Ajaran agama Islam dibangun atas aqidah. Maka, tauhid menjadi syarat mutlak bagi seorang muslim untuk berislam dengan kaffah. Orang yang beriman Islam disebut mukmin. Dosa syirik atau menyekutukan Allah dengan lainnya juga termasuk dosa besar.
Terdapat tiga macam tauhid menurut Ibnu Taimiyah. Pada abad ketujuh hijriah, Ibnu Taimiyah membuat konsep tauhid yang memiliki beberapa konsekuensi sangat berat. Ketiga macam tauhid tersebut berupa rububiyah, uluhiyah dan al-asmâ’ was-shifât. Sebenarnya, ketiga istilah tersebut sudah dikenal dan beredar luas sejak sebelum era Ibnu Taimiyah. Akan tetapi hanya sebagai istilah lepas, bukan istilah terintegrasi dalam konsep berjenjang tentang tauhid.
Maksud dari pembagian Tauhid menjadi tiga, yaitu mentauhidkan Allah dalam (1) Rububiyahnya, dalam (2) Uluhiyahnya, dan dalam (3) Asmaa dan SifaatNya.
1. Tauhid ar-Rubuubiyah artinya Mengesakan Allah dalam hal penciptaan, pemilikan dan pengaturan. Yaitu meyakini bahwa Allah Maha Esa dan tidak ada dzat lain yang ikut nimbrung membantu Allah dalam hal penciptaan, penguasaan, dan pengaturan.
2. Tauhid al-Uluhiyah: Mengesakan Allah dalam peribadatan hamba kepadaNya. Artinya Allah Maha Esa dalam penyembahan, maka tidak ada dzat lain yang boleh untuk ikut serta disembah disamping penyembahan terhadap Allah
3. Tauhid al-Asmâ’ was-Shifât: Mengesakan Allah dalam nama-nama dan sifat-sifatnya. Artinya tidak ada dzat lain yang menyamai sifat-sifat Allah yang maha sempurna.Maka,
Menjadi orang yang tidak menerima ciptaan, pemilikan, serta ketetapan pengaturan Allah merupakan tauhid rububiyah yang ternoda.Menjadi orang yang menyembah selain Allah merupakan pengkhianatan terhadap tauhid uluhiyah.
Serta,
Menjadi orang yang menyamakan diri atau manusia dengan sifat Allah merupakan indikasi tauhid al-asmâ’ was-shifât yang tidak murni atau terfitnah.Sehingga, bertaubat sebelum ajal merupakan kewajiban seorang mukmin dalam beribadah kepada Allah. Astaghfirullah wa 'atubu ilaih.
Referensi:
1. Inilah 3 Macam Tauhid Menurut Ibnu Taimiyah | merdeka.com https://m.merdeka.com/trending/inilah-3-macam-tauhid-menurut-ibnu-taimiyah-kln.html
2. Pembagian Tauhid menjadi Tiga adalah Trinitas? | https://firanda.com/715-pembagian-tauhid-menjadi-tiga-adalah-trinitas.html