Selasa, 17 Agustus 2010.
Zachary memeriksa waktu di arlojinya. Saat itu pukul 10 malam.
[Bepergian memang sulit.] Dia menghela nafas.
Bersama Kasongo dan dua orang Norwegia, Zachary melakukan penerbangan pagi dari Lubumbashi ke Addis-Ababa, Ethiopia. Itu adalah perhentian pertama dalam perjalanan dua puluh dua jam mereka ke Trondheim, Norwegia. Setelah empat jam istirahat di bandara, mereka bergabung dengan antrian boarding sebuah penerbangan maskapai Ethiopia menuju Amsterdam. Karena dokumen mereka terorganisir dengan baik, mereka tidak menghadapi tantangan melalui bea cukai. Mereka kemudian naik bus bandara yang mengangkut mereka ke pesawat yang akan menerbangkan mereka ke Amsterdam sepanjang malam.
Zachary mengalihkan perhatiannya ke pesawat yang bisa dilihatnya melintas melalui jendela. Pria dan wanita dengan jaket reflektor bergerak di sekitar mereka, menarik banyak kargo atau meneriakkan instruksi. Beberapa kendaraan bandara, Zachary tidak bisa mengidentifikasi, juga diparkir di samping pesawat.
"Apakah kalian berdua gugup?" Mr Stein, di sebelah kirinya, diperiksa. Di punggungnya tergeletak ransel raksasa yang seharusnya tidak dibawa oleh pria seusianya. Zachary telah menawarkan diri untuk membantunya dengan barang bawaannya, tetapi lelaki tua itu menolak.
"Tidak," Kasongo, yang berdiri di hadapan mereka, menjawab. Dia mengenakan pakaian dan sepatu desainer yang membuatnya terlihat seperti rapper daripada pemain sepak bola. Sepatu bot hutan putihnya sangat menarik perhatian di bus yang remang-remang.
"Bepergian dengan pesawat jauh lebih nyaman daripada naik bus. Aku menikmati penerbangan dari Lubumbashi ke Addis-Ababa. Makanannya enak." Dia menambahkan sambil tersenyum.
"Apakah kamu sering terbang sebelumnya?" Kristin bertanya dari sampingnya.
"Yah, hanya setahun sekali. Ayahku mengajak kami berlibur setiap musim perayaan. Tahun lalu kami berada di Prancis. Tapi ini pertama kalinya aku ke Norwegia." Kasongo menjawab sambil tersenyum.
Zachary memilih untuk tidak terlibat dalam diskusi. Dia sedikit malu untuk mengungkapkan ketakutannya kepada kelompok, terutama dengan kehadiran Miss Kristin. Yang benar adalah dia takut dengan pesawat. Tidak peduli seberapa mewah perabotan di dalam pesawat, itu tidak akan pernah lebih dari tabung logam terbang ke Zachary. Fakta bahwa ini adalah perjalanan pertamanya keluar dari DR Kongo memperkuat ketakutannya. Dia takut memikirkan berada lebih dari 30.000 kaki dari tanah. Ada begitu banyak hal yang bisa salah pada ketinggian itu.
Meskipun demikian, dia sangat ingin mencapai Kota Trondheim. Di sana, dia akhirnya akan memulai perjalanannya untuk menjadi pemain sepak bola profesional di kancah Eropa. Itulah satu-satunya hal yang dia impikan tentang seluruh kehidupan masa lalunya, dan sekarang semuanya akhirnya menjadi kenyataan. Itulah satu-satunya pemikiran yang membuatnya cukup berani untuk menanggung perjalanan panjang.
"Bagaimana denganmu, Zak?" Mr Stein bertanya, berbalik ke arahnya. "Kamu gugup?"
"Yah, aku tidak suka pesawat," jawab Zachary jujur. "Aku hanya ingin perjalanan ini berakhir secepat mungkin."
"Kita akan sampai di sana. Jangan khawatir." Tuan Stein menepuk punggungnya.
Mereka menghabiskan sisa perjalanan singkat mereka di bus dalam keheningan sebelum naik ke pesawat. Pukul 22.30, pesawat lepas landas. Mereka berada di langit.
Zachary duduk di samping Kasongo di kursi 2 kursi di baris paling dekat dengan jendela. Orang Norwegia berada di belakang mereka di bagian kelas ekonomi.
Zachary merasa lebih baik mengetahui bahwa dia berada di Boeing-747, sebuah jet jumbo. Dia belum pernah mendengar satu, dalam perjalanan ke Eropa, jatuh pada tahun 2010 dari kehidupan sebelumnya. Dia mengabaikan Kasongo yang sedang menonton film dan memaksakan dirinya untuk tidur. Zachary bangun keesokan paginya saat pesawat turun ke Amsterdam.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Greatest Of All Time
Novela JuvenilDia melakukan perjalanan kembali ke masa lalunya di mana kesempatan berlimpah. Akses ke sistem yang mampu mendorongnya ke tingkat yang lebih tinggi hanyalah lapisan gula pada kue. Dari siapa pun yang lahir di salah satu tempat termiskin dan paling t...