Lyria tertidur begitu dia selesai mandi. Peri memberinya gaun yang lebih longgar sehingga kain tidak akan memberikan lebih banyak tekanan pada luka-luka di kulitnya. Tentu saja, sebelum itu, peri telah rajin membungkus bahu Lyria dengan kain bersih. Setelah itu, mata Lyria menjadi berat. Begitu dia mencapai tempat tidur, kelopak matanya langsung menutup.
Ketika Lyria membuka matanya lagi, peri-peri sudah pergi, dan hari sudah gelap. Ada lilin yang menyala redup di beberapa bagian ruangan, tetapi ruangan tetap masih gelap.
Lyria tersentak kesakitan saat dia mencoba untuk duduk. Rasa sakit datang dari bahu dan perut bagian bawahnya. Dia mendorong dirinya untuk berdiri. Batu-batu yang hancur masih ada di kamarnya, serta lubang menganga besar yang dulunya adalah pintu ruangan. Dia menavigasi kakinya melewati batu-batu itu dengan hati-hati. Ketika dia mencapai meja batu dangkal, dia mengambil lilin dan berjalan ke kolam tempat dia mandi.
Melihat cahaya lilin Lyria berkedip-kedip dalam kegelapan, salah satu peri duyung mendekati Lyria. Cahayanya adalah rona ungu. Warna yang indah, Lyria merenung pada dirinya sendiri.
Lyria segera mengangkat jari telunjuknya ke mulut. Peri duyung pun mengangguk mengerti untuk tidak berisik, sembari terus menatap Lyria.
Putri Tollyria berjalan ke keranjang penuh ramuan obat yang dibawa oleh Anthony. Dia ingat ada kain bersih di sana. Jemarinya mengobrak-abrik keranjang dengan kelembutan yang disengaja. Dia tidak ingin membangunkan para peri lainnya.
Dengan bantuan cahaya lilin, dia akhirnya menemukan bundel kain bersih yang tersisa. Dia mengeluarkan kain itu dari keranjang, lalu duduk di tepi batu kolam, mencelupkan kakinya ke dalam air. Setelah itu, ia letakkan lilin dengan hati-hati di sebelahnya.
Peri duyung mengulurkan tangan padanya. Dia memancarkan cahaya hangat untuk menaikkan suhu air pada malam yang dingin itu, menjaga Lyria tetap hangat. Lyria berterima kasih atas gerakan kecil itu.
Kemudian Lyria menarik roknya, memperlihatkan paha putih susunya. Ada seberkas darah mengular di bagian dalam paha. Peri duyung tersentak saat melihat darah.
"Shh," Lyria memperingati peri itu lagi. "Aku sedang datang bulan," bisiknya kepada peri. Tidak butuh waktu lama bagi peri untuk mengerti.
Lyria sedang mengalami menstruasi bulanannya.
Lyria mencuci paha dan kakinya dengan air bersih. Peri itu membantu dengan menyihir darah di atas air untuk menghilang sehingga tidak menarik ikan atau makhluk kolam lainnya. Setelah Lyria menyeka kakinya dengan bersih, dia mengenakan kain bersih di dalam pakaian dalamnya.
Kain itu lembab dan tidak nyaman, tapi untungnya, dia tidak berdarah banyak. Dia tidak pernah berdarah deras dan dia tidak pernah mengalami hari wanitanya lebih lama dari tiga hari sejak dia berusia lima belas tahun. Ini adalah fakta yang beruntung, mengingat situasinya sekarang. Sungguh lucu bahwa terlepas dari keadaannya, tubuhnya masih punya waktu untuk melakukan siklus kesuburan alaminya.
"Dan mereka mengatakan menjadi seorang gadis itu mudah," bisiknya lagi kepada peri. Tiba-tiba, dia mendengar sedikit suara gemuruh dari atas. Dinding batu bergetar sedikit.
Awalnya, dia mengira itu adalah gempa bumi. Tapi kemudian dia melihat peri itu terlihat suram. Kata-kata Cecil melonjak di benaknya saat itu, 'Terowongan terbesar dari ruang tahta. Ambil dua belokan kanan dan Anda akan menemukan tangga. Naiklah ke atas. Kau akan menemukan Yang Mulia di sana." Dan suara itu datang dari atas gua.
Apakah itu Arkan?
Memikirkan naga hitam itu, Lyria mulai khawatir. Luka Arkan tidak sedikit dan tidaklah kecil. Mereka cukup mengerikan dan Lyria hanya bisa membayangkan rasa sakit yang luar biasa yang pasti dia rasakan karena luka-luka itu. Rasa bersalah menghantam dirinya lagi.
Salah satu luka fatal Arkan adalah perbuatan Lyria sendiri. Kalau saja Lyria tidak melukainya, apakah dia akan menang melawan Gyro lebih awal dan lebih mudah?
Jika Lyria tidak lari darinya, Arkan mungkin tidak harus melawan Gyro sejak awal. Namun jika Lyria tidak lari, lalu apa?
Apakah dia akan tinggal di gua selama yang Arkan mau? Apakah Lyria harus menyerahkan diri pada keinginan Arkan dan menganggap gua penjara ini sebagai surga?
Meski Lyria diperlakukan dengan baik... Apakah sikap baik mereka membenarkan apa yang telah dilakukan Arkan terhadap Lyria sejak awal? Lyria tidak akan lupa bahwa Arkan adalah seorang penculik di hutan ini. Sementara Lyria adalah seorang Putri Tollyria, dengan rakyatnya sendiri dan krisis negerinya sendiri.
Lyria tidak, dan dia mengulangi dalam pikirannya, dia tidak akan menjadi gadis yang justru akan terpesona oleh hutan ini dan para makhluk di dalamnya.
Namun saat dia berpikir begitu, pikirannya tidak bisa menghapus perasaan bersalah. Perasaan itu selalu ada jauh di dalam dirinya dan memohon untuk dikeluarkan. Saat Lyria menghela nafas, tangannya menyentuh keranjang penuh ramuan obat.
Mungkin Arkan adalah seorang penculik bagi Lyria saat itu, dan Lyria adalah tawanannya. Tapi itu tidak berarti situasi Lyria harus tetap seperti ini selamanya. Dan meskipun dia tidak akan membenarkan penculikan meski perbuatan baik dan perhatian mereka pada Lyria, Lyria masih bisa melakukan satu hal.
Dia bisa menawar jalan keluar.
Pasti ada alasan mengapa Arkan menculiknya. Jika dia bisa mengetahui alasan itu, dia mungkin bisa membuat kesepakatan dengan Arkan. Plus, dia juga harus mencari tahu mereka ini sebenarnya apa. Setiap rahasia yang bisa dia temukan akan membantu membeli kebebasannya.
"Orang sering salah paham bahwa seseorang harus menawar hanya untuk keuntungan sepihak saja," Scarlett, yang terkenal dikenal sebagai Sang Penggoda di antara para putri Tollyria, pernah berkata, "Tawar-menawar sebenarnya adalah tindakan untuk mencapai jalan tengah. Ini melibatkan mengamati dan mendengarkan. Ini melibatkan membangun kepercayaan."
Sebagai mantan pendamping wanita di masa mudanya, Scarlett memiliki wajah yang sangat jelita. Dia memiliki rambut merah yang tebal, bibir merah, dan mata hijau bulat. Dia juga seorang shapeshifter.
Ketika Lyria bertanya kepada ayahnya mengapa dia mengadopsi Scarlett, ayahnya mengatakan bahwa Scarlett memiliki hadiah lain. Putri berambut merah itu memiliki bakat alami untuk memikat orang. Dulu Scarlett harus menggunakan pesonanya untuk bertahan hidup, kemudian dia menggunakan pesonanya untuk membantu Tollyria memenangkan penawaran yang menguntungkan.
Aku merindukanmu, Scarlett.
Lyria menarik kakinya dari air. Dia meringus akan rasa sakit yang tiba-tiba muncul di bahunya. Dia lupa bahwa dia masih terluka dan setiap gerakan harus dilakukan perlahan.
Kemudian Lyria membawa keranjang di salah satu lengannya dan melangkah keluar dari ruang mandi. Tidak lupa mengucapkan selamat malam kepada peri duyung yang telah menemaninya.
Malam itu, sebuah nyala api yang kecil menjentikkan kehidupan di dalam dirinya.
Dan dia sangat ingin menjaga nyala api ini tetap hidup dalam dirinya.
–Bersambung–
Next?
KAMU SEDANG MEMBACA
The Dawnless Saga
FantasyEmpat gadis terperangkap dalam kegelapan mereka masing-masing ketika iblis datang ke dunia. Satu adalah seorang Tuan Putri yang gagal, yang lemah, yang tidak bisa memimpin rakyatnya. Satu adalah seorang Pembunuh Merah dengan kecantikan luar bia...