Jakarta, 23 Januari 2020
[ Harta Haram itu Merusak ]
Bismillaah...
Gw mau menyimpan pelajaran (yg menurut gw) penting ketika gw trip ke Singapore+Malaysia beberapa hari yang lalu.Jadi gini, gw n Teh Rina n Reni kan stay di Singapore itu di hostel backpackeran ya. Cari hostel yg terjangkau kantong dan ternyata dapet breakfast berupa roti and selai dll...
Sehari sebelum ke Malaysia, sarapan roti kan terus sok pinter nih dengan Pemikiran: "Heeeyy, gimana kalau kita ambil beberapa lembar roti buat snack di jalan otewe Malaysia?" Wkwkwkk
Jadi, pagi itu kami sarapan roti dan kemudian beres2 ya sebab Siang ini kudu check out. Pagi kelar beres2, barang2 kita titip dulu di resepsionis hostel, then kami jalan2 n balik sekitar jelang Maghrib buat ambil barang tadi, lalu lanjut perjalanan darat Singapore menuju Malaysia by bus malem.
Roti2 yg tadi pagi dibungkus, kami bawa. Pikir buat di jalan, tanpa sadar bahwa ini jadi Harta Haram. Selain roti2 hostel itu, kami punya roti juga ya, lengkap dengan selai kacang <<< yg ini emang dikasih sama Tante di Woodlands. Roti selai kacang ini adalah harta Halal kami 😹
Qadarullaah ya, 8 lembar roti haram dan 3 lembar roti halal itu ga dimakan sama sekali pas otewe SG ke MY. Alhamdulillaah kami kenyang dengan nasi briyani plus murtabak 😂 perut Aman ya kan... Alhamdulillaah perjalanan dari jelang Maghrib di Singapore, berakhir pada jelang Subuh di Malaysia. Wah beneran dah, jangan urusan sama imigrasi ketiga weekend ya wkwkwk rameee bosqu.
Nah, kelar shalat Subuh, mulai deh lapar melanda...
Kami duduk bertiga di satu meja, ngeluarin makanan. Gw makan nasi briyani yg lebihan makan kemarin sore, Reni makan 2 roti yg kami bawa dari hostel, Teh Rina ga makan apa2. Duh, Teh Rina ini kuat banget soal nahan makan 😣😆
Sekitar jam 9, ketika money changer udah buka, kami nukerin uang ke Ringgit Malaysia, biar bisa beli makan di Terminal Sentral TBS itu lah. Mampir ke warung Nasi Kandar n makan roti cane yg harganya cuma goceng kalau dirupiahin tapi enak banget bosquuu wkwkwk
Sekitar jam 10an apa ya... Kelar makan deh. Trus mau Cari Cara ke hostel di MY kan. Nah, gw baru sadar: "Teh, tadi roti kan ditaro di troli ya? Ga dibawa masuk?"
Karena troli kan ga boleh masuk, jadi ditinggal di luar. Ternyata udah diberesin orang. Roti yg ketinggalan, raib semua. 6 potong roti dari hostel plus 3 potong roti dari Tante.
"Wah iya, Tehun. Ga keangkut. Ilang ya?" kata Teh Rina. "Gw ngga ngeuh."
Terus gw terdiam. "Hmm, ya udah, ngga rezeki."
Tadinya, mikir sesimpel itu. Tapi kemudian kepikiran lagi: "Kayaknya mah emang rotinya ngga berkah ya, Teh," kata gw, "itu kan roti hostel buat breakfast, kita bawa2. Maybe itu bukan hak kita. Haram tuh, makanya hilang, biar kita ngga makan."
Trus, kami istighfar 😭😭😭
"Sampe yg halal juga ikutan hilang jadinya," kata gw Mengingat 3 potong roti dari Tante.
"Aduh, gw tadi makan roti hostel itu. Gimana dong?!" kata Reni.
Trus kami istighfar lagi 😭😭😭
"Lo makan berapa, Ren?" || "Dua." || "Roti dari Tante yg hilang 3. Berarti kita rugi satu roti halal gegara ngambil yg bukan hak kita..."
Trus kami istighfar lagi 😭😭😭
Tobaaattt dah tobat! Alhamdulillaah itu roti ketinggalan di troli kemudian hilang, jadi ga termakan. Singkatnya, Allah tuh Jagain kami biar ga masuk harta Haram 😭
Trus gw inget DOA ini dong : Allaahummak finii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.
Minta banget ke Rabbul'aalamiin, agar dicukupkan oleh yg Halal, biar terhindar dari yg Haram.
Maha Baik Allah ya, ga bikin kami KELAPERAN jadi ga menyantap roti yg kami ambil dari hostel yg adalah bukan hak kami 😭 gw merasa disayang banget sama Allah pokoknya... Karena gw kan tipe orang laperan, makanya gw bawa aja roti dari hostel karena mikir; ah gapapa, ini roti kan disediakan buat Tamu.
Iya, wey, buat Tamu, tapi selama di hostel aja n emang buat sarapan. Bukan buat bekel!
MaasyaaAllah tabaarakAllaah...
Ga ngerti lagi gw sih, penjagaan Allah tuh luar biasa. Semoga Allah ampuni kekhilafan kami terutama gw yg udah sok pintar ngaku2 itu roti halal to take out 😣😣Usaha banget untuk ngga curang apalagi ke Allah :( sok pintar... Astaghfirullaah wa atubu ilayh...
Keingetan sama kajian Ust. Nuzul:
"Anda tricky ke Allah, maka Allah akan HABISI ANDA!"😭😭😭 AMPUN YAA RABB, AMPUN... 😭😭😭
Yaa Rabb, Mohon selalu cukupkan kami atas yg Halal, dan jauhkan kami dari yg Haram. Allaahumma aamiin yaa Mujiibassaailiin 💖
KAMU SEDANG MEMBACA
CLUE
Non-FictionWhatsoever, just write! Coretan dari Facebook yang disalin ke sini. Isinya cuma pemikiran sederhana plus penggiringan opini yang kemudian jadi penyemangat. Dulu dibiasain nulis pemikiran gitu haha sekarang alhamdulillaah sudah ada wadahnya yg lebih...