julian ga heran pas dia berangkat dan banyak yang liatin dia. kan emang on brand buat dia datang dengan muka bonyok dan bibir sobek. biarin aja yang lain mikirnya julian abis tawuran ato kelahi sama musuhnya.biarin jadi pertanyaan juga kenapa guru-guru engga ngelakuin sesuatu tentang julian, si berandalan. walaupun emang kenakalannya engga disekolah tapi kalo ikut tawuran kan harusnya juga kena skors.
biar pada mikir, kalo yang salah bukan cuman julian aja. sistematik, julian ga ditegur pasti karena bokapnya donasi banyak. biar pada tahu kalo air keruh berawal dari sumbernya.
pas julian mau ke kelasnya dia lihat ada yoga sama bima di lorong kelas. julian tahu kalo yoga sama bima semacam dedengkot anak ips, mereka pasti liatin julian sambil curiga julian bakal bawa masalah karena abis kelahi.
ada jason juga yang pas julian lewatin senyumin miring dia, paling ngetawain julian yang babak belur.
"jase.." tiba-tiba kedengaran suaranya jonathan sapa jason. sejak kapan jonathan ada? mau apa lagi dia?
"julian.." jonat cuman nyapa dia dan lanjut jalan.
kayanya jonathan cuman mau nyariin yoga sama bima. kirain dia mau riweuhin julian. kaya pas kemarin dia datang sama guru bk.
dua kali jonathan datang ke rumahnya julian dan buat apa? mau liatin kacaunya keluarga julian?
ya walaupun lucu sih liat bokapnya kelabakan pas ditanya-tanya sama guru bk
"guru-guru yang lain sudah tahu reputasinya julian, kami sudah mengantisipasi. tapi ananda julian sama sekali belum pernah bolos sekolah, memang ada komplen dari guru, julian yang tidak kembali setelah ijin ke toilet. tapi julian masih tertib berangkat sekolah. pulang sekolah pun di jam yang sesuai. kami tidak pernah dapat surat dari polsek tentang murid kami yang ikut tawuran, jangan heran begitu bapak, sekolah kami berhubungan langsung dengan kantor polsek. makanya saya heran, ini bagaimana nak julian sampai babak belur begini?"
"ya bisa aja dia kabur sebelum polisinya datang-"
"bisa jadi. tapi saya berharap bapak lebih tahu apa yang terjadi dengan putra bapak di luar sekolah. nak julian sudah memperlihatkan perkembangan bahwa dia tertarik dengan kegiatan sekolah, contohnya kemarin ada turnamen, nak julian milih jadi supporter, terlihat juga mengecek ruang musik"
julian ga tahu kalo guru bk bisa setahu ini, dia aja kaget, apalagi bokapnya yang malah ngedengus buat nutupin ga percayanya.
"ini saya bawa ketua osis juga sebagai saksi.."
jonathan mengangguk. iya sih julian kemarin duduk di bangku supporter, tapi bukannya jonat ga terima pas liat ceweknya dia deketin
"saya punya banyak temen juga yang mau bersaksi, kalau julian sering ga langsung pulang buat nontonin latihan klub-klub ekstra.."
"-intinya bapak, sekolah memang menyediakan kegiatan buat mengisi waktu, sebagai distraksi buat anak yang mungkin merasa sendirian di rumah. tapi kembali lagi, keluargalah yang paling penting. dan saya tahu pasti sulit setelah kematian mamanya julian, tapi saya harap anda tidak menghiraukannya begitu saja-"
punya nyali juga guru bk ini buat langsung to the point.
"ibu tidak usah sok tahu, saya memberi anak-anak saya apapun yang mereka minta. tidak usah bawa-bawa istri yang sudah mati.."
"maaf bapak kalo saya melanggar batas-"
"iya memang. kalo sudah selesai urusannya silakan pergi."
"baik terima kasih bapak. sekali lagi saya ingatkan, kadang yang diminta anak bukan cuma materi.."