55. Kesedihan : Kebahagiaan

249 76 80
                                    

Kesedihan akan membayangi kebahagiaan. Kebahagian akan diikuti kesedihan.

Itu udah hukum alam. Ga bisa dibantah, ga bisa ditolerir.

Cara untuk melewati seleksi alam, ya berdamai dengan kesedihan dengan cara membuat kesedihan berteman dengan kebahagiaan😊

Teman kuliah gw dulu sering bilang gini

"Gw pengen jadi lo mina ... lu keliatan bahagia tiap hari, lu senang2 dan ketawa tiap hari, ga ada beban sama sekali. Dunia kaya lapang sm lo."

Ada yang DM gw di wattpad.

"Aku iri sama mina yang selalu diliputi kebahagian. Sahabat yang perhatian layaknya malaikat dan keluarga yg asyik dengan crta hidup yang menarik."

Mina selalu jawab, "jangan jd mina... mina ga mau ada org yg berada diposisi mina. Soalnya hidup mina menyakitkan."

.

.

Benar mina bahagia.

Dan mina sering bahagia. Mina banyak bahagia.

Tapi harus ingat. Kebahagian berbanding lurus dengan kesedihan. Sebanyak apa mina bahagia. Maka sebanyak itu pula kesedihan yang menghantam mina.

Oke ... maafkan mina yg hanya sering nulis hal membahagiakan di All about SugaMinNa ini. Jadi kalian salah tanggap kalau mina selalu bahagia. Mina bukan terlahir bahagia. Tapi mina selalu berusaha untuk mencari kebahagian😊

Mina akan mencoba membahas hal yang membuat mina bisa bahagia (red- kesedihan)

Ya ... mina akan bahas kesedihan. Bukan untuk mengumbar kehebatan atau apapun. Tapi mina murni ingin ada satu orang diluaran sana mengerti, bahwa hidup berat yang dijalani bukanlah apa-apa untuk diri kalian. Karna apa? Karna kalian kuat. Banyak cinta yang bs kalian dapatkan dari mana saja.

Mina mungkin akan bicara random di sini.
Acak-acak ... mina akn nulisin apa aja memori yang bs mina gali walau 25 tahun mina hidup semua kenangan manis maupun pahit mina akan ingat selalu.

Ya ... mina pengingat yang baik untuk hal yang bisa membahagiakan mina dan juga hal yang menyakiti mina.

Sebelum mina cerita, mina mau nyampein bahwa mina sangat tahu jika diluaran sana banyak org yg lebih sedih dan lebih pahit hidupnya dari mina. Chapter ini hanya sebagai catatan bagi mina untuk pengingat di masa depan. Anggap aja ini diary mina.

Oke kita mulai acak aja ya ceritanya. Mudah2an mina bs mengungkapkan segalanya.

Hmm sebagian mungkin udah tau, mina anak yatim sejak mina umur 6 tahun dan pas bulan July ini adalah tahun ke 19 mina tanpa ayah.

Yah ... banyak orang di dunia ini yang tidak memiliki ayah sm seperti mina. Jadi untuk apa mina bersedih bukan?😁😁😁

Mama mina adalah ibu rumah tangga dengan banyak anak. Ayah mina tidak punya saudara kandung. Dia adalah seorang anak semata wayang yang terlahir dari keluarga kaya raya. Namun nenek dan kakek mina bercerai. Masing-masing mempunyai suami dan istri lagi. Sehingga ayah mina menjadi seseorang yang terasingkan sendiri oleh ayah tirinya. Dia ga pernah ngerasain hangatnya keluarga. Adik tirinya ga menganggap dia ada. Ayah menjadi anak pembangkang yang luar biasa keras.

Ayah dipaksa nikah sama nenek pas umur 20 tahun dimasanya. Ayah nikah sama gadis kota dengan pakaian yang super seksi (ini cerita dr mama) karna awalnya memang dipaksa ya jdnya ayah ga cinta kan. Dia ga suka sm kelakuan istrinya yang suka pake baju seksi dan keluar rumah ga izin sm ayah. Ayah menceraikannya hanya dalam waktu pernikahan 3 bulan. Mereka ga punya anak, katanya memang ga pernah tidur bareng sih karna saat ayah pulang istrinya pergi dan saat istrinya pulang ayahlah yang pergi.

Sampai umur 25 ayah ketemu sama mama mina yang benar2 seorang wanita dari keluarga benar2 miskin. Sangat miskin malah. Ayah jatuh cinta sm mama mina yng waktu itu umur 20.

Singkat cerita, 3 bulan ayah mina pendekatan. Dia mati2an minta sm ibunya untuk nikahin dia sm gadis pilihannya yaitu mama mina. Walau ditentang habis2an sm nenek cuma gara2 mama terlalu miskin... masuk ke rumah mama mina itu ga bs dilaluin mobil hanya tanah penuh lumpur. Gila aja nenek gw songongnya setengah mampus. Ampe sekarang songongnya sm gw ga hilang2...😔😔😔😔😔

Ayah itu lelaki berkharisma kuat, benar2 berkharisma, sangking berkharismanya jika dia jalan semua orang2 tu keliatan segen dan hormat banget. Bahkan mina yang sekarang masih mengingat hal itu kaya ada perasaan tunduk sama ayah. Kuat banget hantaman kharismanya. Cuma lihat sekilas ayah keluar kamar, semua anaknya langsung tegap duduknya cuma buat nunggu ayah manggil siapa yang bakal dipangku sama ayah.

Dulu, siapa yang bisa minum teh dicangkir yang sama ma ayah adalah standar jd anak kesayangannya. Dan mama mina bilang, mina lah yang paling sering dipangku dan minum teh ayah. Mungkin itu kali ya, 10% kharisma ayah ngalir ke mina hehehe..

disegani oleh orang, dijadikan guru bagi org2 sekitarnya. Preman, bandel, nakal. Tapi satu hal yang mina tau dari ayah mina adalah, dia sangat mencintai anak2nya. Dia cuma pernah nangis karna anaknya . Dan bertekuk lutut sama mama mina, ciuman di kening setiap hari dan menjelang tidur itu rutinitas yang ga pernah dia tinggalin.

Anggap aja preman hello kitty. Sangar, ditakuti, dihormati sama orang. Namun sayang keluarga.

Kenapa mina bs bilang begitu? Soalnya mina nemuin foto mama mina lagi gendong bayi. Terus dibelakang foto itu ada tulisan. Dan mina sampai sekarang hafal tulisan ayah mina. Tulisannya itu benar2 tulisan paling indah yang pernah mina lihat. Benar2 bagus dan berseni. Kata2 di belakang foto itu adalah kata2 yang terlalu romantis untuk ukuran zaman dulu. Benar2 romantis. Mina bakal senyum2 sendiri kalau ngingat hal itu.

Lelaki yang udah lakuin semua kebandelan yang pernah ada. Berkelahi ini dan itu. Namun pingsan saat tahu anaknya meninggal. Sedangkan mama mina ga pingsan. Dia malah pingsan. Padahal ayah udah punya anak banyak. Hilang satu mungkin ga terlalu kali ya bagi sebagian orang. Namun bagi ayah mina, hal itu menjadi pemicu dia mulai tenggelam sama kesedihannya.

Soalnya kaka mina itu ga meninggal sakit. Tapi meninggal karna hanyut di sungai. Ayah sm mama mina pergi berlibur ke Bali dgn teman2nya. Dititipin lah semua saudara mina ke tante. Nah kakak mina yang satu itu lepas dr pengawasan dia main ke sungai jatuh membentur batu dan hanyut beberapa jauh.

Nah kejadian kakak mina meninggal itu jauh sebelum mina lahir. Usut punya usut, saat mina lihat foto kakak mina itu eh ternyata dari sekian banyaknya anak ayah. Cuma mina yang mirip sama dia. Mirip banget kaya kembar. Mungkin itu kali ya ayah sayang banget sm mina karna ngerasa anaknya yg udah meninggal dulu lahir kembali.. hehehehe...

Duuuhhh... jd panjang kan kalau ceritain ayah. Padahal waktu mina bertemu sama ayah cuma 6 tahun lo... tapi ingatan itu masih jelas melekat. Bahkan sentuhan ayah mina di pipi dan ciuman ayah mina dikening mina itu masih terasa lo smpai sekarang. Ga pernah luntur. Rasanya masih sama sampai sekarang. Kalian tau mina nulis ini sambil senyum dengan hati bergetar. Kaya sedang jatuh cinta. Begitulah mina tiap ngingat ayah. Makanya mina ga pernah rindu berat karna ayah kaya ada terus sm mina cuma raganya aja yg ga keliatan.

Semua kebahagian, kecukupan, rasa cinta dan sayang, tertawa, dilindungi, perhatian ayah beri ke mina dengan sangat melimpah selama 6 tahun umur mina itu.

Dan sekarang mina baru tau, semua kebahagian itu adalah bekal untuk mina menjalani hidup dalam kesedihan selama 19 tahun terakhir.

Kesedihan mina dimulai sejak umur mina 6 tahun sejak ayah mina meninggal. Dan itu terus berlangsung sampai sekarang.

Ayah nyiapin bekal melimpah, tapi apa daya di tahun ke 17 ayah ga ada.. bekal itu habis dan mina masuk tahap kosong. Kesedihan memuncak dan mati adalah jalan satu2nya yang mina pikirkan.

.

.

.

Hahhahaha.. udah dulu lah segini dulu...

Di sambung besok ya di chap selanjutnya ... 😊😊😊

Ini aja mina udah panas dingin buatnya. Mina org yang tertutup. Jd untuk menulis hal ini butuh perjuanagan dengan sangat... amat sangat malah...

All About SUGAMINNATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang