"Oke, teman-teman, mari kita pergi untuk pemanasan dinamis pra-pertandingan," teriak Pak Rolf Aas, pelatih kebugaran, sambil berjalan di sekitar ruang ganti. "Pindahkan. Cepat. Kita hanya punya waktu satu jam untuk memulai." Ia menambahkan sambil bertepuk tangan saat melewati pemain yang masih berdandan.
Mendengar teriakan pelatih mendekat, Zachary dengan cepat mengencangkan tali sepatunya, mendorong sepatu dan ranselnya yang lembut ke bawah bangku, dan mengikuti pemain lainnya keluar dari ruang ganti pengunjung. Dia sudah mengenakan baju olahraga Rosenborg hitam dan sepatu bot Nike hijau. Dia lebih dari siap untuk memulai pemanasan.
Dia berjalan dengan percaya diri melewati koridor, membuntuti di belakang beberapa rekan satu timnya. Dia tidak sedikit gugup. Bahkan di masa akademinya, dia selalu merasa mudah untuk menyesuaikan kondisi mentalnya sebelum pertandingan. Saat berada di luar lapangan, pikirannya terkadang diliputi oleh pemikiran yang sekilas. Tetapi setiap kali dia mengenakan pakaian dan sepatu tandingnya, segala sesuatu yang tidak relevan akan hilang dari pikirannya. Dia akan segera mulai memikirkan permainan yang ada. Dia senang melihat dia bisa mencapai keadaan yang sama bahkan sebelum debutnya sebagai seorang profesional.
"SHALALALALALALA oh Rosenborg, SHALALALALALA oh Rosenborg, SHALALALALALA..."
Telinga Zachary menangkap nyanyian keras yang dinyanyikan dalam paduan suara oleh ribuan suara saat dia berjalan melalui koridor, menuju ke lapangan. Dia terkejut dengan fakta bahwa fans Rosenborg mendominasi sorak-sorai. Meskipun menjadi pengunjung di Ruta Arena, mereka tampaknya telah mengambil alih seluruh tempat. Nyanyian itu semakin keras dan semakin keras sampai mencapai puncaknya ketika Zachary dan rekan satu timnya melangkah ke lapangan dan mulai melambai kepada para penggemar tandang yang bersemangat. Pada saat itu, sorakan naik ke udara seperti pertunjukan kembang api perayaan terbesar. Ruta Arena sudah terbakar bahkan sebelum pertandingan dimulai.
Zachary terkejut sekali lagi dengan betapa cepatnya tribun sebelumnya yang relatif kosong dipenuhi oleh para pendukung yang bersemangat. Baru lima belas menit sejak dia memasuki ruang ganti, tetapi yang bisa dia lihat di sekitar stadion adalah penggemar yang tak terhitung jumlahnya dalam warna tim mereka. Beberapa bahkan berkerumun di sekitar jaring yang mengelilingi lapangan karena tribun tidak bisa menyerap semuanya. Mereka adalah lautan senyum, paduan suara hati yang nyaring dan bersemangat—dengan penuh semangat menunggu dimulainya pertandingan putaran kedua Piala Sepak Bola Norwegia.
Zachary mengalihkan perhatiannya dari tribun dan terus berjalan ke setengah lapangan Rosenborg. Sementara itu, ia mengamati para pemain Strindheim yang telah lama memulai rutinitas pemanasan pra-pertandingan yang dinamis. Meskipun mereka hanya tim divisi dua, mereka terlihat sangat mengesankan dalam pakaian latihan biru muda mereka. Mereka melakukan pemanasan dengan perhatian penuh di bawah pengawasan pelatih mereka. Zachary dapat mengatakan bahwa mereka adalah tim yang bertekad untuk muncul sebagai pemenang meskipun menghadapi salah satu raksasa sepak bola Norwegia.
"Grogi?" Sebuah suara terdengar dari belakang Zachary. Dia berbalik dan menyadari bahwa itu adalah Mikael Dorsin, bek veteran yang menanyakan pertanyaan itu padanya.
"Tidak, sama sekali," jawab Zachary jujur dan kembali mengamati lawan.
"Apakah kamu beristirahat dengan baik tadi malam?"
"Ya, Aku tidur seperti bayi selama delapan jam atau lebih. Aku lebih dari siap untuk permainan."
"Bagus kalau begitu," kata Mikael, menepuk punggungnya sedikit. "Ini adalah pertandingan debutmu. Cobalah untuk terhubung dengan baik dengan rekan satu timmu. Jangan bertingkah seolah-olah kamu sendirian di luar sana. Ulirkan bola dengan cepat, dan kamu akan baik-baik saja."
"Oke," jawab Zakaria. "Aku akan melakukan yang terbaik untuk terhubung dengan rekan tim Aku di luar sana. Jangan khawatir."
"Kalau begitu, aku senang." Mikael mengangguk sambil tersenyum. "Ayo, mari kita pemanasan bersama. Kami biasanya memiliki beberapa menit latihan peregangan pribadi sebelum pemanasan dinamis pra-pertandingan yang sebenarnya dimulai. Mari kita manfaatkan beberapa menit ini untuk sedikit berkeringat. Ini akan baik untuk kamu. ketika pertandingan dimulai sejak kamu berada di starting eleven hari ini."
"Tidak apa-apa bagiku," kata Zachary. Dia tidak punya alasan untuk menolak wakil kapten. Mikael Dorsin adalah salah satu dari sedikit pemain tim utama lainnya, selain Nicki, yang telah berusaha untuk tetap berinteraksi dengannya selama dua bulan sebelumnya. Wakil kapten sepertinya tidak keberatan dengan perilakunya yang tidak sopan.
Dia selalu bertingkah seperti veteran Rosenborg. Dia bersemangat tentang tim dan melacak semua rekan satu timnya selama setiap sesi latihan. Apalagi dia sangat berpengalaman sehingga dia seperti seorang pelatih di lapangan permainan. Zachary hanya melihat manfaat dalam pemanasan dengan pemain seperti itu.
Jadi, selama sepuluh menit berikutnya, dia menemani asisten kapten melakukan pemanasan sederhana. Mereka tidak melakukan sesuatu yang berlebihan atau rumit tetapi hanya meregangkan dan berlari di sisi lapangan Rosenborg.
Zachary segera menjadi asyik dengan latihan itu, melupakan segala sesuatu di sekitarnya dan hanya berfokus pada mempersiapkan tubuhnya untuk pertandingan. Sebelum dia menyadarinya, pelatih kebugaran meniup peluit, menandakan sudah waktunya untuk pemanasan dinamis pra-pertandingan resmi dimulai. Bagian dari pemanasan itu dipimpin sepenuhnya oleh pelatih kebugaran.
Semua orang mengikuti petunjuk pelatih kebugaran saat dia membimbing mereka di setiap peregangan dan setiap gerakan dalam rutinitas. Mereka mulai dengan joging ringan dan berlanjut ke peregangan tubuh bagian atas. Mereka melewati lingkaran lengan, bergantian naik dan turun sebelum melakukan putaran tubuh. Ketika mereka selesai dengan tubuh bagian atas, mereka fokus pada pemanasan kaki dan tubuh bagian bawah selama dua puluh menit berikutnya.
Karena sesi itu diperlukan untuk mencegah cedera di pemain lapangan, pelatih kebugaran sangat ketat dengan starting eleven. Dia melihat mereka seperti elang saat mereka melakukan lunge dasar, peregangan betis, peregangan quad, dan rutinitas dinamis ringan sederhana lainnya yang berguna untuk tungkai bawah. Dia tidak mengizinkan pemain awal untuk hari itu untuk bersantai atau terlibat dalam percakapan selama latihan.
Zachary telah terbiasa dengan latihan yang sangat intensif selama dua bulan sebelumnya. Jadi, dia melenggang melalui latihan tanpa merasa kehabisan napas.
Ketika sesi pemanasan dinamis akhirnya berakhir, dia mengambil bola—lalu mulai melakukan juggling sambil bergerak perlahan melintasi green. Dia lebih banyak menggunakan kakinya tetapi terkadang menggunakan kepala dan bahunya untuk menjaga bola tetap terkendali. Dia hanya mencoba merasakan bola dan mempersiapkan diri untuk aksi yang akan dimulai beberapa menit kemudian.
Sementara itu, dia bisa mendengar sorak-sorai para penggemar semakin bersemangat saat kick-off semakin dekat. Tapi dia mengabaikan mereka dan memaksa dirinya untuk fokus hanya pada pekerjaan bolanya. Dia ingin memanfaatkan setiap menit sesi untuk mempersiapkan diri menghadapi pertandingan. Dengan begitu, dia bisa tampil maksimal saat pertandingan dimulai.
"Oke, teman-teman," dia mendengar Trond Henriksen, asisten pelatih kepala, berteriak setelah beberapa menit. "Ayo kembali ke ruang ganti. Kita hanya punya waktu sekitar tiga puluh menit untuk bersiap. Jadi, selesaikan apa pun yang kau lakukan." Dia menambahkan, bergerak di sekitar setengah lapangan Rosenborg.
Zachary segera menghentikan jugglingnya dan melihat sekeliling. Dia tidak percaya bahwa 30 menit pemanasan pra-pertandingan telah berlalu begitu cepat saat dia tenggelam dalam latihan bolanya. Namun, dia langsung bereaksi dan mengikuti rekan satu timnya kembali ke ruang ganti. Tim hanya punya waktu 30 menit untuk bersiap. Jadi, dia bergegas, joging sepanjang jalan kembali, karena dia sangat ingin mendengarkan pidato pra-pertandingan pelatih.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Greatest Of All Time
Teen FictionDia melakukan perjalanan kembali ke masa lalunya di mana kesempatan berlimpah. Akses ke sistem yang mampu mendorongnya ke tingkat yang lebih tinggi hanyalah lapisan gula pada kue. Dari siapa pun yang lahir di salah satu tempat termiskin dan paling t...