Peti mati itu telah kembali.
Di belakang Vanished, Duncan memandang tanpa ekspresi ke arah kotak kayu cantik yang tergeletak diam di hadapannya. Tetesan air di tepian yang bocor di samping kakinya menegaskan bahwa dia tidak sedang bermimpi – dia benar-benar melemparkan benda sialan itu ke laut belum lama ini.
Situasi aneh seperti itu sudah cukup membuat siapa pun merinding, namun entah kenapa suasana hati Duncan saat ini lebih tenang dari yang ia bayangkan.
Mungkin karena sudah berada di kapal hantu yang menakutkan, atau karena dia baru saja mengalami perjalanan ke dunia roh yang mendebarkan dan tabrakan dengan kapal uap, atau mungkin karena Goathead yang tampak jahat selama beberapa hari. Terlepas dari itu, Duncan tampaknya telah mengembangkan kekebalan terhadap fenomena supernatural aneh di dunia ini.
Faktanya, saat terakhir kali dia melemparkan boneka terkutuk ini ke laut, dia samar-samar menebak bahwa segalanya tidak akan berakhir begitu saja.
Dia menundukkan kepalanya, tidak mengherankan jika menyadari bahwa paku dan rantai besinya telah hilang, lalu menggunakan ujung pisau bajak lautnya untuk membuka tutupnya lagi.
Boneka gothik cantik itu masih tergeletak dengan tenang di tengah lapisan beludru merah, tangan terlipat, indah, dan anggun.
Namun kali ini Duncan dengan jelas memperhatikan bahwa di sudut-sudut rok sisi lain sepertinya ada bekas basah oleh laut dengan samar-samar bau laut dari dalam peti mati.
Hingga saat ini, boneka aneh ini tampaknya tidak memiliki perilaku yang menyimpang atau berbahaya kecuali bolak-balik, tetapi pergi dan kembali saja sudah cukup untuk menghubungkannya dengan apa yang mereka sebut sebagai barang terkutuk.
Duncan memperhatikan boneka itu beberapa saat lagi, lalu tiba-tiba memecah kesunyian dengan seringai: “Tiba-tiba aku ingin memuaskan rasa penasaranku ….”
Ketika kata-katanya berakhir, dia berbalik dan berjalan ke pintu masuk kabin tidak jauh dari situ dan meninggalkan boneka itu sendirian di dek.
Meskipun dia mewaspadai boneka itu dan tidak ingin meninggalkan pihak lain di sisinya, namun Duncan yakin bahwa banyak makhluk hidup di kapal akan cukup untuk menghadapi apapun yang mungkin timbul.
Dan dia memiliki beberapa persiapan yang harus dilakukan selama ini.
Duncan melintasi bagian belakang geladak, membuka pintu kayu menuju ke geladak bawah, melangkah ke tangga kayu yang entah berapa umurnya, dan sampai ke kabin di bawah geladak, yang merupakan bagian dari kabin atas tempat meriam berada, tong mesiu, dan bola besi ditempatkan.
Saat dia mengalihkan pandangannya ke hal-hal yang sekilas tampak cukup tua, sebuah ide tiba-tiba muncul di benaknya.
Bisakah meriam ini mengisi ulang dirinya juga dan menembak kapan pun dia menginginkannya?
Bagaimana dengan tangki air tawar di kapal? Apakah mereka juga mengisi ulang sendiri?
Bagaimana dengan tempat yang rusak selama pertempuran? Apakah mereka juga memperbaiki diri? Atau lebih tepatnya … apakah kapal ini memiliki konsep kerusakan?
Pertanyaan-pertanyaan itu keluar satu per satu, tapi dia tidak bisa memikirkan penjelasan untuk satu pun pertanyaan itu.
Duncan tahu betul bahwa dia hanya tahu sedikit tentang kapal itu. Meskipun dia telah menjelajahinya sampai batas tertentu selama beberapa hari terakhir, dia hanya memiliki pemahaman umum tentang suprastrukturnya. Daerah yang lebih dalam itu terlalu menakutkan dan mengancam untuk dijelajahi dengan waktu terbatas yang dimilikinya.
Tapi sekarang, kemungkinan-kemungkinan itu membangkitkan rasa penasarannya ke tingkat yang baru.
Ini adalah kapalnya, dan dia pantas mengetahui tentang Vanished.
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasíaPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...