21. Ceritanya Belajar

3.2K 363 400
                                    

Serial SHALIH SQUAD Jr. - 21. Ceritanya Belajar

Penulis : Uniessy

Dipublikasikan : 2017, 2 Februari

-::-

"Udeh, lo adem adem ae di rumah, sob," kata Umar, di video call yang sedang tayang. Ada Zaid di layar, bertanya apa yang sedang mereka lakukan di rumah Bilal. "Kita lagi nunggu makanan."

"Makanya, laen kali, jangan cewek aja diinget!" serobot Khalid, setelah menggeser Umar dari layar. Wajah Khalid terpampang di kotak kecil di sudut bawah kanan ponsel Umar.

Zaid memang tidak ikut ke rumah Bilal hari ini, karena Shiddiq mengultimatum putra satu-satunya itu untuk lekas pulang ke rumah selepas sekolah. Zaid kena hukum karena murojaah atas surat Al Jumu'ah berantakan bin ngaco. 

"Berisik lu," omel Zaid. "Udahan ah, gue mau murojaah dulu nih baru kelar makan. Jangan upload poto lu. Pamer!"

"Dih, pamer apa ngga mah urusan hati lau, brader," kata Umar lagi. "Dengki apa kaga, bahahaha!"

"Serah!" 

Sambungan video call berakhir. Giliran Uwais yang berseru heboh sekarang.

"Lu ngapain poto kita di-upload segala sih ah!" omel Uwais begitu mendapati dirinya kena tag Khalid di laman instagram.

"Biar nyokap gue lihat, gue ke sini belajar, cuy!" balas Khalid. Mereka sedang di rumah Bilal hari ini.

Belajar sih spik doang. Selebihnya berenang di kolam renang punya Bilal.

"Yaelah, kecuali emak lu ngira lu ke sini buat ngegebet si Nafisa, nah iya dah boleh upload-upload foto. Ya Allah, Khalid mah kebangetan sumpah!" Uwais masih ngoceh.

"Emang kenapa sih? Potonya juga kaga aneh-aneh..." Khalid mulai bete.

"Paling dia takut direcetin Maira. Kenapa ga ajak-ajak ke sini. Hahaha," tanggap Umar.

"Tu sik De eL." Khalid mengangkat bahu, lalu kembali menyelesaikan kolom yang kosong.

"Rese lu," Uwais melempar penghapus ke badan Khalid. Membuat Khalid tertawa-tawa.

Jafar dan Bilal kembali dari dapur, membawakan penganan dan minuman yang disediakan Ummu Bilal.

"Weh weh lu pada ngomongin gue ya?" tuduh Jafar. Tangannya sigap mengambil bakpau isi ayam dari piring saji, lalu sok sibuk dengan lembar tugasnya sendiri. Buku dia doang yang beda. Karena Jafar setingkat di atas yang lain.

"Najis mugholadhoh ngomongin elu, Jaf," balas Umar. 

Bilal ngakak. "Si kampret mulutnya!" kata Bilal. "Eh eh, Lid, emang si Khairul mau disunat ya?"

"Iya tuh katanya," jawab Khalid.

"Lu kapan, Jaf?" tanya Bilal. Sikunya menyenggol siku Jafar yang memang sedang memegang gelas minum. Membuat sepupunya itu tersedak.

"Bedebah ye si Bilal," dumal Jafar, membersihkan sekitaran mulutnya yang tersiram air. "Pertanyaan apaan tuh, nyet?"

"Wah kena sensor Ammah Nora lu, Jaf, entar..." Uwais mengingatkan.

"Ammah Nora juga kudu tahu anaknya sepet bat gue lagi minum disenggol!" Jafar model cewek PMS deh kalau lagi ngamuk.

"Lu kapan disunat?" tanya Umar.

"Udahan, bego!" Jafar makin sewot. "Disunat lagi entar abis dong!"

Yang lain ngakak.

"Elu udah disunat masa tiap ketemu cewek gemeteran?" Khalid bertanya sambil terbahak. Tangannya meraih satu potong tahu isi. "Contoh noh Uwais... Eh, eh, ngomongin cewek ye, bro... Si Dian apa kabar tuh? Kan ngegebet lu mulu!" tanyanya pada Uwais.

Uwais tak peduli, tetap fokus nulis, "Bukan urusan gue."

"Ya tapi dia naksir elu, kali. Kasih kejelasan kek," kata Khalid lagi.

"Cewek tuh ya, lu kasih kejelasan juga dia bakalan nawar; 'Gue tunggu deh sampe lo siap.' Apaan... Udah jelas gue ogah pacaran," balas Uwais.

Alis Bilal naik turun ke arah Jafar. "Bilang aja lu takut ketahuan Ayah Saad ye ga?"

"Takut ketahuan Allah gue sih..." tandas Uwais.

"Hasik dah gue demen nih kalau udah bawa-bawa Allah!" respons Umar. Tangannya menepuk-nepuk punggung Uwais.

"Ya tapi gue yang diuber-uber si Dian," Khalid protes. "Yang ditaksir kan elu, yang ribet gue!"

"Lo aja yang jadian sama dia," tukas Uwais. 

Bilal ngakak, sampai giginya yang berantakan terekspos ganteng. "Ya kali dah si Khalid pacaran? Bisa dikubur hidup-hidup sama emaknya."

Yang lain ikutan ngakak. Sebab mereka tahu banget, seberapa protektifnya Mama Fatima ke putra sulungnya ini. Khalid pernah ditanya sih suatu hari, betah aja diprotektifin sebegitunya? 

Dia sih senang-senang aja. Bangga, lagi.

"Hmh," Khalid geleng-geleng kepala, kembali menulis setelah tahu isi habis di tangannya. Sudah terbiasa kena bully teman-temannya. "Hasyeeem antum syemuah..."

Easy going si Khalid Bin Hamas mah...

[][][]

Sejujurnya kubingung ini mereka kebanyakan orang :v so far, ada yang mau dibahas ngga dalam konteks remaja2 gini ya settingnya. Ada beberapa pembahasan sih, tapi sejauh ini paling enak ayah ke anak ya bahasnya. Kalau teman ke teman tuh masih serada gemana :v ah tak tahu lah. Biidznillaah ae daku mah. ♥

Coba kasih tahu dong:

1. SMU itu, istirahat pertama jam berapa? Istirahat ke dua, ada ngga? Jam berapa?

2. Mereka kan kelas 2 SMU ya. IPS dah ceritanya. Nah, IPS itu ada berapa kelas? IPA berapa kelas? Terus ada kelas apa lagi seh -_- maklum daku bukan anak SMU 

3. Sabtu-Ahad libur sekolah ye mereka ini ceritanya.

4. Sekolah masuk dan pulang jam berapaaaaahh aaarg #jambakjaemin

5. Nanti ada bagian ciwi2nya ya alias adek2nya mereka ini di SMP kelas 3. Kelas 9 ya nyebutnya? Ribet ye sumpah -_-

6. Terus di SMU tuh ada ekskul apa aja?

7. Biasa class meeting itu kapan deh, alig gw udah lupak :v

8. Kelas Olahraga digabung gitu bisa ngga?

9. Studi tur ga seh pas SMU? Kelas berapeeee?

10. Apa gw stop aja ya ini works -_-

11. #KOINFORUNIESSY

12. Kasih saran dong mau diadain pembahasan apaan weh

[✓] [ SHALIH SQUAD Jr ] Our LivesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang