Tentang Takdir Baik dan Buruk

9 1 0
                                    

Allah Ta'ala berfirman,

اسْتِكْبَارًا فِي الْأَرْضِ وَمَكْرَ السَّيِّئِ ۚ وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا بِأَهْلِهِ ۚ فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا سُنَّتَ الْأَوَّلِينَ ۚ فَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّتِ اللَّهِ تَبْدِيلًا ۖ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّتِ اللَّهِ تَحْوِيلًا

"karena kesombongan (mereka) di muka bumi dan karena rencana (mereka) yang jahat. Rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri. Tiadalah yang mereka nanti-nantikan melainkan (berlakunya) sunnah (Allah yang telah berlaku) kepada orang-orang yang terdahulu. Maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penggantian bagi sunnah Allah, dan sekali-kali tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi sunnah Allah itu."
(QS. Fatir [35]: 43)

Meskipun tampak tidak menyenangkan, pilihan Allah adalah yang terbaik. Ada hikmah di balik segala sesuatu.

Umar bin Khattab Radhiyallahu 'Anhu berkata,
"Hatiku tenang mengetahui apa yang jadi jatahku akan sampai dan apa yang bukan jatahku akan melewatiku."

Abu Abbas Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'Anhu berkata,
"Suatu hari aku berada di belakang Rasulullah [embonceng], Beliau bersabda, “Nak, aku hendak mengajarimu beberapa kalimat: Jagalah Allah, pasti Dia menjagamu. Jagalah Allah, Dia senantiasa bersamamu. Jika kamu memohon sesuatu, mohonlah kepada-Nya. jika meminta pertolongan, mintalah tolong kepada-Nya. Ketahuilah seandainya semua umat manusia bersatu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, mereka tidak akan mampu kecuali yang sudah ditetapkan Allah untukmu. Dan seandainya semua umat manusia bersatu untuk mencelakakanmu, mereka tidak mampu kecuali keburukan yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu. Pena sudah diangkat dan tinta sudah kering.”" (HR Tirmidzi. Hadits Arba'in ke-19. Dia berkata, hadits ini hasan shahih)

Olahlah ketidaknyamanan dalam hati dengan:
1. Ikhlas mengimani takdir.
2. Ada hikmah ke depan yang kita belum tahu.
3. Bersabar dan merenungi pahala kesabaran.
4. Mengistighfari dosa serta akibat dosa.
5. Berjuang lagi dalam rida Allah dengan meminta pertolongan Allah.

99 Catatan IlmaWhere stories live. Discover now