Bab 25: Komunikasi Tidak Memungkinkan

3 2 0
                                    

Merpati itu memiringkan kepalanya, mungkin merasa Duncan tidak mendengarnya dengan jelas. Lalu dengan cepat mengulang nama itu lagi dengan suara yang lebih keras dari sebelumnya: "Ai!"

Duncan akhirnya mengerti apa maksud burung itu: “Maksudmu namamu Ai?”

Merpati itu mengangguk bangga dan melangkah mengelilingi meja: “Googoo!”

Duncan tak kuasa menahan diri untuk mengusap dahinya karena merasa aneh berkomunikasi dengan burung merpati ini. Menurutnya, hal itu bahkan lebih canggung daripada berbicara dengan kepala kambing. “Tahukah kau bagaimana kau dilahirkan? Atau lebih tepatnya ... bagaimana kau berakhir di sini?”

Merpati itu berpikir sejenak sebelum keduanya melihat ke arah yang berbeda: “Aiya, halaman yang kau cari hilang, mencoba menyegarkannya?”

Duncan: “ … ”

Hampir mustahil untuk memahami apa yang terjadi di kepala burung itu. Namun satu hal yang pasti, burung itu memiliki perasaan dengan caranya sendiri dan berkomunikasi dengan serius.

Masalahnya, apakah mereka berdua memiliki pemahaman yang sama tentang apa sebenarnya arti "komunikasi"?

Duncan terus berusaha berbicara dengan burung merpati bernama Ai ini. Selama percakapan mereka, burung itu terkadang memberikan jawaban yang relevan terhadap pertanyaannya. Namun, sebagian besar jawaban yang diberikan tidak jelas dan tidak berhubungan.

Pada akhirnya, hanya sedikit kemajuan yang dicapai, membuat sang kapten mengerutkan kening: “Apa-apaan ini ....”

Tak terpengaruh oleh ketidaksenangan manusia, burung merpati itu berjongkok di atas meja dan mulai bertengger sambil sesekali merengek meminta V50.

Duncan tidak peduli dengan nyanyian burung itu, sebaliknya ia melengkungkan jari-jarinya dan mengusapnya dengan lembut. Sambil memperhatikan nyala api hijau yang menyala di ujung jarinya, lelaki itu yakin akan satu hal – kompas dan burung merpati pada dasarnya adalah benda anomali yang dapat ia kendalikan.

Saat mengujinya, ia meningkatkan ukuran intensitas api. Benar saja, api di sekitar Ai meledak dengan penunjuk di dalam kompas mulai melambat seolah ingin menunjuk ke suatu arah.

Ai tidak bereaksi sepanjang waktu meski dilalap api, dia hanya mandi dalam api hantu dan menunggu perintah.

Lalu sebelum kompas kuningan bisa diaktifkan sepenuhnya, Duncan mengambil inisiatif untuk membubarkan api.

Secara diam-diam merangkum temuannya:

"Pertama, kompas masih bisa digunakan ... Hanya saja sekarang ada 'media' yang aneh. Untuk saat ini, belum pasti efek apa yang akan ditimbulkan oleh burung merpati ini, dan aku juga tidak boleh melakukan perjalanan jiwa lagi sebelum aku benar-benar siap."

"Kedua, pasti ada hubungan antara burung merpati dan saya, dan hubungan ini akan menjadi lebih jelas dalam kasus kebakaran. Sampai batas tertentu, aku juga dapat mengendalikan burung merpati ... bahkan mungkin lebih dari sekadar mengendalikan ...."

"Ai jelas memiliki keinginannya sendiri dan akan bertindak sesuai dengan pikirannya sendiri. Oleh karena itu, perintahku tidak mutlak untuknya, yang berbeda dari barang-barang lain di Vanished."

“Bisa bicara, punya kemampuan berpikir tertentu, bisa menilai masalah secara mandiri … Dibandingkan dengan anomali biasa, sifat merpati ini tampak lebih mirip dengan Goathead ….”

Duncan merangkum beberapa informasi yang kini diketahuinya dan akhirnya mengalihkan perhatiannya ke belati hitam obsidian terkutuk itu.

Setelah berpikir sejenak, Duncan mengulurkan tangan dan mengambil benda itu, yang digunakan oleh pendeta di selokan bawah tanah itu. Sentuhan dingin dan keras saat bersentuhan memberitahunya bahwa benda itu asli.

Setelah memastikan itu bukan ilusi lain, Duncan melepaskan sedikit lagi api hantunya, menyebabkan api menyelimuti tubuh bilah pedang itu. Dilihat dari umpan balik yang kosong, kekuatan luar biasa yang terkandung dalam bilah ritual ini memang telah menghilang.

Sebagaimana yang telah ia nilai sebelumnya di tempat pengorbanan itu, benda ini bukanlah benar-benar sebuah benda anomali tetapi perpanjangan dari suatu kekuatan luar biasa atau wadah sementara yang disalurkan dengan energi secara artifisial.

Meskipun Duncan tidak tahu sistem macam apa yang digunakan oleh anomali itu, ia dapat menebak dengan pasti bahwa bilah ini bukanlah barang langka ... lebih seperti produk yang diproduksi secara massal.

“Ini yang kau bawa pulang?” Dia mengangkat kepalanya dan menghadap Ai. “Dan ini untukku?”

Merpati itu menatap lurus ke mata Duncan dengan iris matanya yang berwarna kacang kemerahan tanpa menjawab.

Duncan: “…?”

Tanyanya sekali lagi, dan burung merpati itu tetap tidak bergerak, seakan-akan tiba-tiba menjadi patung tak bernyawa.

Perubahan abnormal yang tiba-tiba itu membuat Duncan sedikit mengernyit, tetapi tepat saat dia hendak merangsang Ai dengan api hantu untuk melihat apakah dia dapat membangunkannya secara paksa, burung itu tiba-tiba hidup kembali. Melompat dua kali di tempat dan berteriak, "Ambil kapak surya ini, ambil kapak surya ini, ambil ini ...."

"Baiklah, aku mengerti. Kau tidak harus menjawab setiap pertanyaan yang aku ajukan," Duncan segera melambaikan tangannya untuk memaksa burung merpati itu diam. Setelah mengatur bahasanya terlebih dahulu, "Lalu, tahukah kau bagaimana kau membawa belati ini ke sini? Atau lebih tepatnya, kau dapat membawa 'benda fisik' melalui terowongan ruang, kan?"

Merpati itu berpikir sejenak sebelum mematuk jari Duncan: “Seluruh tempat ini penuh, dan potongan ayamnya tidak dipungut biaya.”

Duncan: “A … aku akan berpura-pura mengerti.”

Dia mendesah, mengira dia telah mencapai batas komunikasi dengan burung ini.

Kemudian dia bangkit dari mejanya dan berbalik menghadap pintu yang mengarah ke ruang pemetaan. Dia masih bisa mendengar percakapan antara Goathead dan Alice di luar, yang berlangsung cukup baik dengan yang pertama membahas resep ketujuh belas untuk rebusan rumput laut.

Pada saat ini, Duncan merasa harus menyelamatkan satu-satunya anggota krunya (dan yang paling normal).

Di sisi lain, dia sudah terlalu lama berada di kamar tidur. Sudah saatnya dia menunjukkan wajahnya untuk menenangkan si Goathead.

Namun sebelum beranjak pergi, dia melirik ragu ke arah Ai yang tengah berlari mengitari meja lagi.

Apakah aku harus membawa burung merpati ini juga? Bagaimana cara menjelaskannya kepada mereka saat aku melakukannya?

Duncan ragu-ragu hanya selama dua detik sebelum dengan tegas meraih merpati itu dan meletakkannya di bahunya.

Jika dia akan aktif di Vanished di masa mendatang, dia harus lebih terbuka tentang rahasia tertentu. Selain itu, menyembunyikan burung yang bisa berbicara dan berjalan di kapal tidak akan pernah berakhir baik. Apa yang akan dipikirkan anggota kru lainnya tentang citranya jika mereka tiba-tiba bertemu Ai suatu hari?

Jadi, ia akan dengan senang hati mengeluarkan burung merpati itu dan mengatakan bahwa itu adalah rampasan barunya—ia tidak perlu menjelaskan apa pun kepada Goathead itu sejak awal. Bagaimanapun, perwira pertama kapal ini akan melengkapi sendiri rinciannya.

Adapun cerita-cerita aneh yang menyebutkan bahwa burung merpati ini kadang-kadang muncul (bagi penduduk dunia ini tentu tidak bisa dimengerti) itu pun tidak perlu dijelaskan.

Biarkan Goathead dan Alice menemukan cara untuk mengetahuinya.

Dengan burung merpati gemuk di bahunya, Duncan dengan bebas menegakkan postur tubuhnya dan dengan tenang berjalan keluar dari kamar tidur.

“Teh herbal yang autentik, suara yang autentik, selamat menyaksikan ….” Merpati itu pun dengan bangga menegakkan dadanya dan berteriak seolah-olah mengumumkan kedatangannya.

[1] Bara Laut DalamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang