jonathan emang enggak expect buat julian berangkat sekolah hari berikutnya. karena gimanapun juga pas dia lihat kemarin luka-lukanya emang lumayan parah. luka yang enggak keluar darahnya yang emang kemarin bikin keliatan dramatis banget, karena jonathan yakin nanti bakalan biru-biru lebam akhirnya." 'yang ntar aku ga mampir ya. langsung pulang, mau ada perlu.." jonathan bilang pas di kantin. hari ini emang ga ada jadwal ekstra dan biasanya kan jonathan nanti mampir main dulu di rumahnya nina.
nina liatin dia, kemarin emang jonathan juga udah cerita, kejadiannya gimana, jadi ga heran kalo jonathan hari ini mau nerusin misinya dia. "yah.. tukang cuci piring mamahku engga ada.."
"lu keenakan ya, jojon main dianya ngerjain tugas rumah elo.." lisanya komentar denger kalimatnya nina barusan. walaupun aslinya dia tahu nina bercanda aja, dan lisa pun respon bercanda juga. tapi nina tahu ada orang yang liatin dia dan ga anggep kalimatnya nina lucu, engga anggep kalimatnya nina bercanda sama sekali.
tapi ninanya malah makin menjadi. centil banget bilang "asal kalian tahu ya, sebagai gantinya aku yang sediain minum buat jojo, kupasin buah buat jojo-"
"pijitin pundaknya jojo juga ga?" bimanya nyahut.
"engga. tapi suapin buahnya.." nina keliatan polos kalo dia lebar-lebarin matanya gitu, tapi dia emang sengaja sok inosen, apalagi pas dia bilang, "jojo kalo minta pijit entar aku pijitin deh.."
"uhuk" tapi yang malah keselek jonathannya. padahal nina mau denger orang lain yang kegerahan denger dia pamer gitu.
"cantik liat senyummu aja capekku udah hilang"
jonathan bilang gitu. tapi dia sambil berdiri. udah tahu banget kalo temen-temennya bakal lemparin sampah jajanan mereka ke dia, makanya dia mau langsung pergi. karena kebetulan dia udah liat bu mel yang balik dari kantin guru.
...
dia mau ketemu sama bu mel karena menurutnya sebagai teman sekolah, itu hal yang benar buat jonathan lakuin, request konsultasi buat julian.
lagian dia masih rada sebel juga dulu, dia ngerasa dia masih bisa hadapi frustasinya sendiri dan anggep bu mel overreact. dan ngelihat julian, murid yang beneran bermasalah malah enggak segera dapet konsultasi begitu, rasanya dia perlu ngerasa ga adil buat julian.
lagipula walaupun jonathan tetep ngerasa ga perlu bu mel manggil dia dulu, tapi dia harus akui, ada orang yang nunjukin peduli begitu emang lumayan bikin terasa lebih ringan masalahnya.
dan sebagai sama-sama cowo emang dia ngerasa masih ada urusan yang belum selesai sama julian.makanya kalo bisa nanti dia mau ikut bu mel jengukin julian ke rumahnya langsung.
...
"lama banget kaya ga hafal-hafal area sini" johan langsung komentar gitu pas jonathan sampe.
"emang kenapa kalo ga hafal ga niat masuk sini juga"jonathan ngedumel pelan. bikin johan noleh ke dia, mereka kan langsung mau masuk ke kliniknya. "abang juga! ga spesifik nyuruh kemana!" jonathan ngegas, coba tutupin kalimatnya dia sebelumnya.
"..." johan masih cuma liatin adiknya, kayanya masih mikirin kalimat jonathan sebelumnya.
"aku tadi juga nanya-nanya dulu ke arta. terus ini mana juliannya?"
"berarti bener temen sekolahmu.." johan bilang, pas denger langsung bener sebutin nama orangnya.
dia terus ngajak jonathan buat ke ruang perawatan, liat julian yang luka-lukanya masih berusaha dibersihin. luka yang berdarah udah selesai di jahit, dan juliannya kaya nahan diri buat ga tidur, ngelawan bius.