Bab 106: Dua Bulan

123 10 0
                                    

Senin, 29 April 2013.

**** ****

Di salah satu gym di Lerkendal Idresspark, markas Rosenborg BK, Zachary sepenuhnya fokus pada pelatihannya. Tetesan asin mengalir di wajahnya yang menetes ke lantai gym saat dia mendorong tubuhnya ke atas, menyelesaikan push-up ke-50. Di punggungnya terdapat garis gelap di tengah warna abu-abu muda dari atasan Nike tanpa lengannya—peta keringat yang menyebar menunjukkan kerja keras yang dia lakukan dalam latihannya pagi itu. Pelatih Bjørn Peters berdiri di samping, mengawasinya seperti elang dan meneriakkan instruksi dengan kecepatan senapan mesin.

Tidak ada jiwa lain di gym. Para pemain lain telah—diberi libur pagi hari sejak mereka memainkan pertandingan Tippeligaen melawan Sandnes Ulf pada hari sebelumnya.

"Terus bergerak, jangan melambat," teriak Pelatih Bjørn Peters, bertepuk tangan saat dia bergerak di sekitar posisi Zachary di lantai. "Kamu bisa melakukannya. Naik turun, naik turun..."

Zachary merasa sangat lelah. Rasanya seperti cadangan energinya sudah habis seperti kerbau. Penglihatannya kabur saat seluruh tubuhnya berteriak padanya untuk melepaskan dan bersantai—untuk mengambil waktu sejenak dan berbaring terlentang di lantai.

Pada saat itu, lantai yang keras tampak sama ramahnya dengan tempat tidur ternyaman di mata Zachary. Tapi, dia tahu dia tidak bisa berhenti sebelum menyelesaikan seluruh set enam puluh push-up. Jika dia menyerah pada kelelahan, efektivitas seluruh rutinitas akan—berkurang. Jadi, dia mengeluarkan lebih banyak tenaga dari kedalaman dirinya dan memaksa dirinya untuk menyelesaikan push-up ke-51 pagi itu.

Sudah hampir dua bulan sejak hari dia menandatangani kontrak profesional dengan Rosenborg. Dia belum berhasil masuk ke starting eleven klub. Dia telah menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja dengan Pelatih Bjørn Peters untuk kebugarannya. Dia telah melalui berbagai latihan dalam rejimen kelebihan beban progresif untuk meningkatkan kontrol tubuhnya secara bersamaan dengan keseimbangan dan koordinasinya.

Dia telah mengikuti saran Pelatih Johansen untuk memanfaatkan waktu sebelum dia masuk ke starting line-up untuk meningkatkan kebugarannya lebih lanjut. Dia ingin meyakinkan manajemen klub dan staf pelatih bahwa lonjakan pertumbuhannya tidak menjadi masalah dan tidak akan mencegahnya tampil di liga papan atas Norwegia. Satu-satunya cara untuk mencapainya adalah melalui latihan yang direncanakan dengan hati-hati untuk meningkatkan kebugarannya dalam waktu sesingkat mungkin. Dengan begitu, para pelatih tidak perlu khawatir dia rentan cedera karena perubahan fisiknya.

Dengan pemikiran itu, Zachary telah mempertahankan jadwal pelatihan yang ketat dengan Pelatih Bjørn Peters selama sebagian besar waktu dia tidak berlatih dengan anggota skuad Rosenborg lainnya. Bench press, yoga, papan klasik untuk mengencangkan lutut, push-up, sit-up, peregangan pinggul—ia telah melakukannya selama dua bulan di bawah pengawasan pelatih kebugaran.

"Jangan melambat," teriak Pelatih Bjørn Peters. "Bertahanlah. Tinggal sembilan lagi, lalu kita bisa berhenti untuk istirahat sejenak." Dia menambahkan, bertepuk tangan dengan irama yang stabil, mungkin untuk menyemangati Zachary.

Zachary, di pihaknya, tidak menjawab karena dia tidak memiliki kekuatan untuk menjawab bahkan dengan jawaban sederhana. Semua fokusnya adalah menyelesaikan sembilan press-up yang tersisa.

Rambut hitamnya, diikat menjadi sanggul longgar, basah kuyup. Dia tampak seperti baru saja menarik diri dari kolam. Namun tidak ada air di sekitarnya, tetapi hanya gym Rosenborg yang luas dan lengkap. Dia tidak mempedulikan keringat sedikit pun dan melanjutkan dengan rutinitas press-up sampai dia menyelesaikan seluruh set enam puluh.

"Oke, kamu melakukannya dengan baik," kata Pelatih Bjørn Peters sambil tersenyum. "Mari kita istirahat lima menit sebelum kita melanjutkan." Dia menyerahkan sebotol air.

The Greatest Of All TimeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang