1997 bisa dibilang tahun emas gw. Karena ditahun ini lumayan ngedet rezeki gw. Dikit dikit cair, jadi bisa jalan jalan kemana tempat yang gw mau. Pendakian ini kira kira sebulan sebelum gw naik Lawu atau pasnya lagi liburan sekolah anak SMA dan gw baru kelar ujian akhir semester.. Bloom liburan semester pastinya.
Gegara liat temen baru balik dari Slamet eh mendadak gw ngiler denger cerita dia.. Temen sekampung udah gitu masih SMA.. Hadehh gondrong gw bisa mengkeret nih.. He he he.. masa kalah ma anak SMA.. Abis cerita dia nyeletuk.. Bang Tungz ente dah pernah naek Slamet Bloom.. he he he he.. Gw cuma bisa cengar cengir. Dia melongo.. Secara gitu.. Dia kan taunya gw senior.. Pasti udahlah pikiran dia.. Padahal beloom.. He he he..
Bis ngalor ngidul ngomongin Slamet ternyata VCD Player yang gua jual siangnya laku.. Jadi nih.. Berangkat kata gw.. Kebetulan dikamar gw ada anak STM yang juga hobi naek.. Gw bilang ma dia.. Peking sono.. Kita jalan ke Slamet Skarang.. Gw gak punya duit bang.. Udeh peking sono kan lu gw ajak.. Santai aja masalah dokat mah.. Tegal Arum jalan jam 3 ntar. Buruan yak.. Oke bang kata dia. ( rumah alm nenek gw emang BC nya anak anak muda jaman baheula ) Pamit ma nenek gw langsung cabs..
Up-Cikini masih 600. Cikini-Senen juga masih 500. Senen-Tegal 5000 perak. Tegal arum bentuknya juga masih kaya kereta Sukabumi jaman dulu.( Padat Merapat ) Setelah berlayar kurang lebih 6 jam akhirnya kita tiba di St tegal jam 9 malem. Lagi kusut ditarik tarik tukang becak eh gw ketemu tukang yang dulunya bangun rumah bokap.( emang nasip mujur ) Setelah percakapan singkat akhirnya dia kasih tips kalo kita gak usah ke terminal Tegal tapi jalan kaki aja kira kira satu kilo ke jalan propinsi, disana mobil jurusan Pemalang 24 jam non stop.
Bener aja. jalan kurang lebih 1 Km kita ketemu jalan propinsi. Tegal-Pemalang seceng ( 1000 ) Pemalang-karang Reja 1500, Karang Reja-Pratin 750 perak. Pratin-Bambangan gratis BM mobil truk ke atas. Sampe BC bambangan pagi. Kira kira jam 9 nan. Pos Jaga sunyi senyap. Warga sekitar juga cuek-cuek aja. Cuma bilang kalo mao naik naik aja mas tapi hati hati yah. Ya udah abis chek n richek semua kelengkapan dan logistik gw langsung cus merayap disekitar perkebunan penduduk. Bawang-kentang-cabe dan jenis sayur mayur lainnya menghampar luas sepanjang mata. Sempet ditanya gw sama warga sekitar.. Dalemme pundi mas.. Gw jawab Solo pak.. Ha ha ha diajak ngomong Jawa ngah ngoh gw nya.. Alias kedekeran.. Maksud saya ibu saya yang Solo pak.. Saya mah dah kelahiran jakarta. Owhh.. Gitu yah katanya.. Sambil berlalu dan senyam senyum. he he he.. Ngaku-ngaku Solo diajak bahasa Kromo cuma bisa bengong..
Kurang lebih 20-30 menit kita melayari perkebunan penduduk kita tiba di Pos payung. Batas ladang dengan hutan ( sebelah kirinya ada sungai besar tapi airnya kecil ( gak cocok banget tuh kali, bodi gede airnya secuil he he he he ) Setelah memenuhi cadangan botol botol kosong kita melangkah lagi. Punggungan pertama langsung menghujam ulu dengkul.. Walaupun sebelum memasuki gerbang Lawang ( Dua Pohon besar yang berdampingan ) Kondisi jalur sudah mulai lumayan. Variasi kemiringan yang kembali menggigit 2 pasang kaki membuat kita sampai di Pos IV sekitar pukul 3 sorean. Kurang lebih 2-3 jam kita bertarung melawan letih didalam rimba Slamet yang sunyi dan sepi.
Di pos IV kita buka logistik, ngupi, ngudud dan masak mie Instan pake kornet dan telor.. Pada kemana nih orang.. Kok dari tadi kita gak nemu orang yah. Iya bang sepi bener nih gunung... Kayanya cuma kita berdua aja nih yang naek bang... Masih mending bedua ama elo daripada sama hantu.. Yah mendingan sama ratu bang.. Dah cantik banyak duit lagi.. he he he.. Btw ni pos adem bener sih.. Hmm curiga gw.. Apaan sih namanya. Gak ada namanya bang cuma ditulis Pos IV doangan.. Udah akh jangan lama lama disini bulu kuduk gw sering jingkrik sendiri. ( gak taunya tuh pos namanya Samarantu Pos yang paling beken di eranya ) he he he.. Kita cuek aja. Orang beloom ada yang tau. Taunya pas dibawah lagi ngobrol-ngobrol sama penduduk ) ha hay.. Untung gak sama hantu betulan..
Abis bebenah kita bergerak lagi. Gak sampe satu jam menembus punggungan terjal kita tiba diareal yang agak terbuka dan ada gubug seng disana. Cukup besar mungkin bisa menampung 10 sampai 20 pendaki. Gak pake lama kita langsung banting keril. Kebetulan disini kita ketemu 2 orang penduduk lokal yang sedang mencari bahan jamu. Kebiasaan anak IISIP kalo liat orang pasti jadi Nara Sumber.. he he he.. Tanya jawab singkat akhirnya kita dapet literatur tambahan.. Ini namanya Pos V dan disebelah kiri kearah lembah ada sumber mata air alami yang baik. Disini juga biasanya para pendaki ngebase untuk kemudian melakukan Summit Attack ke esokkan harinya. Perfect Informations..
Senja merayap menjadi malam. Situasi sunyi dibalik gelapnya rimba menambah dingin situasi. Tak ada manusia satupun kecuali kami berdua. Sebenarnya gak ada yang special dalam pendakian perdana gw ke Slamet. Knapa..? Satu gw naek sama anak STM yang gak banyak omongnya.. ( beda ma panjoel yang bikin ulah melulu.) Dua ni anak gak trlalu akrab sama gw jadi kaya junior ma senior yang kaku.. Kebanyakan iyanya daripada diskusi ataupun becanda becanda ringan ala pendakian. ( gw suruh kencing bari jinjit juga bakal di iyain ma nih anak.. he he he )
Walaupun agak senyap namun pendakian perdana ini penting untuk gw abadikan didalam tulisan. Okelah forget that. Malam itu entah jam berapa ( males liat jam ) diluar gubung rame banget. Kayanya ada sekitar 10 orang atau lebih yang baru datang. Tanpa basa basi mereka masuk ke gubug dan langsung mendirikan tenda. Lagian ngapain juga basa basi orang nih pos bukan punya gw. Kecuali ada tulisan ni pos bikinan Mbah gw barudah mereka kudu ijin dulu ma gue.. he he he.
Situasi yang anyes sunyi kini berubah ramai. Canda tawa dalam logat ngapak yang kental bikin gaduh suasana. Karena ngantuk gw cuek aja dan lanjut lagi merajut mimpi yang sebenarnya kaga mimpi. ( gimana sih katanya mimpi, ya elah basa basi doang biar gak sepi ni tulisan ) Pagipun datang.. Dengan Pdnya gw keluar tenda.. Niatnya mau ngobrol ma yang baru datang semalem.. What kosong melompong pada kemane nih..?? Owh rupanya mereka niat ngejar Sun Rise.. He he he ya udahlah.. Si jawir juga dah bangun.. Tanpa bsa basi gw berdua langsung siap siapin losgistik. Masak aer, bikin ngupi dan sarapan nasi uduk plus teri jengki yang menggoda iman. Selesai ritual makan. Kita berdua bergerak. Daypack yang penuh cemilan serta gula merah tak lupa dalam gendongan.
Kalo gak salah jam 9 kita baru bergerak muncak. Ditengah jalan kita bertemu dengan rombongan semalem. Dengan logat ngapaknya mereka menyapa kami berdua. Sedikit basa basi tentang kondisi jalur kami bergerak lagi. Jalur tanah berdebu mulai berganti bebatuan yang semakin terjal. Lebih kurang 40 menit berjibaku dengan jalur maka kami tiba di batas Vegetasi. Sebuah areal terbuka yang terkenal dengan nama pelawangan. Dari sini kita bisa melihat jalur puncak Slamet yang seksi dan menggoda. Sambil menikmati Djarum super.. Gw mengamati jalur yang sekilas mirip Kerinci. Orientasi medan lalu membuat marka pada sejumlah titik yang dianggap mudah terlihat dari arah balik kita bergerak lagi.
"Jangan pernah menganggap remeh kondisi medan. Sejelas apapun itu, karena kecelakaan kerap terjadi akibat meremehkan hal hal kecil dan sepele didalam pendakian."
Langkah pasti yang terukir didalam bulatnya tekad membuat medan terjal ini bisa kita lalui dengan baik. Kira kira 30-40 menit kemudian kita tiba pada daerah yang menyerupai benteng . Karena baru pertama kali maka gw rajin banget ngiketin pita yang memang selalu gw bawa didalam pendakian. Diareal Benteng Gunung nyantai dulu sejenak, memastikan marka lalu lanjut mlipir ke arah kanan, menuju titik tertinggi daratan yang kita jumpai. Alhamdulilah puncak Slamet 3428 MDPL telah berhasil kita jejaki. Nampak dibibir kawah beberapa pendaki sedang menikmati areal itu. Setelah prosesi jeprat jepret untuk mengabadikan moment kita turun ke arah kawah dan terus menyusurinya hingga ujung paling kiri. Disana terdapat monument batu yang disusun rapih.
Disini kita duduk santai sambil menikmati semua cemilan yang dibawa sebagai bekal muncak. Puncak tertinggi Slamet memang gak seberapa besar tetapi areal puncak yang meliputi daerah lembah puncak pada bibir kawah sangatlah besar, gak kalah besar dengan Semeru. Gunung Slamet sebagai pusat Pulau Jawa berdiri megah dari utara hingga selatan. Selain sebagai gunung terbesar gunung ini adalah titik tertinggi di Jawa Tengah.
Cuaca cerah dan bersahabat membuat kita betah berlama lama diareal ini. Kompor gas dengan misting yang gw bawa untuk ngupi kita gelar disini. Gunung Super yang dinikmati bersama sebatang Djarum Super membuat pendakian ini menjadi super sekali.. ( Iklan banget sih lo ) hhe he he..
Setelah Ritual doa dan ucapan puji sukur terhadap Sang Pemilik Alam maka kita bergerak kembali kepos V. Puncak Slamet yang sunyi sepi dalam balutan keindahan telah menjadi saksi atas kehadiran kami.. Terima kasih Slamet next Chapter kita akan berjumpa lagi didalam kisah mistik Slamet yang takkan terlupa seumur hidup. ( Kisah nyata Slamet : Nenek bermata satu dengan tanduk dan pedang ular. Anjrit horor bener nih kejadian)
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerita Horor Nyata
HorrorBerisi kisah-kisah nyata para pendaki dan kisah horor lainnya