ARTHUR POVNico mengambil setengah langkah ke arahku, rahangnya menegang dan pembuluh darahnya terlihat berdenyut di pelipisnya. Paku hitam muncul dari tanah dengan gerakan sekecil apa pun, kulitnya dikotori dengan gumpalan api jiwa yang samar. “Bahkan setelah dua masa kehidupan, kamu belum berubah.”
Senyuman hilang palsu dari wajahku mendengar kata-katanya, dan aku menahan kata-kata yang lebih meyakinkan. Kebanggaan apa pun yang kurasakan atas kecerdikanku dalam menarik Nico ke dalam pertarungan ini—pertarungan di mana dia tidak bisa melarikan diri atau meminta bantuan—hilang sekarang setelah dia berdiri di depanku. Wajahnya, yang kini hanya tersisa bayangan dari wajah Elia, memenuhi diriku dengan emosi yang saling bertentangan.
Bagaimanapun, dia adalah sahabatku dalam dua kehidupan. Pertama sebagai Nico, lalu sebagai Elia. Dan saya telah mengecewakannya dalam keduanya. Kegagalan-kegagalan itulah yang membawanya menjadi dirinya yang sekarang.
Penuh kebencian. Putus asa. Cangkang manusia yang tidak manusiawi.
Tetap saja...aku tidak menyalahkan dia karena membenciku.
Saya tidak bisa.
Aku bahkan tidak bisa menyalahkannya atas apa yang telah dia lakukan dalam hidup ini...tidak peduli betapa mudahnya melakukan hal itu. Dia bereinkarnasi di sini hanya untuk dimanipulasi dan digunakan sebagai alat oleh Agrona. Nasib tidak memberi kesempatan untuk belajar dari kesalahan masa lalunya. Alih-alih mendapatkan kesempatan kedua, ketakutan, ketidakamanan, dan kemarahan Nico telah dimanipulasi menjadi alat dan senjata sejak saat-saat pertama dalam hidupnya.
Namun, terlepas dari bagaimana kami berdua sampai pada titik ini, kami sudah bertindak terlalu jauh untuk meminta maaf, untuk melakukan rekonsiliasi.
Meski tahu apa arti Tessia di suhu dingin, Nico telah membantu Agrona dalam mewujudkan Cecilia, menggunakan tubuh Tess sebagai wadah—konsekuensi yang masih belum kupahami. Cecilia, yang sangat ingin menghindari menjadi senjata orang lain hingga dia menyerah pada pedangku untuk melakukannya...
Dan dia, dalam keegoisan dan ketidaktahuannya yang tak terbatas, telah menyerahkannya kepada Agrona.
"Katakan sesuatu!" Nico menggeram, hampir berteriak. Semburan api jiwa menggerogoti tanah di bawah, membiarkannya melayang di udara.
"Seperti apa?" bentakku, rengekannya yang merajuk menyerang sarafku seperti luka lama. “Bahwa aku tidak membunuh Cecilia? Bahwa aku tidak pernah bermaksud meninggalkan kalian berdua? Apakah Anda akan mendengarkan jika saya mengatakan yang sebenarnya? Dan apa yang akan berubah, Nico? Tentu saja bukan fakta bahwa kamu telah membunuh ribuan orang tanpa dosa, bahwa kamu mengambil Tessia karena keegoisan murni—”
“Aku baru saja mengambil kembali milikku!” teriaknya, matanya dipenuhi api kebencian yang gelap. “Apa yang seharusnya aku miliki. Itu takdir. Sama halnya dengan kematianmu. Lagi."
Aku tidak tahu kenapa, tapi pernyataan Nico yang final menyebabkan rasa sakit yang mendalam di dalam diriku. Aku berharap, pada saat itu, aku bisa membatalkan semua yang telah terjadi. Bahwa Cecilia bisa selamat, dan mereka bisa kabur bersama seperti yang mereka rencanakan. Bahwa aku tidak akan menghalangi mereka agar aku bisa berlatih bersama Lady Vera, dan akan berusaha lebih keras untuk membantu Nico menemukan Cecilia ketika dia menghilang.
Ada banyak hal yang bisa saya lakukan secara berbeda.
Tapi aku belum melakukannya. Dan meskipun saya dapat melihat ke belakang pada jalan yang telah saya ambil, saya tidak dapat mengubah bentuknya. Saya juga tidak bisa mengubah ke mana jalan itu membawa saya. Namun saya dapat melihat ke depan, dan membuat pilihan-pilihan baru—pilihan yang berbeda—untuk mengubah arah yang saya tuju.