ARTHUR LEYWIN POV
“Halo, Arthur.”
Suara itu menghampiriku melalui kabut—jauh dan halus, tetapi familier. Aku sedang tertidur, terbujur kaku di dalam selimut kelelahan yang tak terpikirkan. Ada sesuatu yang menggairahkan tentang suara yang familier itu, tetapi itu saja tidak cukup untuk menarikku keluar dari sarang metaforisku. Saat pikiran ini menembus kabut tidurku, ia memicu sesuatu yang lain, dan sebuah ide yang membara terpancar melalui fugue.
Kelelahan ini terasa salah. Bahkan tidak wajar. Seakan-akan tidur telah mencengkeramku dan tidak mau melepaskanku.
Eter mekar dari inti diriku sebagai respons terhadap sentakan ketidaknyamananku, dan kabut itu menguap. Aku tiba-tiba duduk dan melihat sekeliling, setengah panik tanpa mengingat bagaimana aku bisa sampai di lokasiku saat ini. Aku dikelilingi oleh batu putih terang, dibentuk dengan mulus menjadi lengkungan dan lengkung.
“Damai, Arthur, damai.”
Berpaling dari arsitektur bangunan yang tidak biasa di sekelilingku, aku malah fokus pada wanita tua yang duduk di samping tempat tidurku. Kerutannya semakin dalam saat dia memberiku senyuman hangat, dan untuk sesaat, aku kembali berusia lima belas tahun. Kepanikan mereda hampir secepat datangnya. Aku berada di tempat tidur. Regis, dalam bentuk anak anjingnya, berbaring di atas selimut di kakiku, tidur nyenyak. Aku aman.
“Lady Myre. Sudah lama sekali…”
“Bagi saya, rasanya waktu yang telah berlalu begitu singkat,” jawabnya singkat.
Saya mempertimbangkan perbedaan perspektif kami dan bertanya-tanya tentang validitas perhitungan waktu saya sendiri. Lagi pula, berapa banyak waktu yang telah berlalu di batu kunci itu? Berapa banyak kehidupan yang telah saya jalani sejak pertemuan terakhir saya dengan Myre? Menurut satu interpretasi, itu adalah keabadian. Namun, menurut interpretasi lain, itu hanya beberapa tahun yang singkat. Untuk pertama kalinya, saya benar-benar melihat sekilas perspektif alien asura seperti Kezess dan Agrona, dan saya pikir saya hanya mengerti sedikit tentang bagaimana mereka melihat perjalanan waktu.
“Dimana aku?”
“Epheotus,” katanya. Matanya melirik ke salah satu jendela lengkung, dan tatapanku mengikuti pandangannya. “Lebih tepatnya, kau berada di kota Everburn.”
Melalui jendela lengkung, saya dapat melihat bangunan-bangunan di seberang jalan. Dindingnya bersih, halus, terbuat dari batu berwarna putih atau krem yang melengkung hingga atapnya yang dilapisi ubin berwarna biru kehijauan dan cyan. Jendela lengkung, cermin dari jendela yang saya lihat, menghiasi bagian depannya, tetapi saya tidak dapat melihat apa pun yang ada di baliknya. Saat saya mengamati bangunan-bangunan itu, seorang asura berambut hijau lumut melangkah lewat, alisnya berkerut karena konsentrasi, mulutnya bergerak saat dia berbicara pelan, tampaknya untuk dirinya sendiri.
Di balik gedung-gedung, bayangan gunung besar yang jauh, hanya berupa siluet biru di langit biru, menjulang tinggi di atas kota. Gunung itu memiliki bentuk terbelah yang khas.
“Salah satu dari beberapa kota naga di bawah bayang-bayang Gunung Geolus, ya,” lanjut Myre. “Kupikir ini akan lebih…nyaman, untuk keluargamu. Maksudku, daripada kastil.”
“Di mana Ellie dan ibuku?”
Meskipun senyum neneknya tak pernah hilang dari wajahnya, tatapan Myre intens dan waspada. Aku tak dapat menahan perasaan bahwa ia tengah membacaku seperti membaca buku. “Aku merasakanmu terbangun dan menyuruh mereka melakukan tugas singkat. Maafkan aku, Arthur, tetapi aku ingin berbicara denganmu sebentar.”
Sambil mengerutkan kening, aku menegakkan tubuhku ke posisi duduk dan mengayunkan kakiku dari tempat tidur. Aku mengenakan pakaian tidur sutra yang tidak kukenal, warna putihnya yang mengilap kontras dengan warna hijau hutan tua di seprai. “Bicaralah padaku? Sebagai tamu, atau sebagai tahanan?”