97. Sahabat Tersayang Mina Koma

140 34 42
                                    

Mina sahabatan sama dia udah 21 tahun. Tahun besok sudah 22 tahun. Sahabat pertama mina. Kami ga pernah berantem sedikitpun. Sekalipun ga pernah.

Dia bahkan ga pernah teriak sekalipun atau nada suaranya tinggi sedikitpun ke mina. Tetap sopan. Tetap lembut. Mina bahkan sempat bercanda sama keluarga mina, kapan kami pernah mendengar sahabat mina ini suaranya sedikit tinggi aja ga pernah.

Kalian panggil aja sahabat mina ini Kak A...

Si A ini apa yah.. kalau bagi mina tu dia malaikat yang nyata dalam hidup mina..

Dia tu meranin semua karakter dalam hidup mina..

Sahabat, teman, tempat curhat, tempat diskusi, tong sampah, keluarga, seorang ibu, adik, kakak, tempat buang amarah, ATM berjalan, tempat uji coba, murid, berbagi kasih, dan segala aspek hidup dan kehidupan tu dia meranin semuanya buat hidup mina.

Kami memang ga pernah pisah selama 21 tahun ini. Benar2 bareng.. benar2 ga pernah sekalipun adu argumen atau sekedar ngambek atau bosan atau lagi ga mood buat sama dia tu aja ga pernah..

Tahap persahabatan kami tu levelnya itu udah ga perlu pake w.a, pesan, atau telpon. Tapi jika mina lagi sedih, mina cukup cerita di dalam hati mina ke si A ini. Nanti si A pasti datang sendiri ke rumah mina dan masuk kamar mina sambil nanya.. "lu kenapa cuy?"

Begitupun sebaliknya..

Tapi... yang namanya hidup, yg namanya manusia tu ga ada yg sempurna kan. Alhamdulillah Allah kasih org yang sempurna di samping mina tapi kesempurnaan itu tetap ada sesuatu yang membuat mina khawatir.

Sejak SMA si A ini mulai sakit2an. Sejak SMA si A ini sering bolak balik masuk RS. Mina yang waktu itu beda SMA sama dia ga bisa sering ketemu karna jadwal sekolah mina yang bener2 cem militer..

Sampailah kami di kuliah dan kampus kami juga berbeda...

Di waktu ini lah, jantung mina ngerasain ketakutan besar untuk pertama kalinya hanya karna sebuah pesan BBM dari dia (zaman itu lagi boomingnya BBM)

"Cuy, A divonis sakit ini xxxxx"

Mina yang waktu itu di kirim pesan itu cuma blank... mungkin sekitar 5 menitan blank gitu. Mina masih ingat posisi mina waktu itu, lagi tengkurap pake tank top warna ungu dan celana jeans warna hitam rambut dicepol dan waktu itu habis maghrib, kalau ga salah tahun 2012/2013.

Setelah 5 menit ngeblank itu mina langsung buka google terus cari penjelasan tentang penyakitnya itu.

Terus ada kalimat yang mina perhatikan dan bikin mina ngblank lagi dalam waktu cukup lama banget yaitu di dalam artikel itu bilang gini..

Pasien penderita sakit ini hanya bertahan paling lama 5 tahun jarang sekali sampai menyentuh angka 10 tahun..

Dan itu bikin mina ketakutan setengah mampus..karna si A ini sakit udah sejak kami SMA.

Tapi, mina cuma balas pesan dia dengan gini.

"Gpp cuy... yg pentingkan tau sejak dini.. jadi masih bisa diobati..  okeeehh..."

Tapi.. satu yang mina salut dari sahabat mina ini, gimanapun keadaannya dia.. dia tu ga pernah ngeluh.. ga pernah bilang sakit.. terus tabah.. terus berusaha.. mau nurutin apa kata dokter.. apapun yang terjadi sama kondisi tubuhnya.. dia tetap tabah dan sabar banget...ga pernah ngeluh sepengetahuan mina yah..

Mina pernah liat dia lumpuh 3 minggu.. mina juga pernah liat rambutnya hampir botak.. mina yang nyaksiin rambut dia segumpal2 di atas bantal mina...mina juga liat kulitnya jadi kusam dan dia kurus banget.. mina juga pernah liat seluruh badannya membengkak jadi kaya gendut sampai matanya ga keliatan lagi sangking membengkaknya wajahnya dan badannya...

All About SUGAMINNATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang