan menikmati pesta pernikahan sahabat adiknya itu tanpa ikut andil di dalamnya. Mungkin sedikit menjadi pemanis untuk perjodohan yang sedang Maya atur dengan temannya, hanya itu saja.
Tapi ternyata takdir berkata lain. Doa yang sempat ia lambingkan di rumah terbesar Allah itu, kontan di kabulkan oleh Allah selepas kepulangannya ke tanah air.
Arion di pertemukan jodohnya detik itu juga.
Perempuan yang pernah ia ikhlaskan untuk bahagia bersama laki-laki lain, kini harus ia bahagiakan. Arion harus menggantikan tugas laki-laki yang sempat meminang Manda sebelum ini. Menjadi suami pengganti yang tak tahu bagaimana ke depannya nanti.
"Tolong nikahi Manda, Bang" Permintaan berat seketika Maya ucapkan begitu anak sulungnya tersebut sampai di rumah adik ipar nya yang berpulang.
Tentu, Arion tak langsung bisa menjawab permintaan Maya itu. Pasalnya sebelum ini, pinangannya di tolak oleh perempuan yang namanya Maya sebut.
Menikah?
Dengan Manda?
Perempuan yang tak perlu berpikir lama untuk menolaknya.
Sungguh gila bukan takdir yang Arion jalani?Bayangkan saja, saat sudah bisa menerima semuanya, luka yang sudah nampak mengering tiba-tiba harus kembali di buka hanya untuk di jahit ulang agar terlihat rapi saja. Tentu sakitnya pasti akan terasa kembali meskipun nantinya akan kembali kering.
"Lelucon apalagi ini Mi? Apa hati Abang ini mainan sampai-sampai Mami meminta hal yang di luar nalar? Abang sudah mengikhlaskan Manda untuk bahagia dengan orang lain Mi, jadi Abang mohon jangan bercanda seperti ini lagi. Abang tak ingin sampai ada yang mendengar gurauan kita dan akhirnya membuat salah paham terutama suami Manda" Ucap Arion menahan kesal. Ingin rasanya marah dan meluapkan segalanya, namun ia sadar bahwa semarah apapun dirinya, tak akan bisa menarik kembali ucapan yang sudah Maya ucapkan. Malah apabila ia meneruskan rasa marahnya, yang ada Arion akan menyakiti perempuan yang sudah merawatnya tersebut.
"Tapi Manda belum menikah Bang" Kini giliran Hawa yang buka suara. Masih dengan lelehan air mata, perempuan itu menjelaskan bahwa sahabatnya belum dimiliki orang lain.
Arion mendesah pelan. Di usap nya pucuk kepala Hawa yang masih dalam pelukan nya itu pelan, mencoba memberi pengertian dengan lembut pada adik satu-satunya itu "Abang gak bodoh Dek. Di depan Abang bisa melihat orang-orang bersiap untuk pesta jadi tidak mungkin kalau Manda belum menikah. Adek gak usah khawatirkan apapun tentang Abang. InsyaAllah akan ada perempuan lain yang jadi jodoh Abang, oke?"
Penjelasan panjang dan lebar yang Arion berikan pada kelurga intinya itu, membuat dua wanita yang berarti di hidupnya itu tersadar. Bahwa selama ini mereka secara tidak langsung memberi tekanan pada Arion akibat keputusan nya yang tak ingin menikah sampai mati. Laki-laki itu memeluk luka nya sendiri tanpa membagi nya dengan siapapun.
KAMU SEDANG MEMBACA
KARUNA
RomanceAwal nya tak pernah kenal sebelumnya, tak pula di jodohkan, keinginan menikah pun tak pernah terbesit, namun tiba-tiba hati Arion tergerak untuk menikahi sahabat adiknya itu.. Sayangnya, rencana untuk menikahnya tidak sesuai dengan kemauannya. Detik...