142. Shalat Jamak

234 39 5
                                    

Isnain, 2019, 16 December

Tentang Shalat Jamak

Pada tahu kan, bahwa shalat Jamak adalah 2 waktu shalat yg digabung ketika kita sedang melakukan Safar alias perjalanan jauh.

2 waktu itu adalah Zuhur dengan Ashar, dan Maghrib dengan Isya. Subuh tidak bisa dijamak. Dan selain itu tidak bisa dijamak.

Ada Jamak di awal, ada jamak di akhir. Ada juga Jamak qashar yaitu mempersingkat gabungan. Zuhur+Ashar = 2+2 dan Maghrib+Isya = 3+2

Shalat jamak adalah RUKSHAH atau KERINGANAN yg diberikan Allah buat kita. Sayangnya, banyak yg Salah paham tentang ini.

Ngga sekali dua kali ya gw menemukan temen gw yg keheranan ketika gw Jamak shalat. Padahal gw bisa aja melaksanakan dua waktu shalat tsb.

"Kok Jamak, Tehun? Kan ashar bisa shalat?"
"Kok Jamak, Teh? Kan ngga ke mana2?"
Biasanya pertanyaannya begini.

Dulu, gw termasuk yg nanya2 aneh gitu. Kan lagi ga dalam perjalanan naik bus, kereta, pesawat, kapal laut... Gitu kan ya? Jadi, NGAPAIN JAMAK WOY? MALES SOLAT LU YAAA?

😆😆😆
Sabar, jangan ngegas 😂

Alhamdulillaah ngaji2 hehe... Ini yg gw syukuri bwanget. Dari ngaji2 alhamdulillaah Allah kasih paham, bahwa shalat bisa dijamak, bahwa shalat boleh ditangguhkan, bahwa shalat boleh diakhirkan waktunya. Tapi tentu dengan berbagai macam kondisi ya. Kalau lagi nonton drama Korea, ga boleh ngentar2in shalat. Eeeaaa drakor lagi ae yg kena wkwkk gw sih ga nonton 😂 tapi gw pernah lah paham gimana NANGGUNG nya ketika nonton eh masuk waktu shalat 😆😂👌😂

So, kalau sudah bisa Jamak... Maka Jamak lah. Meski kalian di situ2 aja ketika masuk tiap waktu shalat. Karena Allah yg kasih Kita KERINGANAN. Masa sih kita tolak2?

Kata Ustadzah begitu.

"Allah kasih kita diskon, masa ga kita ambil? Sombong dong kita?"

WADOOOH DIKATA SOMBONG 😭😭😭

Gw mengalami kok, ada Ustadzah yg dari Bandung, ceramah di Jakarta. Ga ikut Asharan karena udah Jamak pas Zuhur tadi. Ustadz dari Jogja juga gitu. Pas dari Jakarta ke Puncak buat rihlah, juga gitu. Asatidz itu gw perhatikan ya jamak. Padahal ga ke mana2, di situ2 kan... Atau bisa melipir ke Masjid kok tiap waktu shalat. Tapi Jamak.

Jadi, setiap kali gw diketawain orang lain hanya karena gw shalat jamak padahal lagi ga ke mana2 di Safar gw itu... Gw bersyukur gw mengaji dan dikasih paham Ilmu Allah :) jadi gw ngga ngegas.

Mereka ngetawain gw yg pilih ambil rukshah... Gw bisa aja ngetawain mereka yg belum paham ketentuan n manfaat Jamak. Tapi ngapain lah wkwkk toh gw dulu juga heran lihat orang dari luar Kota pas di Jakarta kok Jamak sih padahal stay di rumah aja ga jenjalan keliling Jakarta gitu misalnya.

Sama juga, ketika gw lagi perjalanan jauh (dalam kendaraan) sementara sedang Ramadhan, gw memilih untuk tidak puasa, misalnya, karena ngga sahur, ngga kuat, ngga sanggup... Dan Ada beberapa orang yg bermuka aneh pas tahu hal itu. Padahal, Allah kasih boleh lho untuk tidak puasa terlebih dengan udzur syari. Lantas, kenapa harus dicemooh? Apakah kita merasa lebih Hebat karena Berpuasa saat berkendara sedangkan orang lain ngga puasa? Ngga ngerti akutuh 😭 ternyata bener ya... Kasih 70 udzur buat saudara2mu agar kamu terhindar dari suuzhan.

Skrg mulai belajar tawadhu... Tidak Merendahkan orang lain. Terus berdoa semoga always Allah kasih paham. Kita maybe belajar di deket2 rumah aja, gapapa, yg penting Allah kasih kita ilmu yg bermanfaat, bukan buat ngehujat, bukan buat debat. Udah lebih dari cukup itu tuh ;)

Terus belajar ya. Kalau Allah kasih keringanan; ambil!
Atau kalau orang lain ambil keringanan yg Allah tawarkan, ya jangan diketawain.

Yg senangnya ngetawain kondisi orang lain tuh cuma setan dan kawan2 :)

Allaahumma inni as aluka 'ilman naafian 🌼

Allaahumma inni as aluka 'ilman naafian 🌼

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
CLUETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang