Kawah Ratu Bogor 1994-Misteri Dibalik Evakuasi 3 Siswi

210 12 0
                                    

Seperti yang pernah gw kisahkan sebelumnya pikiran gw bener bener dah keracunan udara gunung. Edan hampir tiap minggu pasti gw naik. Kalo gak salak ya gede bahkan kadang kadang di pinggiran danau UI kalo mentog banget gak punya duit ha ha ha.. Adah kemadatan banget kata orang jaman dulumah. Kadang bawa duit seadanya aja.yang penting cukup buat ongkos..Logistik mah yang penting ada beras ma bumbu dapur plus gula merah kita pasti nekat berangkat. Pokoknya jangan ditanya gimana kreatifnya kita dalam menyikapi berbagai kekurangan yang ada. Masih jelas dalam ingatan gw. Gak ada nesting kadang pake kaleng biskuit. Gak bisa beli spirtus atau parapin bawa minyak tanah.

Atau kalo males bawa itu semua mungutin plastik dimana aja rendem minyak tanah sedikit lalu bakar diatas tumpukan kayu susun persegi. Pokoknya istilah tiada itu inipun jadi benar benar terkondisikan dengan baik selama dilapangan. Emang sih dari dulu kita hobinya menggunakan teknik ugal ugalan mungkin sekarang dikenal dengan nama Ultra light. Ho ho ho Extreem malah. Sebab kita benar benar menggunakan otak dan keterampilan yang kita miliki, Kita gak terlalu mempermasalahkan alat yang penting poncho ma golok selalu ada dalam genggaman itu dah cukup untuk menjelajah hutan.

Kadang kita main andel andelan. Ah paling sianu bawa panci, bawa ini, bawa itu gak taunya pas dah dilokasi yang dibawa golok doangan.. Hadahh.. Kalo dah gini ada aja akal kita untuk mengatasi keadaan, Masak air misalnya. Iya bijimane caranya kalo gak ada panci atau nesting bang, Ja elah gitu aja bingung.. Dulu kita biasa pakai botol air mineral untuk memasak air. Kok bisa.?? Meleleh dong bang. Ya kagaklah. Caranya. Isi air sampai penuh. Tutup rapat. Bolongin tutupnya selobang jarum atau gak usah juga gak papa lalu bakar diatas api, Posisi botol harus tegak berdiri yah. Dijamin mendidih tuh aer, Akh masa sih bang. Coba aja kalo gak percaya. Aer panas botolnya utuh kagak meletot.

Kalo gak ada botol plastik bang.? Yaa pake kantong plastik bening. Caranya.?? Sama ma botol plastik. Andai semua gak ada bang.? Cari bambu, Dibelah 2 bisa atau dipotong pangkal pangkalnya lapisain tanah basah yang lengket isi air terus bakar. Jangan lupa bersihin dulu dalemnya. Baik yang menggunakan pangkal maupun dibelah 2 dua duanya sama yaitu lapisin tanah bawahnya. Khusus untuk yang dibelah 2 bikinin dudukan lalu taruh bambu diatas api. Jadi deh panci alami. He he he asik asik anak jaman dulu mah. Selama ada golok ditangan urusan pasti lancar lancar aja.

Terus kalo masak nasi gimana bang.? Nah kalo ada bambu lebih gampang, Potong bambu diatas pangkalnya agak jauh, bersihin dalemnya isi beras dengan sedikit air lalu tutup rapat dengan dedaunan. Ikat dengan tali yang kita kelet dari kulit bambu pada ujungnya, Jika gak ada bambu ya pake botol plastik. Caranya piye bang. ?? Isi beras sampe setengah botol atau lebh sedikit, isi air sampe penuh. Tutup rapat. Saat tutup botolnya melejit alias mental dijamin nasi dah mo mateng. Jangan sampe kering yah aernya.. Kalo kering bahaya. Kalo gak ada botol ya pakai kantong plastik. isi kira kira 1/3 kapasitas plastik. Isi air sampai penuh. Ikat yang kuat. Gali lobang.

Alasi dasarnya dengan dedaunan. Tutupi dengan daun lalu timbun tipis dengan tanah. Bakar api ditasnya. Kira kira 50 menit dijamin lontong siap saji. Kalo gak ada plastik, botol ma bambu. Pake daon lah. Lihat lihat daunnya beracun apa enggak. Caranya sama dengan mengunakan plastik. Kalo gak ada semuanya bang. Ya mending turun dari pada modar.. Gitu aja kok repot. he he he he. Pokoknya kita dulu gak pernah kehabisan akal. Ada aja cara kita untuk mengatasi masalah dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada. Hasil emang gak selalu sempurna tapi prosesnya yang membuat kita paham,

Kadang kalo mau minum yang seger seger. Begonia atau arbei hutan kita pretelin campur sama gula putih lalu rebus. Beuhhh seger banget rasanya. Masa sih bang.? Yah elo kagak percaya. Cobain gidah.. Dijamin muanteb segernya. Gak cuma itu sih sebenernya. Masih buanyak kreatifitas kita dialam bebas yang tanpa sengaja membuat kita semakin dewasa didalam setiap pendakian. Oke kita balik lagi ke hatinya dia yang kucinta eh maksud gw pokok cerita. Lagi bang ilmunya kentang nih. Sabar masih banyak cerita yang harus gw selipin ilmu beginian. Saat itu entah bulan hari dan jamnya. Gw lupa sumpah gw lupa. Kita berempat ( Gw, baeng, anank dan edros ) jalan lagi ke kawah ratu.

Kumpulan Cerita Horor NyataTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang