ternyata jalan ninja bucinnya jonathan malah efektif buatnya.johan jengukin adeknya pas udah setengah jalan pelatihan. jojo udah bilang dari awal ga usah sering-sering jenguknya, karena faktanya dia salah satu anak yang keluarganya deket.
tapi jonathan mikirnya ntar kalo keluarganya jengukin terus takutnya bikin yang lain yang dari luar kota envy dan kepikiran rumah terus dan bikin makin homesick.
tapi seminggu sebelumnya, pas jonathan bilang dia kangen sama sambel gorengnya ibuk pas dia telponin keluarganya, johan yang akhirnya nurutin maunya.
ada sambel goreng ati, sambel goreng ikan tengiri, ada rawon, ada juga tongseng. kebanyakan masakan jawa yang emang aslinya ga sering mereka makan sehari-hari, tapi di acara khusus ibuk mereka pasti yang masakin langsung, homemade.
mana banyak, sampai ada yang nanyain kan pas masuk rindamnya. tapi begitu johan sebut nama adeknya, bapak tentaranya langsung ngeh dan ketawa.
"mas abangnya ya? iya emang dia yang makannya paling banyak. pantesan badannya juga gempal banget, latihan fisik ga ada masalah dia.."
johan bersyukur jonathan ga kenapa-napa fisiknya, tapi meski gitu, johan sebagai abangnya tahu betul kalau bukan itu yang bakalan jadi masalah buat adiknya. jojo anaknya pemalu, dan ketemu banyak orang baru dari segala penjuru pasti susah buatnya yang sulit buat terbuka dan nyoba ngajak temenan.
tapi balik lagi, waktu jojo minta abangnya buat bawain makanan, jojo yang sengaja minta buat dibawain lumayan banyak. katanya buat temen-temennya juga.
pas waktu johan akhirnya ketemu jojo, anaknya bawa temen-temennya. temennya jojo malah yang dari timur semua, satu yang dari jawa, karena mungkin jojo bilang kalo ibuk aslinya orang solo.
"jooo.. kamu ga tahu, aku tuh kangen banget sama sambel goreng iwak!"
"jangan dihabisin loh, tapi. aku juga pengen banget soale.."
dan sejak kapan logatnya jadi makin kentel.
"bang.. abang ga lupa kan?"
"hm?"
"yang itu. yang aku spesifik banget minta buat dibawain.."
"jangan bilang kalo abang lupa!"
"..."
"baang"
johan liatin adiknya yang keliatan banget malu-malu, temen-temennya juga liatin dia aneh banget. Johan tanpa berkata-kata keluarin fotonya nina dari dompetnya.
johan cuman simpen itu sementara di dompetnya setelah dia ambil di whiteboard kamar jojo. di simpennya juga di belakang fotonya ayuk juga, jangan salah.
cuman buat transportasi aja. biar ga lecek ato kelipet-lipet.
"hehe.." jojo ambilnya juga langsung dia taruh di telapakan tangannya buat dia taruh di depan mukanya sendiri.
temen-temennya ngerubungi jojo karena penasaran."itu siapa jo?"
"namanya nina"
"Itu pacarmu?"
Jojo ngangguk sambil senyum
"pacarmu artis??"
"..bukan.." jojo keliatan banget nahan supaya senyumannya ga makin lebar, bikin lesung pipinya makin keliatan.
"cantik banget loh serius-"
"udah ga boleh liat!" dia bilang terus tangkupin di meja.
"kirain kamu bohong bilang kalo udah punya pacar.."
"kenapa ga ada yang percaya kamu punya pacar? dan bukannya kamu juga bawa foto nina di dompetmu?"
"dompetku jatuh di kamar mandi pas hari pertama itu. basah semua, fotonya luntur.."
"owalah..." temennya jojo yang dari semarang bilang.
"pantesan kamu kaya melas banget pas itu" temennya yang lain nambahi.
jonathan akhirnya cerita ke johan, kalo salah satu anggota yang cewek ada yang kena baper dia senyumin, dan bikin anggota lain sinis ke dia, karena mikir udah lirik duluan.
bikin seolah cinta segitiga, yang tentu bikin mereka jadi kena masalah karena timnya susah buat solid.
pas awal-awal dulu. kan niatnya mau friendly, eh malah dikira sok ramah. pas dia cerita ke temen-temen kalo dia aslinya udah punya pacar, dan dia ga ada niatan buat lirik anggota cewek, masih ada yang ga percaya.
karena faktanya jonathan anak kota dan dia pasti punya pergaulan yang pasti udah beda levelnya sama yang datang dari luar kota atau luar pulau. dia juga keliatan ganteng dan punya pembawaan yang beda, bikin yang lain mikir kalo jonathan tipikal cowo player.
"abang.."
"hm.."
jojo nganterin abangnya yang mau pulang. dia juga udah mau di foto bareng sama abangnya buat kasih liat ke ibuk sama ayah kalo 'nak lanang' masih sehat dan ga 'gering'
"gimana kalo besok pas abang jenguk, sekalian bawa yang aslinya.."
"what?"
"nina gitu.."
johan dengkusin adiknya. "ga usah bucin deh lo"
"biarin. kan kesihan dia juga pasti kangen.."
"ga yakin.."
"abaaang..~"
"kan udah ada foto itu. itu mau dikasih dimana emang?"
"mau dikasih bawah kasur, kan ntar biar aku tukeran sama jateng. biar aku bisa tidur di kasur bawah.."
"kamu itu nyebutnya jateng, kalsel, papua. inget ga nama aslinya..?"
"iya lah," jojo ga terima, "ya? ya bang ya?"
"ngarang aja kamu tuh, ga boleh kaya gitu. udah ditahan dulu aja, biar kamu fokus juga"
johan tahu kok dipikiran jojo pasti udah mikir, kalo udah dari dulu dia nahan diri. simpenin rasa sayang dan kangen yang dia pikir akan sedikit mereda saat nina menjadi pacarnya. tapi yang ada malah terasa semakin akut dan terkadang meremas kencang hatinya saat tidak bisa berjumpa.
...
Fotonya jojo yang luntur😭
Nak lanang: anak laki-laki
gering: sakit yang bikin langsung keliatan turun bb.
Sambel goreng iwak: sambel goreng ikan tengiri.(iwak dlm bhs jawa bisa jadi ikan/daging ayam)