Diiringi serangkaian suara aneh, figur mesin jam itu benar-benar menegang dan berhenti seperti mesin berkarat tanpa jiwa. Hampir pada saat yang tepat itu, Lucretia, yang berada di kabin terdekat, menyadari ketidaknormalan ciptaannya dan menjadi khawatir.
Tanpa menunda, pintu terbanting terbuka dan tumpukan kertas beterbangan keluar dari ruangan. Kertas itu akhirnya sampai ke boneka mesin jam dan berubah menjadi wujud Penyihir Laut.
"Luni?" Lucretia membungkuk dan mengambil kunci, lalu memasangnya kembali ke boneka jamnya. Kemudian setelah memutarnya dengan cepat, dia bertanya: "Apa yang terjadi?"
Serangkaian suara engkol terputus-putus terdengar dari tubuh Luni, dan setelah beberapa saat, beberapa bagian tubuhnya akhirnya kembali berfungsi. "Master Tua ... sedang mencarimu ...." Boneka itu menjawab dengan suara yang sangat tidak selaras dari dadanya.
Dengan suara kluk, Lucretia menjatuhkan kunci pemutar karena terkejut.
Luni menoleh mengikuti asal suara, secara naluriah mencoba memasukkan kembali kunci namun sia-sia karena anggota tubuhnya kembali menegang.
Kulit Lucretia berubah pucat pasi setelah mendengar kata Master Tua. Dia benar-benar kacau, tetapi dia masih cukup pintar untuk menenangkan diri setelah mendengar kegagalan Luni. Sambil gemetar, dia memeluk boneka itu untuk menekan pikiran kacau dan bergumam: "Luni, mode siaga."
Boneka mesin itu perlahan menutup matanya: "Perintah diterima, Luni masuk ke mode siaga."
Beberapa menit kemudian, jauh di dalam kabin Bright Star, Lucretia sedang sibuk di meja kerja di dalam ruangan yang terang benderang ini.
Laboratorium ini dapat dievaluasi sebagai lengkap dan canggih bahkan menurut standar kantor pusat Akademi Kebenaran. Laboratorium ini dilengkapi dengan perangkat mekanis rumit dan pipa bertekanan yang digunakan untuk memberi daya pada berbagai peralatan. Orang bahkan dapat melihat rune ajaib, wadah kristal, dan reaktor yang berkilauan dengan cahaya di antara mesin-mesin yang tak terhitung jumlahnya. Saat ini, lebih dari selusin boneka otomatis sedang mengurus peralatan ini, memungkinkan Lucretia untuk fokus pada pekerjaan di depannya.
Saat ini, Luni sedang berbaring dengan tenang di meja kerja besar di depan Sang Penyihir Laut, dibongkar untuk diperbaiki.
"Perbaiki ...?" Dari dada Luni terdengar suara yang agak sumbang.
"Jangan khawatir. Alat transmisi tiba-tiba macet, menyebabkan sebagian bantalannya melengkung." Lucretia menyibukkan diri tanpa mengangkat kepalanya, "Butuh banyak waktu untuk memperbaiki area itu, tetapi perbaikannya sendiri mudah. Jantungmu tidak rusak."
Luni perlahan memutar matanya ke samping untuk melihat hati yang ditempatkan di tengah meja kerja.
Bola kuningan itu mengambang indah, terbuat dari potongan-potongan logam rumit yang tak terhitung jumlahnya yang disatukan. Dari waktu ke waktu, permukaannya akan berubah posisi untuk memperlihatkan struktur bagian dalamnya, dan jika diperhatikan dari sudut yang tepat, orang bahkan dapat melihat ukiran rune mengilap yang berputar-putar di sekitar benda kecil di bagian tengahnya.
Yah, menyebutnya benda kecil itu berlebihan. Itu sebenarnya jari, jari yang sangat ramping dan rapuh. Kira-kira seukuran balita yang dibuat dengan rumit oleh seorang dalang seabad yang lalu.
Itulah inti sebenarnya dari boneka mesin yang dikenal sebagai Luni, hakikat sebenarnya - bukti terakhir bahwa boneka yang lahir seratus tahun lalu masih ada di dunia ini.
Lucretia memperhatikan tatapan Luni dan mengikutinya, menyebabkan tangannya ikut berhenti.
Setelah beberapa saat, dia kembali bekerja dan berbicara seolah tanpa maksud: "Aku mengubahmu menjadi seperti ini. Apakah kau pernah membenciku?"
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasyPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...