Hari ini anak-anak kelas 10 udah ada di sekolah dari jam enam. Mereka ibadah dulu baru jalan ke lokasi retreat yang katanya di Kampung Ratahan.
Perjalanan makan waktu dua jam lebih yang buat pantat murid-murid mati rasa dalam bus. Yang buat nggak asik bus anak IPS digabung sama bus anak sebagian 10 IPA 2. Yah gimana yah, mereka masih ada dendam sama anak IPA 2 karna kejadian Yangyang waktu itu.
Tapi yaudah mereka bikin asik aja. Nyanyi nggak jelas kayak dalam bus cuma ada anggota kelas mereka.
Akhirnya setelah dua jam lebih perjalanan mereka sampai di satu penginapan. Nah penginapan ini unik. Di dalam penginapan kamarnya mereka buat dalam bentuk-bentuk rumah gitu. Jadi satu rumah ada tiga kamar.
Mereka bentuk kelompok IPA dan IPS dicampur. Buat cewek-cewek rumah-runah bagian kanan sedangkan cowok-cowok rumah-rumah bagian kiri.
Baru sampe mereka disuruh ngumpul di satu aula besar. Mereka duduk terus dengerin presentasi seseorang selama dua jam.
Emang bener-bener bosan tapi cuma boleh terima aja. Selesai dengerin presentasi nggak jelas mereka disuruh makan.
10 IPS ngumpul bareng buat makan-makan.
"Njir nggak suka gue gabung." Chaerin ngawalin pembicaraan.
Yang lain ngangguk setuju.
"Lo semua mah enak sekamar masih ada yang sekelas, lah gue sendiri." Doyoung udah bete. Di dalam kelompok kamarnya cuma dia anak IPS temen-temennya yang lain ada yang sama-sama.
"Yang sabar yah... " Yangyang nepuk bahu Doyoung buat godain.
"Bangsat." Doyoung ngatain terus lanjut makan.
Selesai makan mereka disuruh duduk lagi dan dengerin seminar dari guru agama.
Nggak mau bohong tapi beneran ngebosanin. Bukan gimana yah, cara penyampaiannya yang buat mereka ngantuk.
Jam lima sore mereka disuruh balik ke kamar masing-masing buat mandi. Dikasih waktu satu jam terus disuruh balik. Pas balik mereka langsung disuruh makan lagi.
Selesai makan mereka lanjut ke jam sharing. Sharing kali ini bareng kelas masing-masing. 10 IPS mutusin buat duduk di pojokan.
Guru-guru nggak ikut campur mereka juga ikut sharing sama guru-guru lain.
"Siapa yang mau mulai duluan nih?" Yuta nanya.
"Gue aja." Yangyang ngajuin diri.
"Yaudah mulai dah."
Yangyang senyum. "Gue mau share tentang keluarga gue. Jadi dulu gue itu bahagia banget dalam keluarga. Kayak sempurnah banget keluarga gue. Tapi waktu balik Manado nyokap pergi dan itu awal kehancuran gue." Yangyang kasih jeda. Suaranya udah parau. Xiaojun yang duduk di samping Yangyang udah ngerangkul bahu temennya itu buat nguatin.
"Ehm... bokap gue jadi beda banget. Kayak... " Yangyang nunduk terus hapus air matanya yang udah keluar. "Ehem! Aelah pake nangis lagi." Yangyang ketawa.
"Nggak papa kali kalo lo mau nangis." Ten nanggepin.
Yangyang ngangguk. "Dia jadi dingin banget ke gue. Bahkan kata-katanya udah nggak kayak dulu. Kematian nyokap ngebuat dia nyalahin gue. Jadi waktu itu gue ngajak nyokap lari pagi. Kita lari pagi bareng, ketawa-ketawa bareng, kita masak bareng, nyuci baju bareng, pokoknya hari itu sibuk banget tapi bahagia. Sampe akhirnya waktu malam gue liat nyokap kecapean gitu. Waktu itu bokap gue belum pulang dia kerja. Gua tanya ke nyokap 'Ma, sakit?' Terus dijawab 'Nggak.' Jadi yaudah gue biarin dia istirahat. Ceritanya kita lagi ngumpul di ruang TV. Waktu bokap pulang gue yang emang lagi asik nonton nggak tahu kalo nyokap udah kesiksa di belakang."
KAMU SEDANG MEMBACA
NCT: Cerita Kita [END]
HumorIni cerita anak-anak berbakat (read: dikit bego) yang disatukan jadi satu di satu sekolah yang ada di Manado. Cerita dimana mereka hadapi masalah bareng sama orang-orang yang pengertian. Cerita ini menggambarkan bahwa tidak ada keluarga yang sempur...