BAKAT DAN RAHMAT TUHAN!!!
itu doank?
Ya itu doank...
Hahahhaha...
Simplenya begini, kalau ga punya bakat ga akan bisa nulis...
Bagaimana jika berusaha?
Mungkin bisa ... mungkin ... tapi tidak terlalu pasti menghasilkan.Seperti menjadi penyanyi contohnya ... kalian ingin jadi penyanyi, lalu datang dalam ajang lomba bergengsi. Namun kalian ga punya bakat menyanyi, hanya datang karna kalian 'ingin' jd penyanyi ... kalian bisa coba lihat hasilnya sendiri!
Seperti Fatin contohnya ... dia mempunyai bakat plus rahmat Tuhan ... akhirnya dia memenangi lomba nyanyi.
Begitupun jd penulis. Ini tidak mudah. Semua butuh proses, butuh kerja keras dan BAKAT tentunya.
Jadi kalian tanya sama SugaMinNa, apa mina merasa punya bakat dibidang menulis?
Jawabannya, gw ga tau .. karna gw belum merasa seperti para penulis handal lainnya.
Banyak yang meminta saran sama gw...
"MinNa ... gimana cara nulis cerita supaya ga ngebosanin ... supaya bagus kaya cerita MinNa ... gmn buat alur yang hebat banget."
Nah ... gw ga akan bisa jawab jika pertanyaan kalian Seperti ini, kenapa?
Karna gw ga tau kalau ternyata kalian beranggapan cerita gw bagus dan cerita gw ga bosenin..
Saat gw mau menulis cerita gw yang Do Not Trust Fate (itu karya pertama MinNa) gw ga dikasih saran oleh siapapun dan ga baca buku atau panduan tentang cara menulis satupun.
Jadi jika kalian minta saran sama gw, rasanya kalian menanya ketempat yang salah.
Jikapun kalian menanyai tentang EYD ... itu semakin lebih parah. Cerita gw EYD nya berantakan habis.
Juga ... bagaimana cara menulis cerita yg ga ngebosenin...
Nah gw aja ga tau standar ngebosenin itu Seperti apa dan standar bagus itu Seperti apa... ini menyangkut selera, kan?
Jd... jika kalian memang ingin menulis Seperti gw ... lakukanlah! Dan tulis karya kalian. Disana kalian bakal tau karya kalian ngebosenin bagus atau tidaknya...
♥♡♥
Menulislah seperti yang kalian inginkan!
ada dua jenis versi penulis menurut SugaMinNa ...
Pertama
Penulis yang menulis semau dia dan sebahagia dia, mau bagaimanapun hasil dan kritikan dan saran dan hancur dan sampahnya itu cerita. Walaupun ga ada yg baca itu cerita ... kalau lu bahagia dalam menulis lu akan menulis dan ga akan pentingin itu semua walau di hati lu sangat ingin di apresiasi.. tapi itu ga jd prioritas utama lo... seberapa tingginya lo di kritik orang tentang cerita lo... lo masa bodoh karna lu HANYA INGIN BAHAGIA bukan mencari penghargaan.Kedua
Kalau lu mau karya lu selalu di pandang bagus... dinilai tinggi, dicap masterpiece MAKA buatlah karya yang luar biasa ... yang tanpa celah ... tidak ada satupun kalimat yang tak berbobot. Baru di sana kalian berhak menuntut nilai bagus ... apresiasi tinggi .. votment yang banyak. Dan marah atas kritikan dari readers tentang cerita kalian.NAH JANGAN SAMPAI TERBALIK
udah cerita berantakan, ga rapi ... alur ga jelas... di kritik dikit marah sampai ke ubun-ubun ... hiatus lama cem kaya artis papan atas...Hello.. pandang ke sekeliling... banyak yang jaaaaaaauuuhhhh di atas kita... maka jangan sampe kebalik ya...
Intinya... kenali diri sendiri... dimana kita berada hahhaha...
KAMU SEDANG MEMBACA
All About SUGAMINNA
RandomBerisi tentang kekampretan yang terjadi akhir akhir ini ... Yang mau ikut gabung harap baca dan temukan sensasinya ^^ Di sarankan jangan baca... isinya ga berfaedah semua... kalau masih bersikeras ingin baca.. mina ga tanggung jawab kalau kalian bak...