ARTHUR LEYWIN POVAku sedang terapung di lautan batu kecubung kabur yang sudah kukenal.
Ruang kosong membentang hingga tak hingga ke segala arah. Ketiadaan sesuatu yang nyata dan nyata sekaligus menjadi sumber kenyamanan dan kecemasan. Mengambang di dalamnya, aku merasa seperti anak kecil yang berlindung di balik selimut, takut pada monster di bawah tempat tidurku. Aku hampir yakin monster itu tidak nyata—tapi tidak cukup yakin untuk membiarkan rasa takut itu memudar.
Bukan berarti aku pernah mempunyai masa kecil seperti itu, tapi di sini, di alam ether, lebih mudah untuk membayangkan semua kehidupan berbeda yang mungkin aku jalani.
Untuk pertama kalinya sejak aku masih kecil di Bumi, aku membayangkan sebuah kehidupan di mana aku mengenal orang tua kandungku, orang-orang yang telah membesarkanku dengan cinta. Kalau begitu, jadi apa jadinya aku jika aku tidak tumbuh menjadi seorang yatim piatu yang sangat membutuhkan kasih sayang dan kasih sayang, keinginan yang menyayat hati untuk membuktikan nilaiku agar ada yang peduli padaku?
Aku melihat kehidupan yang belum pernah kutemui Nico atau Cecilia, atau Kepala Sekolah Wilbek atau Lady Vera. Saya akan mempelajari suatu keahlian, menjalankan bisnis yang sukses, memulai sebuah keluarga sendiri, dan akhirnya meninggal karena bahagia dalam satu kehidupanku yang damai dan tidak penting.
“Tidak,” sebuah suara lembut berkata, benda fisik yang lebih berenergi daripada gangguan.
Aku berputar dalam aku. Di perbincangan, sebuah bintang bersinar putih terang dengan latar belakang ungu tua.
“Bahkan jika Anda menjalani seribu kehidupan, tidak satupun dari mereka akan 'tidak penting.'”
Dadaku sesak, dan aku berusaha mendekatkan diriku pada sumber cahaya yang bersinar itu. Itu memancarkan kehangatan keperakan yang menimbulkan rasa percaya diri, takut, protektif, dan dicintai sekaligus, dan perasaan ini semakin kuat dan kompleks saat aku mendekat.
Bintang itu tumbuh dan membentuk, menjadi siluet, yang pada gilirannya mewujudkan detail halus seorang gadis muda dengan rambut dan mata yang warnanya sama dengan milikku.
Aku berhenti tepat di depannya, dengan rakus minum di hadapannya, utuh dan tak bercacat. Mengulurkan tangan dengan ragu-ragu, aku menyodok ujung salah satu tanduknya, dan dia menahan tawa gembira.
“Silvie…”
Ikatanku tersenyum, dan pemandangan itu membuatku merasakan kehangatan yang menggelitik.
Banyak sekali yang ingin kukatakan padanya: betapa menyesal dan bersyukurnya aku, betapa aku menyesali semua yang telah terjadi, betapa aku merindukannya...
Tapi saya bisa merasakan pikiran kami terhubung, dan saya bisa merasakan dalam dirinya pemahaman atas semua yang saya pikirkan.
“Tapi kadang-kadang masih menyenangkan mendengar hal-hal itu diucapkan dengan lantang,” katanya, kepalanya sedikit miring ke samping saat dia mengamatiku. “Jangan lupakan itu.”
“Aku sedang bermimpi, bukan?”
"Ya."
“Tetap saja, senang bertemu denganmu, Sylv.” Aku mengusap bagian belakang leherku, sebuah gerakan yang dilihat teman lamaku dengan penuh rasa geli. “Maaf, aku butuh waktu lama untuk membawamu kembali.”
“Jangan khawatirkan aku. Saya punya banyak waktu.” Senyumnya menajam menjadi seringai, seolah dia baru saja mengatakan sesuatu yang menurutnya sangat lucu.
“Aku akan menyelamatkanmu, Sylv.”
"Aku tahu. Tapi untuk saat ini…” Dia mengulurkan tangan dan menusuk dadaku dengan satu jari. Saat dia melakukannya, gumaman pelan dari suara-suara di kejauhan mulai mengganggu mimpinya. “Sudah waktunya untuk bangun, Arthur.”