jonathan bantuin buat identifikasi siapa aja murid-murid yang cidera dan ikut ke ugd, buat nanti juga kalo klinik ugdnya mau kasih kabar ke orang tua mereka.bener apa yang julian bilang, banyak dari murid-murid itu yang naik motor sport karena dipikirnya mereka ikut geng motor barunya julian. mereka niat buat cari musuh baru buat diajak tawuran.
kebanyakan kena sabet dan jatuh dari motor karena kaget ditendang. kebanyakan juga adek-adek kelasnya yang emang baru pulang kegiatan ekstra.
dia sama yoga bakalan punya pr buat jelasin ke mereka semua apa yang sebenarnya terjadi dan jangan sampai ada yang niat buat bales, karena sama aja itu kasih apa yang penyerang mereka mau.
"trus gimana dengan.." yoga nanyanya ngambang banget, tapi jonathan ngerti apa maksudnya. maya juga kena karena dia kan juga naik motor sport. beneran kasusnya berada di tempat salah di waktu yang salah.
"bokapnya paling bentar lagi datang.."
"oke."
"gaess trus kita pulangnya gimana ini??" bimanya malah panik sendiri, emang tadi ga pikir panjang dan langsung ngikut ambulan aja sih.
"gausah kaya orang susah.." yoga tabok bimanya. ntar kan bisa naik ojol, lagian ini urusannya belum selesai.
yoga tahu si jon pasti bakalan mau nungguin di ugd sampai nanti orang tua yang mau jemput pada datang buat jelasin situasinya.
"gue ntar bakal bantuin jelasin, ini juga karena gue kan.." julian tiba-tiba nongol. dia yang paling parah lukanya karena musuh-musuhnya udah pada tahu mana julian dan langsung geruduk dia, tapi walaupun dia udah bocor luka darahnya kemana-mana dia masih bangun lagi buat bantuin yang lain supaya ga kena keroyok.
"wou.. lo. lo penting istirahat dulu aja, luka lo banyak banget ini.." yoganya liat banyak banget perban di lengannya julian.
"luka luar doang ini.."juliannya santai banget. "gue.. gue kasihan liat adek kelas ikutan kena juga.."
denger itu jonathan noleh ke dia. "lo masih sakit, ga usah dipaksain julian. ini bukan salah lo, mereka yang datang tiba-tiba buat cari masalah. lo udah ga ada urusan lagi kan sama mereka?"
julian rada tercengang juga denger kalimatnya jonathan. dia ngira jonathan nyuekin dia dari tadi cuman liatin hapenya aja. dan mungkin sedikit nyalahin julian aja yang udah bikin kejadian ini terjadi. tapi jonathan malah bilang ini bukan salah julian.
"... um, terakhir kemarin itu pas gue sama jason.."
"berarti emang ga ada urusan kan? lo udah ga ikut tawuran-tawuran lagi kan akhir-akhir ini? ini pure mereka yang mulai mau cari masalah sama sekolah kita."
jonathan bilang gitu kaya udah ketok palu, jadi julian ga perlu debat lagi.
julian rada bingung juga, ini jonathan emosi apa engga aslinya. dia lihat ke yoga sama bima. dan bikin yoga bilang, "mereka tahu lo pindah ke sekolah kita udah lama kan, mungkin emang cari kesempatan buat ngajakin tawuran sekolah kita, karena selama ini sekolah kita kan anteng, ga pernah mau ikut-ikutan tawuran begituan. tapi yang paling penting, kita ga perlu mikir buat bales.. ntar biar langsung lapor polisi aja. dan tenang aja, lo korban kan di sini, lo aman ntar.."
julian liatin yoga sama bima yang kasih dia anggukan, kaya bilang 'gausah khawatir'. dia lihat juga jonathan yang walaupun udah ga liatin dia lagi, dan balik sibuk sama hpnya lagi. julian tahu jonathan engga nyalahin dia dan dia ngerasa berterima kasih sama pengertiannya jonathan itu.
...
"lo kenapa? masih ada yang belum lo info?"
jonathan dari tadi muter buat nanyain info keluarga murid-murid buat ngasih kabar. makanya kan ga heran kalo dia dari tadi sibuk sama hapenya.