jonathan ga ngelakuin kesalahan pas dia jadi komandan upacara. walaupun dia ketahuan senyumin nina pas nina jadi perwakilan ngambil piala lomba debat kemarin.jadi komandan kan harus keliatan tegas dan berwibawa, ga cengengesan. dia bisa denger pak darto yang bakalan ceramahin dia.
tapi ternyata ada yang ngelakuin kesalahan lebih parah lagi dari jonathan. ada dhika yang pas pasukan kembali ga fokus dan kecepetan pas belok dan bikin formasi berantakan. padahal udah dikit lagi mereka selesai.
"lo kenapa sih dhik? sampe ga fokus gitu??" dhika diomelin sama banyak orang di kantin jonathan baru gabung sama yoga karena dia ke toilet dulu.
mikail yang orangnya ga terlalu kaku ngikutin aturan aja keliatan kesel, padahal dia bukan komandan pasukan kali ini. ya emang sih dia yang di belakangnya dhika dan hampir ditubruk belakangnya pas dhika kecepetan jalan abis haluan dan dia kaget.
"udah-udah. jangan dimarahin terus, kasihan anaknya tambah galau ntar.."bima bilang, kalimatnya aja perhatian, tapi mukanya dia kaya lagi ngejekin.
"iya, dia kan lagi patah hati.."yoga nambahin.
jonathan bingung dong, kenapa dua orang ini tahu kalo dhika lagi patah hati. apa ada sesuatu yang dia lewatin?
"maksudnya?" mikail yang menanyakan pertanyaan semua orang.
"dhika baru tahu kalo ternyata yuna udah punya pacar"
"hah?" jonathannya tambah bingung, bukannya dhika sama yuna sering pulang bareng, mereka ga pacaran aslinya?
"iya kemarin itu jon, paduan suara kan balik ke sekolah dulu, nah si yuna pulangnya di jemput sama orang, padahal dhika udah nawarin.."
ah, jonathan ngelewatin latihan basket sih kemarin.
"'yuna udah dijemput sama kak jamie'" si bima niruin suara cewek lagi.
jonathan antara geli sama bima juga ngerasa konyol sama keadaannya dhika. ngerasa konyol juga sama dirinya sendiri yang baru ngeh sama kehidupan temen-temennya yang lain. dia ga tahu bima diem-diem jadian sama lisa, dan dia ga tahu kalo aslinya dhika ga pacaran sama yuna.
apalagi dhika yang hampir ngalamin hal yang sama dengannya dulu. dia bilang hampir karena bedanya dengan jonathan, nina ga beneran diambil sama cowo lain.
"eh bentar, trus kalo kalian pulang bareng itu..?" mikail tanya lagi
"ya cuman pulang bareng, orang kita tetanggaan," dhikanya jawab, baru kali ini jonathan liat dhika keliatan asem banget mukanya
"dia yang baper.." bima nunjuk ke mukanya dhika.
"terus si pacarnya yuna itu?"
"anak kuliahan, beda blok sama kita. cuman emang katanya jadiannya belum lama ini, semalem gue tanyain.."
"terus lo liat yuna maju terima piala jadi inget?" mikail kali ini nanyanya udah pelan, penuh simpati ke dhika. ngerasa kasihan kayanya.
jonathan inget sih, pas pulang kemarin, ada cowok kuliahan juga yang jalan nganterin yuna ke bus, mikirnya kan emang kenalannya ato abangnya. jonathan ga peduliin, orang dia fokus ke nina sama abangnya.
"ppft.." jonathan dengus lagi. hidup ini memang lucu.
"heh elo. jangan senang melihat temanmu bersedih ya, jojo!" yoga yang bilang, ngutip lagunya joshua oh joshua lagi
"gue jonathan.." jonathan malah makin kenceng ketawanya. karena emang yoga bener, dia ngetawain kesedihannya dhika.
"mentang-mentang lo ada temen patah hati" yoga nunjukin mukanya jojo.