89. Permudah Urusan Orang Lain

376 44 1
                                    

12

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

12.12.18

[ MEMBANTU ORANG LAIN ]

Seringnya, kita memahami...

Bahwa Membantu Orang Lain adalah bersedekah kepadanya. Membantu tanpa menghadap kembali apa-apa.

Udah, ngasih aja.

Misal, sedekah ke anak yatim, ke fakir miskin, ke warga yang terkena bencana, atau yang korban pertikaian seperti Suriah atau Palestina.

Itu BAIK banget kok. Perintah2 tentang sedekah ini banyak banget bisa ditemuin di mana2. Dan ajakan2nya selalu bisa diterima nalar dan logika. Dengan keimanan, tentu aja.

"Siapa yang bersedekah, Allah ganti 10x lipat."

Wuih, sekali sedekah 10rb, kita ngarepnya diganti 100rb. Right?

Kalau aku sih gitu. Ngga tahu kalau kamu hehe.

Tapi, sayangnya, kita lupa untuk melihat hal lain yang lebih urgent, yaitu MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN ORANG LAIN.

Dalam hal ini, katakan lah Memberi Pinjaman.
Apa aja. Bisa uang, makanan, barang2... Yang jelas yang digunakan di jalan Allah.

Kalau sedekah, biasanya kita gampang tuh Karena yakin Allah akan ganti.

Tapi soal minjemin duit? HALAH, GALAK! Apalagi kalau ketemunya sama orang yang dipinjemin tapi ga tahu terima kasih, gitu ya?

Being like; EH LO UDAH GW PINJEMIN. SOPAN SIKIT LAH KE GW.

Atau... Gw sampe ngga makan nih minjemin lo duit. KAPAN BALIKINNYA?

Haduh. Haduh...

HADUH.

Bisa jadi karena kita kurang paham, bahwa memberi Pinjaman itu pahalanya lebih besar daripada sedekah loh. Delapan belas kali lipat, SAMPE DIKEMBALIIN.

YOI!

Misal 1juta, dia Janji tanggal 10 balikinnya, selama nunggu sampe tgl 10, kita kayak sedekah tuh setiap Hari. Dengan nilai yang sama. Umpama dari tgl 1, wah tgl 1 2 3... Sampe 10, kita dapet 1juta X 18 setiap harinya.

Mantep ngga?
MANTUL!

Tapi, seringnya kita risau. Takut ngga dikembaliin, takut ditipu, takut dibego2in. Takut lah. Namanya uang; "ga ada sodaranya" huhu sedih banget.

Beda dengan seumpama kita sedekah ya?

Bukan berarti sedekah itu buruk atau ga usah dikerjain ya, bukaaaannn. Sedekah is good, tapi lihat dulu sekeliling kita. Ada yang perlu dibantu ngga? Terutama tetangga.

Ngebantu tetangga ini syiar Islam yang paling baik loh. Daripada kita nyinyir2 ya 😂 misal dia belum pake jilbab, atau belum shalat, atau belum ngaji. (Catat: Bukan berarti kita merasa baik, tapi ngajak orang pada kebaikan itu pahalanya luar biasa)

CLUETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang