Dua hari lagi gue berangkat, liatin Kala dan Axel adalah rutinas wajib gue sejak sebulan yang lalu. Mandangin apa yang mereka lakukan, gerak gerik mereka jadi satu hal yang ingin gue rekam dengan jelas diingatan gue sebelum gue pergi.
"Yang, aku mau ke Kamar mandi loh. Kenapa diikutin?" Tanya kala.
Gue kadang tanpa sadar ikutin kala sampe kamar mandi kayak barusan. Gue juga kadang enggak sengaja ikut turun saat anterin kala koas. Astaga.
Gue udah seminggu ini berenti kerja, Axel sepenuhnya gue rawat bareng mama dan mbak yoora selagi kalanya koas, baby sitternya Axel sengaja diliburkan.
"Kan udah ada mbak disini, udah ga usah pake baby sitter lagi" seru mbak yoora ke gue dan kala.
"Jangan mbak, mbak kan ada nami yang diurusin. Kala enggak mau repotin mama sama mbak yoo. Biarin aja acel diurusin mbaknya disaat kala koas mbak" balas kala.
"Nami udah gampang diurusnya kal"
"Mbak, anak usia kek nami gitu butuh waktu banyak dari mbak. Jadi biarin Acel diurusin mbaknya. Toh mbak sama mama juga bisa ikut bantu ngurusin Acelkan" kini giliran gue ngomong. Kalo gue biarin kala ngomong sendiri bareng mbak yoora adanya kala bakal ngalahan dan bisa-bisa mecat baby sitternya.
Bukan karena gue enggak mau Axel diurusin mbak yoora dan mama tapi gue enggak enak sama mereka, kala juga pasti begitu. Dan yang paling penting kala bakal lebih capek. Sepulang kerja langsung urusin Axel itu yang gue harus pikirin. Setidaknya ada baby sitter yang bantu dia.
"Mamanya Baekhyun bekalin kamu sambel, katanya simpan di freezer pas mau makan diangetin" seru Mama tiba-tiba. Gue pindahan ini harus bawa dua koper. Koper besar isi buku dan baju gue sedang satu koper sedang lagi isinya makanan yang dibekali mama. Mie instan lah, padahal disana juga bisa beli mie instan. Bahan-bahan dapur, sarden, serta sambel-sambel dari mama-mama geng komplek. Katanya Jongin dia juga dibekali sambal yang sama saat pindah ke belanda setahun yang lalu.
Dan dua hari terakhir ini kala lebih sering diam. Ternyata bukan cuma gue yang suka diam-diam liatin dia, adanya dia juga begitu. Jadinya kita bisa saling-saling diam sambil lihat-lihatan satu sama lain. Dan berakhir gue mendekat lalu peluk kala erat dan kalapun nangis.
"Udah sayang, jangan nangis gitu dong" gue nepuk punggung kala pelan. Bukan berenti dia malah tambah nangis sesegukan.
"Kamu berangkatnya bisa diundur bulan depan aja- ga? Aku enggak siap. Aku enggak mau ditinggal kamu dulu" katanya sambil memperat pelukannya ke gue.
Disaat itu mama tiba-tiba masuk bawa Axel kekamar, karena posisi gue hadap pintu alhasil gue langsung tatap tatapan sama mama.
"Kala nangis?" Tanya mama tanpa suara, semua orangpun tahu kala lagi nangis saat ini saat dari cara dia meluk gue, suara isakannya, serta tubuhnya yang bergetar.
Gue ngangguk kearah mama, "acel tidur dikamar mama aja ya" kata mama lagi masih tanpa suara, dan tanpa nunggu jawaban gue mama mundur dan nutup pintu kamar membiarkan gue dan kala habisin waktu gue berdua.
Lalu tiba-tiba nangis lebih kenceng. "Sayang, udah ah nangisnya jangan kenceng-kenceng. Didenger Acel ntar kasian dia jadi ikut nangis"
"Aku ga bisa bayangin, kamu mulai lusa ga bareng aku sama acel lagi. Mulai lusa aku tidur sendirian. Mulai lusa aku ke rs sendirian" katanya.
Gue kembali nepuk-nepuk punggung kala.
"Sabar ya sayang. Kan setahun lagi kamu bakal nyusulin aku kesana sama Acel. Kita bisa sama-sama lagi"
Kala akhirnya kecapekan, dia ngelepas pelukannya dan duduk di sofa. Guepun ngikutin dia duduk disana.
Kala cuma diam, sesekali masih kedengeran suara tangisnya tapi enggak se kencang tadi. Guepun narik tubuh dia agar bisa tiduran di pangkuan gue.
KAMU SEDANG MEMBACA
We got Married! ; Chanyeol [Telah Terbit]
Fanfiction(SUDAH TERBIT) Bisa didapatkan di Gramedia Seluruh Indonesia & Toko Buku kesayangan Anda ❤️ #1 in Fanfiction - 22 September 2017 #1 in Fanfiction - 30 Januari 2018 #1 in Fanfiction - 31 Maret 2018 #1 in Fanfiction - 20 April 2018 #1 in Fanfiction...