Aula Earthborn Institute yang remang-remang kabur saat aku berlari ke bawah, semakin dalam ke dalam kumpulan labirin terowongan. Tidak ada alarm yang berbunyi, dan beberapa kurcaci yang kulewati tampaknya tidak menyadari adanya keanehan, meskipun penurunanku yang terburu-buru mengundang mengirimkan gugup dan bertanya-tanya dari sebagian besar kurcaci.
Aether muncul dengan tergesa-gesa, lalu menghilang dengan segera, dari arah laboratorium. Hanya ada sedikit orang atau artefak yang dapat menyebabkan fenomena seperti itu, dan meskipun dia bukan salah satu dari mereka, saya menyadari kehadiran Lyra Dreide di institut.
Apakah tamu kita mengurus dirinya sendiri? Saya berpikir untuk Regis.
'Dia tidak ada ringkasan dengan memutar aether itu, jika itu yang kamu tanyakan. Ingin aku ikut memeriksanya?'
Tidak, tetaplah di tempatmu saat ini.
'Yippee,' gerutu temanku, kebosanan dan kejengkelannya merembes melalui hubungan mental kami.
Saat aku bergerak ke arah yang hampir berlawanan, pikiranku tertuju pada Kezess. Dia telah menjanjikan bantuan dalam membela Dicathen, namun belum menjelaskan secara spesifik apa saja yang mungkin diperlukan. Namun, menurutku itu bukan berarti melakukan portal ke asura tanpa memberitahuku. Lagi pula, saya tidak bisa sepenuhnya memercayai kata-katanya—itu mungkin merupakan konsumsi yang paling tinggi—dan saya tahu wajar jika dia mungkin berbalik arah dan mengambil tindakan menghina.
Namun saja, ini tidak terasa seperti Kezess. Sejauh yang saya bisa lihat, tidak ada keuntungan apa pun dalam kedua kasus tersebut. Tidak, skenario yang lebih mungkin membawaku ke terowongan yang familier, dan ketika aku melihat dua penjaga kurcaci kekar, masing-masing dilengkapi dengan perisai, tombak, dan pelat baja berat, berdiri di luar lab Gideon, aku merasa yakin tebakanku benar.
Keduanya berpindah posisi saat mereka mendengar pendekatanku, menegangkan tapi kemudian segera rileks. Pada saat yang sama, mereka menghantam dasar perisai besar hingga ke tanah. “Tombak, Tuan!” mereka menggonggong bersama. Yang satu meremehkan, dan yang lainnya melanjutkan, hampir meminta maaf. “Gideon telah memberikan perintah tegas agar tidak ada yang mengganggunya—”
Pintu terbuka, dan wajah Emily yang berkacamata muncul, matanya terbelalak di balik lensa. Dia melihat ke arah penjaga, membuka mulut untuk mengatakan sesuatu, melihatku, lalu tampak mengubah taktik di tengah pikiran. “Arthur, kamu adalah seorang penyembuh!”
Dia terengah-engah dan pipinya sedikit memerah. Maksudku, aku senang kamu ada di sini. Kepada siapa penjaga itu, dia menambahkan, “Cari healer.”
Penjaga itu memberi hormat, lalu berlari menjauh dengan cepat, baju besinya yang berat berdentang setiap kali langkah kaki.
Emily membuka pintu dan aku masuk, lalu dia membiarkan menutup di belakangku.
Lab, saya terkejut melihatnya, kosong. "Dimana-"
"Ayo, lewat sini," bentaknya, sudah otomatis pergi.
Saya mengikutinya melalui pintu melengkung di ujung lain lab, lalu menuruni tangga dan masuk ke aula lain. Tersembunyi di bawahnya adalah serangkaian ruangan kecil yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya, masing-masing diblokir oleh pintu batu berat bertuliskan rune. Emily berhenti di pintu ketiga di sebelah kanan, memperkuatnya dengan mana, dan mendorong dengan kuat.
Di sisi lain pintu batu tebal itu ada ruangan luas remang-remang dengan langit-langit rendah. Sebuah meja telah diseret ke sini, tapi ciri utama ruangan itu adalah lingkaran pelindung di tengahnya. Generator perisai kecil dihubungkan ke beberapa kristal mana, dan ketika diaktifkan akan menciptakan perisai mana berbentuk kubah yang sangat padat di sekitar lingkaran perlindungan.