Bab 40: Pendaratan

3 2 0
                                    

Vanna terbangun setelah mimpi buruk dan kacau malam itu. Matahari masih bersinar, dan Sang Pencipta Dunia terus bersinar dengan cahaya putih pucatnya melalui ambang jendela, membuat malam itu tampak damai dan tenteram.

Kendati demikian, Vanna tak dapat menyingkirkan gambaran mengerikan itu dari benaknya – sebuah kapal besar yang melolong dengan jeritan memilukan dari orang-orang terkutuk sambil ingin menghancurkan Pland dengan kehadirannya yang berapi-api.

Pada saat yang sama ketika kapal itu turun, dia juga melihat matahari yang menyala-nyala terbit dari kedalaman kota – bukan matahari terikat rune yang dikenal dunia – tetapi benda langit berupa bintang yang digambarkan oleh para penganut bidat matahari yang bersembunyi di selokan.

Selama mimpi api penyucian itu, Gereja Badai tetap tak bergerak di satu sisi sambil menyaksikan malapetaka merenggut rumahnya. Tak ada petunjuk yang datang bagi para pengikutnya, hanya lonceng dan doa yang tak berarti yang tak terjawab ….

Vanna diam-diam bangkit dari tempat tidur dan menghampiri jendela dengan mengenakan piyamanya. Ia menatap ke bawah ke bangunan-bangunan kota dan tidak melihat apa pun selain ketenangan dan ketenteraman untuk malam ini. Namun, kegelisahan dan kejengkelan itu semakin bertambah karena ia tahu itu tidak benar.

Beberapa saat kemudian, sang inkuisitor muda itu mengalihkan pandangannya dan menghampiri lemari. Di dalam salah satu laci terdapat belati ritual melengkung yang melambangkan Dewi Badai.

Pandangan Vanna tertuju pada bilah pedang itu selama beberapa detik lagi hingga ia tak dapat menahannya lagi. Pertama-tama ia memotong garis kecil di ujung jarinya, lalu membiarkan setetes darah menetes ke depan sebelum melantunkan nama Dewi Badai untuk meminta petunjuk.

Namun, entah mengapa, dia hanya mendengar beberapa gelombang ilusi menderu di telinganya. Induksi psikis yang dapat dia manfaatkan dengan mudah di masa lalu tidak menjawabnya hari ini. Seolah-olah tirai besar yang tak terlihat tiba-tiba memisahkannya dari Dewi Badai.

Alis Vanna berkerut sedikit karena ketidaksesuaian ini.

Gangguan hubungan antara orang beriman dan dewa jarang terjadi tetapi bukan hal yang tidak pernah terjadi karena hubungan antara subruang dan dunia nyata merupakan keseimbangan yang rumit. Namun, dewi badai Gemona … seharusnya menjadi satu-satunya pengecualian karena Boundless Sea.

Ini adalah salah satu alasan mengapa Gereja Badai bisa menjadi agama terkuat di dunia ini.

Apakah masalahnya ada padaku?

Vanna tentu saja mulai meragukan keadaannya sendiri, tetapi ketika dia melihat ujung jarinya, luka yang telah dia potong sudah sembuh. Ini membuktikan bahwa berkat yang dia dapatkan dari Dewi Badai masih ada.

Pasti ada hubungan antara mimpiku dengan kegagalanku mendengar suara dewi.

Sebuah kapal hantu terbakar dengan api hijau … kapal hantu ….

Pikiran Vanna dengan cepat mengingat dan membandingkan ilmu gaib yang pernah dikuasainya, lalu tatapan matanya tiba-tiba menjadi serius.

Dia bukanlah seorang ahli di bidang navigasi laut dan hanya sedikit mengetahui mitos-mitos takhayul yang beredar di kalangan pelaut yang percaya takhayul. Namun, bahkan dalam teks-teks gereja ortodoks, ada kapal hantu yang menempati tempat khusus.

Itu adalah kapal yang membawa malapetaka yang kembali dari subruang, dan kaptennya adalah pria menakutkan yang menyebabkan tiga belas pulau Wetherland ditelan oleh runtuhnya perbatasan seabad yang lalu, Duncan the Vanished.

Vanna buru-buru bangkit dari meja rias dan ingin memastikan kecurigaannya, tetapi kemudian ia ingat bahwa waktu sudah larut dan arsip katedral tidak mau dibuka untuk siapa pun di malam hari.

Dan dari sudut pandang keamanan, sebaiknya dia tidak membahas detail mimpinya dengan orang lain hanya beberapa jam setelah kejadiannya. Lagi pula, hanya itu yang dibutuhkan untuk menciptakan koneksi dengan Kapten Duncan dan memberinya kesempatan untuk kembali dari subruang.

Cara yang paling konsisten dan aman adalah menunggu dengan sabar. Begitu matahari terbit dan kembali mendominasi dunia, hubungan apa pun yang terjalin melalui mimpi itu akan memudar dan menghilang. Sejak saat itu, ia akan memeriksa informasi yang relevan di arsip atau meminta nasihat dari uskup agung gereja.

Bagaimanapun, dia harus melakukan apa pun yang dia bisa untuk menghentikan kapal legendaris itu mendarat di Pland. Sebagai pelindung dan warga negaranya, Vanna memiliki kewajiban untuk melakukannya.

***


Sosok hitam yang tinggi dan kurus dengan cepat menyapu jalan-jalan sepi di kawasan pusat kota dan hanya meninggalkan sekilas siluet bayangannya di belakang.

Bangunan-bangunan dan jalan-jalan ini tidak dikenalnya, tetapi melalui kenangan yang ia lahap dari merasuki tubuh ini, Duncan tahu persis ke mana harus pergi.

Hal ini membuatnya sangat senang karena akhirnya ia berhasil. Ia tidak hanya berhasil mendarat, tetapi ia juga memperoleh banyak informasi mengenai teknologi dunia ini dengan menggunakan penyamaran lengkap ini alih-alih mayat yang membusuk.

Namun, sejujurnya, kesehatan tubuhnya sebenarnya tidak terlalu baik. Untungnya, kemampuan berjalan spiritual memungkinkannya untuk mengabaikan kondisi tubuhnya sehingga dia tidak memiliki keluhan.

Gonggongan anjing di kejauhan dari ujung gang akhirnya menyebabkan Duncan berhenti berlari, memaksanya bersembunyi di antara celah-celah dua bangunan terdekat.

Dia tidak tahu apakah itu anjing patroli yang dipimpin penjaga malam gereja, tetapi lebih baik aman daripada menyesal.

Akhirnya, kebisingan itu mereda lagi saat pipa-pipa uap bersiul pelan sambil mengeluarkan asapnya ke dalam kegelapan malam.

Duncan keluar dari tempat persembunyiannya dan mengamati jalan dengan saksama untuk mencari bahaya tersembunyi. Kemudian, berdasarkan ingatannya, ia tetap berada di sisi kiri rumah karena tahu bahwa rumah di sebelah kanan cenderung menarik perhatian karena penghuninya adalah pemabuk.

Di antara deretan bangunan rendah berlantai dua atau tiga, ia akhirnya tiba di sebuah bangunan tua kumuh dengan papan nama kotor tergantung di bagian depannya. Bangunan ini jelas telah salah urus karena jendelanya sangat kotor – hampir tidak bisa mengintip ke dalam karena kotoran – tetapi tetap saja itu adalah rumah.

“Toko Barang Antik Ron,” gumam Duncan dengan suara rendah, “nama toko yang sederhana dan langsung ke pokok permasalahan ….”

Setelah selesai, ia mencari kunci itu melalui apa yang sedikit ia ingat. Setelah mencari-cari di sekitar pintu masuk, ia akhirnya menemukan kunci cadangan yang tersembunyi di bawah ambang jendela.

Pemilik asli mayat itu telah melakukan pekerjaan rumah agar tidak tertangkap. Seperti mengambil kunci yang dapat mengidentifikasi dirinya sebagai pemilik toko barang antik ini misalnya.

Dengan cepat memasukkan kunci ke lubang pintu, Duncan dengan mudah menyelinap masuk dengan retakan kecil dan menutup pintu di belakangnya. Meskipun ia berusaha sekuat tenaga untuk tidak dikenali, lempengan kayu tua itu masih mengeluarkan suara bantingan di tengah malam. Untungnya ia sekarang sudah di dalam, aman dan jauh dari mata-mata yang mengintip ….

[1] Bara Laut DalamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang