69. Tutorial

209 69 43
                                    

Oke gw datang lagi buat ngasih kalian Tutorial Hijab hmm ... hmmm... hmmm...
eh ga deng😂😂😂 tutorial nulis maksudnya..

Sebelumnya gua juga udah sering ngasih gmn cara gw dalam menulis, nah banyak yang ga ngerti sama penjelasan gw. Jadi gw hampir tiap malam mikirin bagaimana cara sederhana untuk menjelaskan pada kalian.

Setelah gw pikirin gimana caranya ngasih tutorial secara sederhana dengan bahasa yang ga ribet sama sekali. Akhirnya di tengah malam sunyi gw menemukan jawabannya..

HOREEEEEE TOEL PANTAT JIMIN BERJAMAAH😙😙😙😙

🤔🤔🤔🤔nah gw ragu juga sih, apa penjelasan gw udah sederhana atau tidak. Takutnya gw bilang sederhana eh tau taunya masih aja ribet menurut kalian. Wkwkkwkwkw. Kalau ketemu mina sih, mina lebih bisa ngejelasinnya lewat ucapan dari pada ditulis. Soalnya mina tau mina ini kalau ngejelasin lebih bisa dr pada nulis.

Oke...

Kita langsung saja,

Hmm mulai dr mana ya... mina bingung.

Apa ya?

Duh .. kenapa mendadak jadi tetet gini guanya.

Pokoknya apapun yang mina jelaskan mohon dipahami sebaik mungkin ya. Sesingkat dan sekecil apapun yang mina terangkan mudah2an menjadi manfaat buat kalian.

Kita mulai saja dr hal yang sering ditanyakan,

Mina, gimana caranya bikin cerita bagus?

Nah mungkin mina akan nerangin bagaimana cara mina membuat satu cerita. Soalnya kalau ngasih saran buat cerita bagus ya mina ga tau caranya karna yg nilai bagus atau tidaknya itu orang lain bukan mina.. jadi mina ga tau soal itu..

Oke lanjut!

Jadi, pertama-tama jangan pernah memulai menulis kalau cerita itu belum End di otak kalian. Jadi jangan pernah bilang kalau tulis aja dulu, nanti ceritanya bakal nyusul.

JANGAN! JE A JA N NG A AN JANGAN!

Jangan berpikiran seperti itu, soalnya mina pastiin bahwa cerita kalian bakal ngambang di tengah dan menuju akhir, itu lah alasan kenapa banyak penulis yang berhenti di tengah jalan. Endingnya ga bagus. Endingnya terasa dipaksain sampai ceritanya gaje dengan ending antah barantah. Karna mereka udah ga tau lagi mau bawa ceritanya kemana karna kesalahan menulis dulu baru mikirin jalan cerita.

Kalau mina sih biasanya pake pola bagi satu cerita itu 3 bagian.

Awal - Tengah - Akhir/Ending

Kita pakai kode huruf aja ya

A - B - C

Kita ambil contohnya ULUT aja ya biar mudah karna itu udah tamat.

Suatu hari nih Mina udah ada nih cerita ULUT di otak. Dan sudah mina tamatin di otak. Makanya baru mina menulis bagian A nya. Habis nulis A itu terserah mina mau bawa tulisan mina kemanapun mutar2nya asalkan tujuan mina ke B. Habis B sudah ditulis, kemanapun mina mutar2 bawa cerita itu pokoknya mina harus berhenti di C. Ga boleh kemana mana lagi pokoknya berhenti di C. Bagus tidaknya atau jelek endingnya.. pokoknya harus berhenti di C sesuai dengan apa yang kalian pikirkan di awal.

Udah paham sampai sini? Mina harap paham ya...😢😢😢😢 mina tau penjelasan mina gaje banget.

Begitupun kalau kalian nulis setiap chapternya.
Harus ada pola A - B - C nya dulu baru nulis. Kalian harus tentuin dulu mana yang A nya mana yg B nya.. mana yg C nya. Biar kalian kalau nulis bisa mudah dan ngalir aja.

Jika kalian sudah memiliki ending di C jangan lebbay dengan menambah2 jadi ke D hanya karna banyak yg baca lah.. ditunggu2 pembaca lah .. diminta lebih lah.. biar vote nambah lah...jangan pernah kaya gitu. Karna disitulah cerita itu indahnya. Kalau udah berlebih2an bahkan smpai Z itu namanya sinetron indonesia!

Kita contoh lagi ULUT,

Kalau mina mau... mina bisa buat lebih panjang lagi ULUT itu. Namun mina tetap berhenti di chapter Ending tanpa berniat menambah ceritanya dengan yang lain. Karna apa? Karna ending itu udah ada di otak mina sejak awal. Jadi mina ga mau mengkhianati otak mina sebelumnya. Walaupun peminatnya luar biasa banyak, dan mina bisa saja mendapatkan vote lebih jika mina menulis kelanjutannya. Tapi mina tetap menekan diri mina kalau mina ga mau melanjutkan ULUT karna mina udah buat ending sesempurna mungkin.

Lihat salah satu contoh ending paling sempurna menurut mina yaitu Harry Potter. Endingnya voldemor mati. Hogwart aman dan mereka bisa sekolah lagi.

Kalau J.K Rowlling tiba2 jadi Alay.. dia nambah2in bumbu2 biar H.P ga jadi 7 seri melainkan jadi 17 seri. Ya muak orang lihat ceritanya... ga bakal greget dan di elu2kan sampai sekarang.

Makanya si J.K.R nulis H.P sampai 7 seri aja.

Justru disitu letak pesonanya hingga akhirnya org2 jadi kangen H.P dan terus nonton H.P berulang2 karna endingnya luar biasa.

.

Duh.. masih ribet ya.. jelasin pake apa ya...
Hmm...

Kita ambil contoh sederhana.

Judul

Yoongi koki hebat

Jadi kalian udah ada nih di otak sesuai judul bahwa si Yoongi ini koki dan dia hebat. Udah ceritanya fokus di masak aja. Jangan pula nyerempet2 bahwa Yoongi selain jago masak dia juga nyaleg dan kampanye kemana2 pakai kaus partai.. jangan! Itu gaje namanya.

Fokus aja bahas masak dan profesinya.

Kita buat kerangka ceritanya.

A = awalnya

Pokoknya A ini gue mau nerangin siapa Yoongi. Kenapa dia bisa jd tukang masak.

B = tengahnya

Pokoknya menjelaskan lomba2 apa aja yg diikuti Yoongi hingga ia bisa mendapatkan gelar koki hebat

C = akhir/ending.

Karna penjelasan di B lah.. Yoongi mendaptkan gelar koki hebat.

END

Isi cerita dan judul nyambung kan? Nah jangan judulnya ke kiri kalian bawa cerita ke kanan.
Contoh cerita H.P yang memang bahas magic dr awal smpai akhir. Ga mungkin kan ditengah2 cerita H.P si J.K Rowlling bahas gimana naik turun saham di perusahaan Mr. Grey.. ga ga mungkin itu.. wkwkwkwkwk

Kira2 begitulah penjabaran paling sederhananya..

Kalau ga ngerti juga telan pake air. Kalau ga mau juga bantu pake pisang. Kalau ga bisa juga halusin lalu minum pake sendok. Okeh!!!

Masih ga bisa juga, maka pasrahlah nak... otakmu mungkin ketinggalan di rahim emak...
.

.

Nah, mungkin itu dulu tutorial menoel pantat Jimin eh tutorial nulis dr mina. Kalau kalian bertanya lebih banyak mungkin mina bisa menuliskan jawabannya di chapter selanjutnya. Tapi mina usahain dulu buat mikirin cara penyampaiannya yang lebih sederhana.

Walau mina ga yakin penyampaian mina di atas berguna apa ga... sederhana apa ga...

Ah bodo amat.. yang penting berbagi.... karna penulis yang luar biasa adalah mereka yang mau berbagi dengan sesamanya.. ajeeeeh gileeeeee wkwkwkkwkwkw

Mari menulis cerita yang ga asal asalan...

All About SUGAMINNATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang