nina benerin bagian depan kemeja blousenya, cek juga jangan sampai ada noda barang sedikit aja. hembusin nafas pelan selain karena lega penampilannya udah rapi juga buat nenangin jantungnya yang dari tadi deg-degan.ada beberapa siswa lain juga yang menjadi perwakilan buat konferensi internasionalnya, tapi sama seperti nina, mereka kayanya terlalu nervous karena bakal ketemu bapak-ibu menteri dan kemungkinan besar presiden juga buat coba buat basa-basi.
"nina aku gugup banget serius," haikal, perwakilan dari surabaya bilang ke dia. "ntar kalo pas makan aku hoek gimana.. ini aja rasanya kaya udah naik ke tenggorokan.."
"ambil nafas pelan-pelan haikal, oke buang pelan-pelan juga.." nina coba bantuin. dia sebenarnya juga ngasih instruksi ke diri sendiri.
ada salah satu panitia nyuruh mereka buat masuk ke ruang selanjutnya sebelum acara di mulai. mereka tinggal masuk ke ruang besar tempat makan malamnya kalau semua tamu undangan udah sampai.
acaranya semacam gala makan malam jadi tinggal duduk manis dan makan sambil dengerin orang-orang penting gantian ngomong.
"anggap aja ini kesempatan kedua speech kamu di konferensi kemarin. kamu kemarin udah perfect banget kan. second chance for a thing that you already know how it goes, nothing worse is going to happened, right?" nina bilang ke haikal.
kalo apa yang dibilang sama chaperone mereka bener, mereka nanti juga disuruh buat kasih pidato singkat barengan.
"that actually help, thanks.." haikal akhirnya bisa nenangin diri.
pas gitu, ada rombongan yang masuk ruangan buat nunggu acaranya mulai juga.
paskibraka.
...
ini kali pertama nina lihat jonathan setelah beberapa bulan ga ketemu. dan rasanya seperti tiba-tiba nina ada di sebuah padang rumput sejuk di hari yang cerah. hangat matahari menyapu wajah dan tiap nafas akhirnya sanggup mengisi seluruh relung paru-paru.
...
"aku lupa kalo syarat jadi paskibraka harus tinggi.." haikal bilang, saat dia harus liat keatas. sebenarnya karena mereka lagi duduk aja, tapi memang kalau mau perhatiin wajah satu persatu, arah pandangan mereka harus ke atas.
nina setuju, apalagi dia yang harus cari satu persatu satu spesifik orang diantara yang pakai seragam identik. senyum tipis saat ketemu yang dicari.
jonathan keliahatan gagah dengan seragamnya. nina ga bisa lepasin senyumnya, nunduk buat coba supaya senyumannya ga makin lebar.
jonathan juga tambah keliatan manis senyumannya, walaupun dengan muka yang ga lagi cerah. tapi melihat gimana dia benerin pecinya, nina ngerasa begitu bangga sama dia.
gigi kelinci, lesung pipi dan kerutan di hidungnya saat dia ketawa lebar. masih lengkap semua dan nina tiba-tiba ngerasa terharu ngelihat jonathan.
nina keluarin hapenya buat ambil foto candid jonathan. situasinya emang lagi hectic banget, dan jonathan pun sibuk sama anggota pasukan lain, saling ngecek dan benerin.
dia dapet beberapa yang, kebetulan banget bisa pas jonathan full body tapi pas dia lihat samping. dan langsung dia kirim ke abang johan.
"ih, nina," haikal liatin nina kaya mau ngejekin. "kamu, ih. papparazzi.. ih naksir ya.."
untung aja nina ga latah dan ga kelepasan langsung ngangguk.
"engga aku kenal dia," nina jawab sambil senyum, kalo dilihat benar-benar matanya masih ada berair. dia beneran full emotion akhirnya bisa lihat jonathan setelah sekian lama.