Finland

154 1 0
                                    

Setelah melewati minggu-minggu UAS selama 5-8 hari, akhirnya selesai juga! Gue bukan orang yang pinter-pinter banget, tapi seenggaknya gue tipe orang yang mau berusaha. Jadi gue pasti belajar kalo mau ujian. "Kalo mau ujian" doang HAHA. IPK gue lumayan lah, gak terlalu tinggi, tapi masih di atas cumlaude, 3,53. Dikit lah ya, masih aman hahaha.

Fakultas gue baik, ngasih waktu hampir tiga bulan sebelum masuk ke semester baru. Nah, sesuai rencana gue dan papi sebelumnya, liburan ini gue manfaatin sama papi buat liburan ke Finlandia dan negara Schengen lainnya. Pengennya sih ke Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swiss, tapi gak tau ya waktunya cukup buat kemana aja nantinya wkwk. Kita gak cuma berdua, tapi ajak beberapa ART kita sama keponakan papi yang umurnya gak beda jauh sama gue. Jadi gue gak kesepian. Kita berangkat berenam. Gue, papi, Arinda sepupu dari keluarga papi, Mba Yayah, Mba Dini, dan Mas Tara sebagai asisten papi. Mas Tara ini masih muda, ya agak jauh di atas gue sih, tapi paling masih 30-an lebih lah, gak sampe 40. Dia suka ikut papi kemana-mana, kecuali acara keluarga. Cuma untuk saat ini, biar papi ada yang nemenin, gak cowok sendirian, jadi doi ikut.

Papi asli Malang, tapi tinggal di Jakarta dari kecil. Keluarganya banyak di Malang, cuma beberapa di Jakarta. Mami juga sama, tapi lebih banyak di Finland, termasuk kakek nenek gue. Sebelum ini, kita pernah beberapa kali ke Finland, tapi semenjak mami meninggal 4 tahun lalu, gue sama papi belum pernah ke sana lagi. Jadi ini pertama kalinya sejak kepergian mami kita ke Finland lagi. Kuburan Mami juga di Jakarta, makanya gak ada motivasi lain selain bersilaturahmi aja sama keluarga mami di sana.

Liburan keluar negeri gini buat kita udah jadi hal yang biasa aja sih karena lumayan sering, tapi gue suka karena setiap liburan keluar negeri, papi ngasih gue kesempatan untuk mengatur semua persiapan dan aktivitas selama di sana, termasuk nginep di mana dan makan apa aja. Gue jadi merasa bisa lebih memiliki tanggung jawab atas liburan ini daripada cuma ngikut-ngikut aja hehe.

Enaknya adalah nanti kita menginap di rumah keluarga mami, yaitu rumahnya kakek nenek gue. Jadi uang untuk akomodasi bisa dialokasikan ke yang lain. FYI, mereka itu dulu kerja di Kedutaan Besar Finlandia di Indonesia. Nenek dan kakek gue kerja satu kantor. Bedanya nenek gue emang orang Indo, kakek gue asli orang Finlandia. Makanya ketika mereka nikah, langsung dibawa ke Finland dan lahir lah mami gue di sana. Semoga mereka di sana nanti masih inget bahasa Indonesia ya haha, atau minimal bahasa Inggris lah. Gue bener-bener lupa sama Finnish.

Papi udah kontak nenek sama kakek gue di Finland, gue biasa panggil mereka grandma dan grandpa. They couldn't be happy more! Udah disiapin semua akomodasi dan transportasi sama mereka ketika nanti kita di sana. Mereka gak mau kalo gue sama papa cuma 2 minggu, maunya sampe sebulan haha. Soalnya emang sejarang itu kan kita ke sana. Meskipun udah gak ada mami, tapi kekeluargaan kita harus tetap terjaga. Sayangnya kita udah pesen tiket pesawat PP 2 minggu, tapi gampang lah nanti bisa reschedule.

Kita berangkat di hari Sabtu, minggu keempat liburan gue. Udah bosen banget gue sebulan di rumah gak ngapa-ngapain, cuma ngurus visa doang. Kalo lagi libur gak boleh kemana-mana sama papi. Mau ajak temen ke rumah juga mereka punya agenda masing-masing. Gak biasa juga gue sejak SMA bawa temen ke rumah karena bukan temen deket, terutama rumah gue juga lumayan jauh dari sekolah atau kampus.

Hari H kita berangkat, papi titip rumah ke keluarganya Arinda yang di Jakarta juga karena kemungkinan kita di sana 3 minggu sampe sebulan kalo gak dibolehin pulang sama grandma dan grandpa haha. Gue sendiri bawa 1 koper 24" 1 carry bag, dan tas LV buat taro barang-barang penting. Papa sih cuma 1 koper doang haha. Emang ribet ya cewek satu ini~

Kita udah kabarin grandma sebelum take off. Indonesia ke Finlandia tepatnya ke Helsinki itu 26 jam dan 2x transit. Ini yang bikin kita mager banget ke Finland, bukan karena gak ada uang atau gak ada waktu, tapi mager perjalanan jauh 26 jam bahkan bisa lebih sesuai maskapai. Belum lagi jet lag pas di sana. Kalo cuma bentar pas di sananya emang cuma buang-buang waktu sih, jadi mending sekalian lama. Kalo pas sama mami emang sampe sebulan, tapi sekarang gak ada mami juga papi canggung kalo kelamaan.

Crush with BenefitsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang