Motor matic baru yang cukup umum dan terhitung sedikit berkelas itu melaju melintasi jalanan Jakarta yang cukup padat di jam istirahat ini. Ada dua orang yang menaiki motor, sepasang ayah dan anak perempuannya.
Melati mendekap erat pada perut ayahnya yang tak sebuncit dahulu. Ia sandarkan tubuh dan sisi wajahnya seiring mendengar wejangan. Sarip sejak tadi menghibur dirinya yang sudah dilarang datang ke rumah. Melati tahu, maksud ayahnya baik. Tapi hati Melati masih sulit menerima. Melati rindu rumah itu, Melati ingin tahu kondisi Siti dan Cinta.
"A–aekhh! Meel! Lu bisa, kan, ga meluk sekenceng ini? Gue pengap!" Gerutu Sarip menggeliat berusaha melepas dua tangan Melati di depan perut.
"Ehehe. Bisa, kok. Hehehe."
"Ketawa aje lu! Bisa mati keabisan napas dah gua!" Timpal Sarip memukul gemas lutut Melati.
"Jangan lupa ke super market dulu, paak. Nanti Melati mau beli yang isinya jeruk semua, sama yang campur. Kak Gerald suka banget jeruk!" Ucap Melati sampai mendongak dan meninggikan suara.
"Ce ileeh, baek amat lu! Ahahayy!" Usil Sarip tertawa kencang.
"Kan temeen. Harus baik laah. Kak Gerald juga baik banget. Humm!" Gerutu Melati cemberut.
"Bapak mau serius, nih. Lu suka sama Gerald ye? Ngapa ga pacaran aja sih, lu?"
"Haaaa? Pacaaraan?" Gumam Melati bernada panjang. Sontak bibirnya mengerucut kala kebingungan.
"Ck! Jadi ginii,.. Melati serius yaa! Jadi kak Gerald tu udah seeriing banget ngajak Melati pacaran. Katanya mau nikahin juga. Tap–tapi Melati tolak semua. Udah berapa ratus kali. Hehe. Sejak SMP coba, pak! Hihihi," ungkapnya memunculkan wajah tuk melihat pantulan wajah ayahnya pada kaca spion.
"Lu kagak cinta ape gimana, nih?! Bapak bingung nih!"
"Melati tuh suka merenung, pak. Emang ga cinta. Melati biasa aja. Sayang, ya sayang, ga mau kak Gerald sakit hati atau sedih. Tapi juga suka ada batas serunya gitu kalo maen atau ngobrol bareng. Ck! Ya pokoknya kayak sama temen cowok yang lain aja, deh!" Tukas Melati menggaruk kepala.
"Kalo tuan Yuza, itu baru bed–."
"Ihh, berisik ya jalanannyaa!" Pekik Melati sengaja mengganti topik. Kepalanya memutar ke kanan ke kiri.
"Iya, nih! Suara lu kagak jelas dari tadi! Kagak kedenger," timpal Sarip berpura-pura.
Melati sontak menciut menyembunyikan wajah dibalik ayahnya. Semburat di pipi dan lengkungan di bibir menemani rasa malu.
"Alhamdulillaah, nyampe juga!" Ucap Sarip berdiri menyimpan helm, tak lupa menguncinya, begitupun Melati.
"Melati ga sabar ketemu kak Gerald. Sakitnya lama banget. Melati jadi ngerasa bersalah, deh." Melati mendongak memandangi gedung rumah sakit swasta ternama di depannya.
"Mel, sini. Bapak mau ngomong hal serius. Dari kemaren kagak ada waktu," ucap Sarip meraih lengan Melati, mengajak anaknya menaiki tempat untuk berjalan kaki. Di sampingnya ada taman, bahkan di atas mereka ada ranting pohon dan dedaunan.
"Gerald entu serius cinta sama elu. Kamu, Melati, anaknya bapak itu dicintai sama laki-laki. Insyaallah cintanya tulus." Lanjutnya menggenggam dua tangan itu.
"Cinta?" Gumam Melati menatap tak percaya.
"Gerald itu tulus, Mel. Gerald juga penurut. Sayang banget emak sama bapaknya si Gerald kagak setulus anaknya," terang Sarip menangkup bahu sang anak.
"Kalo seandainya lu terima si Gerlad, terus ampe nikah, lu bisa aja bahagia dulu. Tapi ada kemungkinan gede, gede banget! Rumah tangga lu entar bisa direcokin. Ya karena sipat penurut si Gerald itu lah bapak ini cemas. Suaatu saat nanti, pas lu rumah tangga, lu bikin salah, mau sengaja atau kagak, si Gerald bisa dihasut emak babehnya. Sukur kalo si Gerald bijak! Lah ini?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Melati's love story [TAMAT]
General FictionMelati si cantik, sangat cantik. Si baik, sangat sangat baik, mungkin terlalu baik, namun miskin dan juga menderita, disandingkan dengan si tampan emosional, bergelimang harta, dan penuh kesenangan hidup. Melati sama sekali tidak tahu menahu diriny...