83

235 9 2
                                    

Siang ini rumah jadi sepi. Mama dan Papa sedang pergi ke acara kantor Papa. Terpaksa aku bergelut di dapur sendirian. Untung masih ada nasi yang tersisa di ricecooker, jadi aku tinggal menyiapkan lauk. Aku membuat cah kangkung dan sambal ikan goreng. Sederhana saja sih, yang penting bisa makan. Lagipula aku tidak begitu lapar. Rasanya masih deg-degan begitu tahu hasil pengumuman olimpiade.

Selesai makan aku langsung naik ke kamar. Rupanya Iran menelefonku beberapa kali. Aku balik menelefonnya.

“Halo, Va....” sapa Iran.

“Halo Ran, sori tadi gue di dapur. Hp gue tinggal di kamar,” jelasku.

“Iya, gak papa, nyantai aja keles. Eh.. gimana ama  Kak Ian?” tanyanya.

“Apanya yang gimana?” tanyaku heran.

“Ya kan tadi kalian ngobrol-ngobrol lagi pas gue pamit pulang. Itu Kak Ian beneran gak papa karena gak lolos?” tanya Iran penasaran.

“Mmm.. iya sih, kayaknya gitu. Gue juga gak mau ungkit-ungkit itu lagi, takutnya dia berubah jadi sedih. Kak Ian bilang mau fokus latihan basket,” jawabku.

“Iya bagus deh kalo gitu, Va. Gue jadi inget kasus kita waktu bingung milih PMR atau olimpiade, hahaha....”

Aku ikut tertawa saat mengingat kejadian lalu. Ya ampun, iya juga ya.

“Eh tapi gue lupa Va, lo inget kan Geo masih ikut PMR?”

“Iya.”

“Nah, kan dia juga ikut olimpiade. Kok bisa ya dia ikut dua-duanya?” tanya Iran heran.

Aku berpikir sejenak. Oh iya ya, kenapa Geo nggak ikutan pusing ya seperti aku dan Iran? Malah dia bisa mengikuti keduanya dengan baik. Buktinya dia masih aktif PMR dan tetap lolos olimpiade kabupaten dan lanjut tingkat provinsi.

“Eh Ran, lo juga jangan lupa, Kak Ian kan juga sama. Tetep aktif basket dan ikut olimpiade, yaah walaupun sekarang balik ke basket lagi karena gak lolos olimpiade,” kataku menambahkan.

“Nah itu juga, kok bisa ya? Apa cuman kita yang gak becus memanajemen waktu?” tanya Iran.

Aku menerawang sejenak.

“Gak tau tuh. Gue juga bingung hahaha. Kok bisa kepikiran sekarang ya, Ran?”

“Hahaha... yaudah gak usah dipikir deh. Tadinya gue cuman penasaran aja, dan lo ternyata mikir yang sama, ya kan?” Iran tertawa sejenak. “Eh Va, gimana persiapan lo buat olimpiade nanti?”

“Hhh... ya paling gue pelajarin lagi contoh-contoh soal sebelumnya. Trus gue mau nyari contoh soal lagi. Yaah perbanyak soal lagi aja kalo gue,” jawabku.

Sejujurnya aku juga masih bingung. Sudah tidak berkomunikasi lagi dengan Kak Aris, terus aku belajar sama siapa dong?

“Lo gak belajar bareng Geo?” tanya Iran, “Kali aja kalian bisa saling diskusi bahas soal, trus maybe dia punya lebih banyak materi. Gue liat Geo aktif juga tuh anaknya.”

“Ngg... gue gak enak aja ama Lita,” sahutku jujur.

“Lah? Emang kenapa ama Lita?”

“Yaaa lo kan tau dia lagi pedekate ama Geo. Gak enaklah kalo gue belajar bareng Geo, apalagi cuman berdua.”

“Ya ampun Va.. Va... gak mungkinlah Lita mikir kayak gitu. Lagian kalian cuman belajar, bukannya ngapa-ngapain. Semua juga tau lo udah jadian ama Kak Ian, dan Geo pedekate ama Lita. Jangan mikir negatif gitu lah....” Iran hanya terkekeh mendengar alasanku.

Aku diam sejenak. “Tapi tetap aja gak enak, Ran. Masa belajar berduaan doang?”

“Yaelah Va... segitu amat? Emang lo ada rasa ama Geo?”

Aku menggeleng cepat, meskipun Iran tidak melihatnya.

“Ya enggaklah. Gak mungkin gue naksir gebetan temen gue sendiri.”

Iran malah tertawa. “Yaudah ngapain takut? Lita juga ngerti kelesss, kalian butuh persiapan buat olimpiade. Lo kan tau Lita bukan orang yang childish, yang apa-apa bisa cepet salah paham dan ngambek.”

Aku hanya mengangkat bahu. Benar juga sih saran Iran. Lagian aku pacar Kak Ian, dan semua juga tahu. Jadi kenapa harus nggak enakan ya?

“Atau gini aja deh Va, tiap bidang kan ada koordinatornya...”

“Lo inget kan gue gak ngomong lagi ama Kak Aris? Dan Geo juga berusaha biar gue gak dekat-dekat lagi ama Kak Aris,” potongku putus asa.

“Duh nih anak, budayain deh dengerin gue selesai ngomong. Maksud gue, guru koordinator gitu loh. Kayak gue kan ada Pak Ahmad, nah lo bisa hubungin deh tuh guru koordinator untuk bidang komputer. Gue lupa siapa koordinator lo. Kok kayak gak pernah turun tangan ya? Nyantai banget sih. Kita aja nih yang anak kimia sering koordinasi loh ama Pak Ahmad.”

Aku mengingat-ingat. Kalau nggak salah sih koordinator bidang komputer adalah Pak Ihsan, tapi entahlah, nongol di sekolah saja beliau jarang. Wajar jika selama ini selalu Kak Aris yang membimbing. Duh, jadi kepikiran Kak Aris lagi kan kalo begini? Kami sudah tidak berkomunikasi lagi, bahkan Kak Aris terlihat jelas selalu menghindar jika akan berpapasan denganku. Mungkin dia sudah tidak berminat lagi ingin tahu kenapa aku menghindarinya, dan akhirnya dia ikut menghindariku. Jadi sedih mengingat hal ini. Padahal selama ini Kak Aris selalu baik padaku. Aku juga jadi teringat hadiah pulpen darinya saat aku lolos olimpiade ke kabupaten. Kali ini tidak ada hadiah.

“Va,  yaudah deh, nanti dilanjut lagi ya. Gue pengen istirahat dulu sebelum nanti mulai belajar lagi. Inget saran gue, yaaah ini juga masukan dari Kak Tama ama Kak Imran sih. Mending belajar bareng, diskusi, bahas soal. Itu bakalan lebih gampang jadinya, sekalian lo pahami di mana letak kekurangan lo, usahain buat perdalam lagi di bagian itu biar kekurangan bisa diminimalisir. Okey?”

“Iya... tengkyu ya Iran,” sahutku mengangguk.

“Sama-sama, Va. Bye.....”

Klik. Sambungan telefon diputus. Aku diam beberapa saat, merenungi pembicaraanku dengan Iran. Ada benarnya juga sih kata Iran, tapi bagaimana caranya aku bilang kepada Geo untuk belajar bareng?

***

Cinta Datang TerlambatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang