Semua setuju bahwa kesehatan itu penting. Namun sehat saja tidaklah cukup. Kata 'afiat menjadi pengiringnya. Sehingga disebut sehat wal 'afiat. 'Afiat maknanya perlindungan dan kekuatan. Sehat wal 'afiat maknanya tubuh sehat bebas penyakit serta memiliki kekuatan untuk menggunakan kesehatan untuk beribadah di jalan Allah. Bukan menggunakan tubuh untuk tipu daya nafsu yang mengajak pada perbuatan batil.
Rasulullah berdoa kepada Allah,
اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةَ, اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِيْ دِيْنِيْ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ...
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon kepadaMu maaf, dan 'afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon kepadaMu maaf dan 'afiyat pada agamaku, keluargaku dan hartaku." (HR. Abu Daud 5074, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)
Dan juga dari Abu Bakr ash-Shiddiq radhiyallâhu 'anhu, sesungguhnya Rasulullah menegaskan bahwa,
سَلُوْا الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فَإِنَّ أَحَدًا لَمْ يُعْطَ بَعْدَ الْيَقِيْنِ خَيْرًا مِنَ الْعَافِيَةِ
Artinya: "Mohonlah ampunan dan afiat. Sesungguhnya seorang hamba tidak memperoleh karunia yang lebih baik setelah (memperoleh) al-yaqiin dari menerima afiat." (HR. At Tirmidzi 3558, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami' 3632)