"duluan ya na.." jonathan senyum sambil pamit ke nina. Dia keluarin ducatinya dari parkiran."ah iya jo.."
nina lihat gimana jonathan yang sekali lagi senyumin dia terus pergi. tapi dia ga langsung keluar dari gerbang, dia berhenti buat nungguin juwita naik baru mereka pergi.
"Na, itu siapa sih? adeknya ato sepupunya ato tetangganya? Kok mereka udah deket gitu.." yuyun nanyain.
"Juwita. Katanya adik dari temennya kak Johan.." nina jawab. Pas pertemuan pertama speaking club mereka kenalan.
Kan banyak juga tuh anggota speaking club yang kelas dua yang penasaran kok bisa kenal ke jonathan, jadi juwitanya jelasin.
"Dih, berarti aslinya ga ada hubungan dong mereka. Yang temenan kan abang mereka.. menyel tuh anak.." yuyun ngasih komentar. "Lu labrak aja anaknya, na."
"Atas dasar apa? dia deket ke jonathan?"
"..."yuyun malah tiba-tiba diem. Dalam hati aslinya mikir 'lu bisa mikir gitu aslinya emang kepikiran buat ngelakuinnya kan na, ya kan? Iya, gue yakin'
"Ya ya, ya itu, biar jangan kepedean. jonathan most wantednya angkatan kita kan.. ati-ati aja loh, gitu.."
...
"Abang, aku kalo nebeng gini, ntar ada yang marah ga?" Juwita nanya pas dia sampe di rumahnya. Jonathan sebenernya udah starter buat langsung pergi, tapi dia malah tercengang.
"Heh.." jonathan matiin lagi motornya tangnanya di kap bensin, senyumin juwita, meskipun juwita sama sekali ga naksir ke jonathan, dia tetep aja degdegan disenyumin. "abang juga maunya ada sih.." jonathan jawab.
"Maksudnya?"
"Engga ada."
"Oh," juwita udah mikir aja kalo Jonathan bakalan ngaku kalo dia naksir orang. Dan iya, juwita langsung ngerti, orang dia bisa lihat.
"tapi beneran nih? Maksudku, abang kan orangnya banyak yang suka juga. Aku ga tahu kalo abang ternyata kaya abang johan juga, udah famous. Mana dapat piala pas upacara, banyak yang kenal kan. Nah aku anak baru, udah bonceng-bonceng motornya abang.." juwita sadar diri. "Bang yudhis sih cuman bilang kalo abang jadi kakak kelasku, tapi dia ga bilang kalo abang famous.."
"Famous ga famous ga ada bedanya kok.." Jonathan senyum miris. "Santai aja kali, temen-temennya abang baik-baik kok, ga ada yang galak. Kalo galak berarti bukan temen abang, ga usah dengerin, oke. Bilangin salam ke bang yudhis.." setelah itu, jonathan pergi.
Jonathan serius pas bilang emang ga ada bedanya dianya. Masih sama-sama pengecut. Masih suka kehilangan kata-kata kalo nina di deketnya.
Mungkin banyak yang mikir kalo dia udah berubah. Lebih ramah dan jarang jutek. Suka senyum dan lebih gampang diajak bercanda. Sebagian besar emang iya jonathan mengalami perubahan. tapi gara-gara abangnya sih, gara-gara lihat bang johan dia jadi lihat gimana lucunya hidup.
Kalo dia dulu mikir dia melas banget, dia jadi terbukakan matanya kalo ga ada apa-apanya sama kisahnya abang johan.
Iya, mudik ke solo udah kaya perjalanan mengambil kitab suci buat jonathan, cuman bedanya dia ke timur aja. tapi tetep merubah hidupnya.Di solo dia ketemu sama mba ayuk. temen SMAnya abang juga. tapi yang engga Jonathan ketahui selama ini, ternyata abangnya lagi ldr-an sama mba ayuk.
pantesan si abang ga masalah walaupun dia udah minta ijin cuti kampus tapi ayah salah ijin cuti kecepetan.
selain uwu-in abangnya sendiri yang ga sabar ketemu pacarnya akhirnya, dia juga ketawa ironis ke abangnya. Mbak ayuk ternyata milih kuliah ke solo, ngalah pergi biar abang bisa benerin hubungan temenannya dia sama bang Yudhis.
ternyata abangnya reputasinya ga se mulus yang dia kira dan dia pun juga harus melas banget ngejalanin ldr yang keliatan banget nyiksa dia. (Ibuk sampe heran, kenapa abang makanya banyak tapi ga gemuk-gemuk, kan. Abangnya alesan dia banyak kesibukan, heh. Jonathan udah tahu aslinya sekarang)
Selama dia solo, nginep tempatnya mbah kung, dia bisa jalani hidup yang lebih selaw. jadi dia bisa punya kesempatan buat introspeksi.
Nerimo ing pandumnya mbah kung jadi kerasa punya arti lain lagi. Dengan hidup lebih pelan, lebih sabar dan lebih menerima, kita bisa lihat sisi dan sudut pandang lain dari keadaan. gimana dia bisa lihat lucunya penderitaan dia dan abangnya.
...
bang johan udah tutup telinga ga mau denger diketawain. votes dan komentar ya jangan lupa