Bab 40: Latihan Kelincahan dan Ketahanan

193 18 0
                                    

Itu adalah pagi kelabu yang lambat pada hari berikutnya.

Zachary memulai harinya, seperti yang direncanakan, dengan pergi keluar untuk berlari. Teman-teman flatnya tetap berkomitmen pada kata-kata mereka dan menemaninya selama latihan. Sepanjang waktu, mereka berjuang untuk mengikuti langkahnya saat dia berganti-ganti antara joging dan lari cepat di jalanan kosong Trondheim.

Saat itu masih pukul 6 pagi. Jalan-jalan tidak memiliki lalu lintas yang cukup untuk menyebabkan gangguan dalam perjalanan mereka.

Zachary sedang melatih daya tahannya sambil mengarahkan dirinya untuk berlari di luar ruangan dalam cuaca sedang. Dia akan berlari sejauh 100 meter dan melanjutkan dengan jogging selama setengah kilometer saat dia memimpin teman-teman flatnya di sekitar jalan-jalan Kota Trondheim. Dia perlahan menyesuaikan diri untuk berlari selama pertandingan sepak bola di cuaca luar Trondheim yang keras.

Pertandingan sepak bola lebih seperti beberapa sprint yang sangat-cepat tapi pendek-diselingi dengan jogging atau jalan kaki yang lambat. Para pemain tidak pernah berlari dengan kecepatan konstan selama pertandingan. Dengan menyalin misi kebugaran sistem, Zachary telah menyesuaikan pelatihan ketahanannya agar sesuai dengan kecepatan pertandingan yang selalu berubah. Dia berlari dengan kecepatan bergantian selama 45 menit, tiga kali seminggu, untuk menjaga tubuhnya dalam kondisi prima.

"Ayo lari di sisa perjalanan," teriak Zachary kepada teman-teman flatnya saat mereka mendekati tempat latihan NF setelah lari panjang. Dia tidak menunggu tanggapan mereka sebelum berlari menjauh.

Kelembaban musim gugur yang dingin di Trondheim membuatnya merasa lengket. Keringat mengalir di wajahnya dengan butiran-butiran asin yang tebal. Pakaiannya, licin karena keringat, menempel di kulitnya.

Jantungnya berdenyut di dalam dadanya, dan kulitnya terasa seperti terpanggang. Dia mulai memantul-sedikit saat dia berlari, yang membuatnya lebih cepat lelah. Tapi, dia tidak memperlambat atau menghentikan larinya.

Mungkin setahun sebelumnya, dia akan menolak keras gagasan untuk berlari begitu jauh dan cepat. Namun, pada saat itu, dia menikmati prospek itu. Dia tidak berniat untuk keluar dari rutinitas latihannya bahkan untuk sesaat.

Dia ketat pada dirinya sendiri dan tidak pernah melewatkan hari latihan selama tahun di akademi. Konsistensi adalah segalanya dalam pelatihan olahraga. Dia akhirnya mulai menuai buah dari semua kerja kerasnya. Dia mulai menjadi lebih cepat dan tidak terlalu lelah setelah rutinitas berlari dan jogging.

"Jangan ini lagi," keluh Paul Otterson setelah Zachary lari menjauh dari mereka. Tenggorokan orang Swedia yang serak itu kering seperti kadal di bawah sinar matahari gurun. Kepalanya terayun-ayun longgar dari sisi ke sisi dengan setiap langkah kaki.

"Dari mana Zachary mendapatkan semua stamina itu?" Kendrick memotong, tidak sedikit pun ingin meningkatkan kecepatannya. Dia sudah berjalan dengan baterai lima persen. Cadangan energinya hampir habis. Setidaknya, itulah yang dia pikirkan.

"Ayo bertahan dan lari di menit terakhir," Kasongo tergagap di sela-sela napasnya yang terengah-engah. Kakinya menghentak di aspal dengan segala keanggunan sekarung kentang. Langkah melompat anggunnya dari lima mil sebelumnya telah lama menghilang.

Rekan-rekan satu flat Zachary merasa lelah setelah menyamai kecepatannya selama empat puluh lima menit. Namun, mereka semua bertahan dan mengakhiri lari pagi dengan lari 200 meter-sampai mereka mencapai tempat latihan akademi.

Zachary hanya membutuhkan waktu satu menit untuk menstabilkan napasnya bahkan setelah bergantian antara berlari dan jogging selama hampir satu jam. Baginya, latihan itu hanyalah lari pagi biasa, sebuah langkah kecil dalam perjalanannya untuk meningkatkan fisiknya dan menjadi pemain hebat.

Dia telah menyadari bahwa manusia adalah makhluk kebiasaan. Semakin banyak mereka mempraktikkan sesuatu, semakin alami jadinya. Dia sudah lama terbiasa dengan rutinitas pelatihan seperti itu sepanjang tahun. Selain itu, dia telah mengambil ramuan pengkondisian fisik sebelum pelatihan. Dia memiliki banyak cadangan energi yang tersimpan di dalam tubuhnya.

Teman-teman flatnya, di sisi lain, berada dalam kondisi yang menyedihkan. Mereka berbaring terlentang di atas rumput buatan yang basah di tempat latihan NF, dengan tangan dan kaki terentang lebar, terengah-engah seperti ikan yang dikeluarkan dari air. Mereka tampak kelelahan melampaui keyakinan.

Namun, Zachary tidak punya rencana untuk bersikap lunak pada mereka. Ketiga teman flatnya telah setuju untuk membiarkan dia menjadi instruktur mereka untuk pelatihan pribadi. Dia bermaksud untuk memenuhi perannya.

"Bangun, teman-teman," katanya, menenggak air dari botol airnya. "Kita perlu memulai latihan kelincahan dan latihan bola individu," teriaknya, menirukan suara serak Pelatih Johansen.

Dia melihat arloji Asahi-nya dan menyadari bahwa sudah hampir pukul tujuh. Senja sudah mulai mencair. Sinar oranye kemerahan dari matahari terbit yang megah mulai merembes di cakrawala. Cahaya itu sendiri sepertinya keluar dari matahari yang meleleh.

"Beri kami beberapa menit saja," kata Kasongo, suaranya terdengar lebih pelan dan monoton.

"Sesuaikan dirimu." Zachary mengangkat bahu. "Aku akan melanjutkan dan memulai latihan Aku sebelum otot Aku menjadi dingin. kamu dapat mengambil waktu kamu untuk beristirahat. Istirahat baik untuk meningkatkan keterampilan bola kamu." Dia bergumam, pura-pura marah.

"Oke, kami bersamamu," kata Paul sambil melompat dari rerumputan. Sisanya mengikuti.

"Bagus. Itu semangatnya." Zakaria tersenyum. "Mari kita siapkan kerucut dan lakukan beberapa latihan sebelum pelatih tiba. Kasongo, dapatkan tangga pelatihan."

Empat anak laki-laki menghabiskan satu jam berikutnya melalui beberapa latihan peningkatan kelincahan. Mereka mulai dengan latihan lutut tinggi ke depan melalui tangga yang ditempatkan di tengah lapangan. Mereka berlari dengan lutut terangkat tinggi melewati tangga, mendarat di setiap ruang di antara anak tangga. Latihan ini akan membantu meningkatkan koordinasi kaki dan kecepatan lari mereka dengan bola.

Mereka mengikutinya dengan lari lateral-latihan dari sisi ke sisi. Setelah itu, mereka menjalankan cone dan mengakhiri sesi dengan shuttle-run melintasi lapangan.

Baru kemudian mereka duduk untuk menyantap sarapan mereka, menunggu kedatangan Pelatih Johansen dan para pemain lainnya. Itu hari Sabtu, jadi tidak ada kelas. Satu-satunya hal yang mereka jadwalkan untuk hari itu adalah latihan sepak bola dengan Pelatih Johansen.

"Kendrick," panggil Zachary kepada penjaga gawang begitu dia selesai sarapan. "Bisakah kita melakukan latihan bola mati?" Dia bertanya. "Kita masih punya waktu sekitar 40 menit sebelum semua orang tiba di sini."

Para pelatih dan pemain lain biasanya tiba sekitar pukul 9 pagi untuk sesi akhir pekan. Zachary selalu hadir di tempat latihan sendirian selama dini hari. Hari itu adalah satu-satunya pengecualian.

"Tidak masalah." Kendrick tersenyum. "Mari kita pasang dinding manekin pelatihan." Sepertinya dia sudah pulih dari kelelahannya.

The Greatest Of All TimeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang