Logam panas itu menempel pada tulang, membuatnya hangus menjadi hitam saat daging di sekitarnya meleleh. Udara mendesis saat membentur besi hitam, menimbulkan awan uap. Aku mengutuk dan mundur.
Ellie mencatat dari panci yang sedang panas di atas kompor. “Biarkan aku melakukannya! Siapa sih yang mencampurkan udara dan minyak panas? Pernahkah kamu memasak sebelumnya?”
Aku mencelupkan jariku ke dalam cawan berisi air yang sudah kugunakan untuk mendinginkan panci dan menjatuhkan beberapa tetes ke wajahnya saat dia berusaha menampilkan potongan daging yang telah kubakar. “Ini datang dari gadis yang hanya makan ikan, tikus, dan jamur selama berapa bulan terakhir?”
Regis sedang duduk di tengah meja, memperhatikan dengan penuh minat, hidungnya bergerak-gerak karena setiap hembusan udara beraroma daging. “Kau tahu, itu sepertinya tidak bisa diperbaiki. Serahkan saja padaku.”
Ellie menjatuhkan segenggam potongan jamur ke dalam daging dan minyak, sambil bersenandung kesal. “Saya yakin, saya bisa melakukan lebih banyak hal dengan tikus dan jamur dibandingkan dengan seluruh dapur kerajaan.”
“Aku tidak yakin itu sesuatu yang bisa dibanggakan,” kataku sambil tertawa.
Kaki Ellie terangkat dan membentur pahaku. Aku menggenggam pergelangan kaki dan menarik kakinya keluar dari bawah, memeganginya terbalik dengan rambut menggenang di ubin di bawah.
“Hei, tidak adil!” dia berteriak, mencengkeram lengannya saat dia mencoba mendaratkan pukulan dengan sia-sia.
Bisikan sepatu putar lembut di atas ubin batu menarik perhatianku ke pintu dapur.
“Selamat pagi,” kataku sambil melambai dengan tangan yang menggantungkan Ellie secara terbalik sehingga adikku terombang-ambing seperti boneka kain. “Tidak banyak, tapi Ellie dan aku mencoba membuat sarapan.”
“Aku mencoba membuatkan sarapan,” gerutunya sambil menyilangkan tangan. “Arthur kebanyakan hanya di—ow!” dia berteriak saat aku membiarkannya jatuh ke lantai.
“Oh,” Ellie datang dengan cepat dan pelan, “Ta, ada apa?” Saat itulah aku menyadari ada air mata mengalir di pipi Ibu.
Apa yang kamu—oh.” Dia mengusap pipinya dengan bagian belakang lengan panjangnya. "Kenapa aku menangis?" dia bertanya pada dirinya sendiri sambil tertawa.
“Saya kira itu hanya…terbangun dengan hal seperti ini…sudah lama sekali.”
Aku menarikkan kursi untuknya, dan dia duduk di kursi itu sambil tersenyum bersyukur dan berlinang air mata. Gerakannya masih sedikit lamban, tapi bentuknya jauh lebih mantap dibandingkan hari sebelumnya. Regis berlari mundur sehingga dia berada tepat di depannya, dan dia mulai mengelus belakang telinga.
Ellie dan aku mendorong dan mendorong kompor, tapi pada akhirnya aku membiarkan dia mengklaim kemenangan, malah mengambil segenggam piring kayu dan peralatan untuk menata meja. Ellie mengirimkan setumpuk daging gosong, telur, jamur, sayuran kukus, kacang merah, dan sejenis belut—yang ditangkap dari danau bawah tanah terdekat—yang menurut Ellie lezat, dan bersama-sama kami mengisi tiga piring.
Ibu memotong bagian ujung yang terbakar dari potongan daging yang kami berikan padanya dan memberikannya kepada Regis, yang langsung mengambilnya dari garpunya.
“Dia akan terus meminta hal-hal seperti ini jika kamu memanjakannya, Bu,” kataku dengan mulut penuh.
Dia mengabaikan kata-kataku. “Oh, tidak apa-apa. Tidakkah menurutmu dengan semua yang dia lakukan untuk membantu di sini, dia pantas mendapatkannya?”
Mata anak anjing Regis yang besar bersinar saat dia menatap ibuku seolah dia baru saja memberinya penghargaan. “Apakah kamu percaya pria ini tidak pernah memberiku makan?”