johan emang harus ngaku kalo kelemahannya yang pertama tetap adalah adiknya. ayu untuk sekarang masih nomer dua, mungkin memang karena jarak yang memisahkan mereka. dan yang lain urutan selanjutnya, terserah kalo diatas nomer tiga dia udah ga terlalu urutin nomernya.karena adiknya juga selalu memprioritaskannya, nurut banget ke dia. meskipun sekarang nina mulai melesat jadi nomer satu prioritasnya jojo. tapi ga masalah, menurut johan malah karena itu jojo jadi kelemahannya johan.
dia selalu gemas dengan adiknya, jojo tuh bayinya gemesin banget dan mukanya sebenarnya engga berubah sama sekali, makanya tiap liat jojo, johan pasti inget adik kecilnya yang matanya bulet dan ekspresif banget sukanya ngekorin kemana aja johan main.
dan sekarang mata bulat itu punya target yang bakalan selalu tertuju arahnya. seperti besi ke magnet, seperti dua strips velcro, seperti pujangga pada rembulan. johan makin gemes.
jojo sama nina yang dia kira terlalu childish, yang dia kira ga akan lama jadiannya dan kemudian bosen atau bakalan luntur karena fokus mereka yang beda, nina akademis sedangkan jonathan fokus kegiatan non akademisnya.
tapi johan salah besar, sudah seperti simbiosis mutualisme, seiring tumbuh dewasa mereka, keduanya saling menginspirasi jadi lebih baik.
johan tahu, dia menganalisis hubungan adiknya terlalu serius. semua orang yang kenal dia harusnya tahu kalau dia aslinya pemikir yang serius.
menurut johan apa yang sedang dijalani jojo sama nina beneran langka dengan keduanya yang selalu mikir dan liat yang terbaik dari masing-masing, dan selalu pengen yang terbaik juga buat masing-masing.
orang-orang pasti ngiranya karena keduanya naif, tapi lebih dari itu. karena mereka paham betul, menginginkan yang terbaik bagi seseorang susah karena jadi orang baik itu susah.
selalu ada sisi lain yang orang lain bisa intrepertasi beda-beda dari apa yang kita lakukan dan tetep jadi orang baik meskipun dipandang lain, butuh kendali diri yang kuat. ambil dari dia yang udah dua periode jadi ketua bem.
makanya dia diem-diem pun pantau keduanya.
johan tahu kok kenapa jonathan sering ngajakin main nina kalo dia sering suruh jojo mampir ke kampus. supaya nina pun sama-sama familiar dengan lingkungan kampus, dan orang-orangnya.
kalau nina mau masuk kampus johan itu, dipastikan anak-anak senior udah duluan kenal sama nina. adiknya hanan, ceweknya jonathan yang adalah adiknya johan. nina bakal aman karena reputasinya udah terbangun.
makanya dia pun juga udah tanpa diminta mau jagain ceweknya adiknya itu. karena emang ga perlu bohong, nina cantik dan anaknya friendly banget. ga perlu jonathan kenal-kenalin ke orang-orang sebenarnya nina udah bisa bawa diri.
tapi malah jojonya aneh-aneh bawa cewek lain. dia rada kesel juga, karena udah banyak aja temen-temennya yang langsung nanyain 'emang jojo udah putus sama ceweknya yang dulu itu? yang mungil dulu itu?'
'nina? abang kenal nina? mereka masih pacaran tuh. bikin eneg kalo liat. tiap pagi mereka masih mampir dulu buat beli sarapan di warung ramesan perempatan itu loh, buat makan siang bareng'
malah julian yang jawab. johan kaget ternyata mereka beneran temenan, padahal pas dulu jojo bantuin julian, merekanya kaya ga kenal cuma tahu nama karena sekolahnya sama.
'ga usah mikir aneh-aneh lo, punya ide buat gebet nina besok ato gimana karena ga keliatan sama jojo. gue bukan temen lo lagi kalo lo gitu..' johan pun akhirnya ultimatum temen-temennya, yang langsung kicep, karena mereka udah tahu johan selalu serius dengan ultinya dia.
karena gimana pun, dia ga bisa marah ke jojo. mungkin memang temen ceweknya jojo itu juga kenal baik ke nina, jadi nina sebenarnya udah ngijinin. tapi jamie kasih tahu, kalo nina bilang ke ceweknya jamie, dia ngambek ke jojo.