VARAY POV
Pergeseran bumi dari peta pertempuran berputar di bawah kendali hati-hati dari tiga penyihir kurcaci yang bekerja bersama. Cetak biru tiga dimensi menunjukkan terowongan dan titik jalan keluar di dalam dan sekitar Vildorial secara detail, gambaran tentang hal itu tersimpan dalam pikiran para ahli taktik dwarf. Dalam waktu singkat sejak kedatangan kami dan penggulingan pasukan Alacryan, sebagian besar terowongan telah dialihkan atau ditutup, sehingga mengisolasi ibu kota Darvish dari jaringan bawah tanah yang lebih besar yang menghubungkannya dengan kota-kota kurcaci lainnya.
“Hanya segelintir terowongan yang masih terbuka di utara kota, di sini.” Carnelian Earthborn, ayah Mica, menunjuk ke bagian terowongan kecil yang menghubungkan beberapa jalan raya yang jauh lebih besar. “Tetapi mereka akan ditutup dalam beberapa jam ke depan. Semua operasi penambangan dan pertanian di luar kota telah dihentikan, dan semua warga sipil telah dibawa ke kota.”
“Kerja cepat,” kataku penuh penghargaan. “Dan gerbang kotanya?” tanyaku, menoleh ke Daglun Silvershale, yang telah diberi tanggung jawab atas pekerjaan di dalam gua besar itu sendiri.
“Kota ini tertutup lebih rapat daripada sfingter cacing batu,” dia membenarkan sambil mengangguk muram. “Dan Istana Kerajaan telah dibuka untuk menyediakan perlindungan bagi beberapa ribu orang, setidaknya.”
Aku menggigit lidahku. Ini adalah bagian dari rencana yang tidak kusetujui, tapi para bangsawan kurcaci bersikeras agar para kurcaci berpangkat tertinggi—dengan kata lain, mereka sendiri—dan keluarga mereka dievakuasi ke Istana Kerajaan Greysunders. Carnelian sendiri telah membujuk Mica untuk berjanji bahwa dia akan menjaga perkebunan itu.
Terlepas dari pemborosan sumber daya yang membuat frustrasi ini, aku terpaksa mengakui bahwa para Lance tidak “bertanggung jawab” atas para dwarf, dan tidak punya hak, selain dari kekuatan dan kehebatan kami, untuk memberi perintah atau membuat pernyataan. Kami telah sepakat bahwa Lance tidak akan memaksakan kendali dari para bangsawan melalui semacam kudeta militer otoriter.
Sudah cukup banyak pertempuran yang terjadi, dan kami harus fokus pada Alacryan. Orang-orang dwarf mempunyai banyak pencarian jiwa yang harus dilakukan ketika perang ini usai. Berulang kali, para pemimpin mereka mengecewakan mereka. Jika orang-orang menginginkan bantuan keluarga Lance untuk memperbaikinya setelah perang, saya akan dengan senang hati menyetujuinya, tetapi kami harus selamat dari badai yang akan datang sebelum kami dapat mulai membereskan kekacauan yang ada di rumah kami sendiri.
Namun, aku tidak berusaha menyembunyikan rasa jijikku terhadap rencana mereka saat aku menatap mata Lord Silvershale. “Dan benteng pada bangunan kota lainnya, seperti yang saya minta?”
Dia berdehem. “Sedang berlangsung, Lance.”
Carnelian melangkah masuk sambil tersenyum muram. “Pasukan penyihir dari Persatuan Penggerak Bumi dapat ditugaskan kembali dari terowongan ke kota untuk memperkuat benteng.”
Silvershale menarik-narik kepang janggutnya, dan dia tampak seperti ingin berdebat, tapi akhirnya tampak berpikir lebih baik, dan sedikit mengempis. “Ya, kita bisa menggunakan bantuan itu.”
Jika Alacryan menyerang kota, mereka harus menerobos masuk. Hal ini menempatkan banyak kurcaci yang rumahnya dibangun di dinding gua secara langsung dalam bahaya, dan batu yang terlepas dari langit-langit gua akan memiliki kecepatan batu ketapel. pada saat mereka mencapai tingkat yang lebih rendah, dengan mudah menghancurkan bangunan yang tidak dibentengi. Sekadar menginstruksikan masyarakat untuk berlindung di tempat saja tidaklah cukup. Tidak hampir.
“Tidak ada yang tahu berapa lama kita harus bersiap,” aku mengingatkan kedua bangsawan itu. “Kami telah menggigit tangan Alacryan, tapi di suatu tempat, tangan itu mengepal untuk menyerang balik.”