satu hal yang terjadi yang unforgettable banget selain tim sma nina menang juara 1 nasional adalah gimana di set ketiga, saat jonathan akhirnya dibolehin masuk, adalah dengan pedenya dia nunjuk ke arah nina di pintu terus tembak bolanya dan dapetin tiga point.katanya tiga point, soalnya nina ga ngeh, dia lebih merhatiin gimana jojo abis itu kasih fly kiss ke arahnya.
nina kaget dong, dan cuman bisa terpaku dan kosong kepalanya.
suaranya bang johan di sebelahnya yang bikin dia sadar, "hmph, kemaki*."
"huh?" dia noleh buat nanya apa artinya, tapi abang johan cuman gelengin kepala.
"lihat gimana dia sekarang jadi target sama tim lawan, bisa ga keluar dari box in mereka.." bang johan bilang sambil silangin tangannya di dada.
temen-temennya jojo awalnya usap-usap kepalanya jojo selain buat selebrasi point pertama jojo setelah dia masuk lagi juga karena ulah tengilnya itu.
tapi karena aksinya itu, jojo berhasil bikin tim lawan ngerasa emosi karena mereka pikir jojo ngeremehin mereka. dan prediksinya bang johan bener. dia langsung di kawal oleh tiga orang sekaligus. meskipun itu juga bikin kesempatan anggota timnya jojo buat nambah skor karena strategi defense mereka jadi ga rapat lagi.
..
.
"gara-gara kamu na," abang johan bilang, pas peliut panjang berbunyi buat nandain kemenangan pertama sma mereka di tingkat nasional.
bang johan terus pergi nyamperin adik tingkatnya yang udah berhasil bikin mimpinya tiga tahun lalu jadi kenyataan.
ninggalin nina yang cuman bisa terpekur karena gambaran jojo yang ngasih flying kiss ke dia ga bisa hilang sama sekali.
.
.
jonathan samperin dia sebentar banget pas sebelum upacara pemberian medali. bilang supaya nina jangan pergi dulu.
dan walaupun nina ngangguk setuju, tapi dia juga harus konfirmasi ke erwin, orang yang setuju buat nganterin nina ke gor....
"kampret banget emang lu jon!" yoga masih ga percaya dengan apa yang jonathan lakuin sebelumnya meskipun medali emas udah tergantung di lehernya.
dengan apa yang dilakukan jonathan, ngelihatin gimana arogannya dia, yang walaupun udah di tackle musuh, tetep ga ngefek dan balik main lagi, dan tengil banget di pertandingan final masih cengengesan dedikasiin tembakan ke pujaan hati, bikin momentum tim mereka berbalik lumayan drastis.
pas jonathan harus kena timeout tadi, emang yang lain bisa nahan lawan, tapi sayang. kemampuan dua tim mereka sama kuat, dan walaupun nunjukin kalau mereka pantes tanding di final nasional tapi esensi pertandingan adalah nentuin siapa juaranya.
jonathan ngelakuin aksinya ngelihatin kalau dia masih tenang dan percaya sama kemampuannya sendiri, sementara tim lawan yang kebawa emosi jadi memperlihatkan kurang solidnya mereka, karena bisa dieksploitasi sama timnya jonathan yang bisa konsisten masukin bola.
"lu bisa berani banget provokasi lawan, pertanyaannya sekarang lo berani ga menghadapi nina?" mikail nanyain pertanyaan yang paling penting.
mereka sekarang masih ada di ruang loker pemain. kalau mereka keluar dari tempat itu, ada anak-anak suporter mereka yang nungguin di luar dan bakalan arak mereka, seenggaknya sampai ke bus sekolah.
teman setim jonathan langsung diem antisipasi jawaban jonathan yang tiba-tiba diem dan keliatan ragu.
"jon!" bima panggil namanya karena dia udah ga sabar denger jawabannya.