Duncan tidak tahu sudah berapa lama ia menatap langit, tetapi ia akhirnya mengalihkan pandangannya dari awan setelah merasa sangat sakit. Namun, citra matahari tetap terpatri dalam retinanya meskipun ia menutupnya.
Matahari tidak seharusnya seperti itu, tetapi sekarang, dia harus menerima kenyataan.
Dia berada di negeri asing, tempat yang jauh daripada yang pernah dapat dibayangkannya.
Tanpa sadar menoleh ke arah pintu kamar kapten, Duncan tahu dia bisa kembali, kembali ke kamar apartemen tempat dia tinggal selama bertahun-tahun. Namun, tidak ada apa pun di sana untuknya. Selain kabut abu-abu tebal dan suram, apa yang bisa dia lakukan di sisi itu dari ruangan seluas sekitar tiga puluh kaki persegi?
Kenyataannya, “rumah” yang ia anggap familiar itu tak lebih dari sekadar perahu sepi lainnya—tentu saja secara metaforis.
Dalam keheningan yang panjang, suara Goathead itu terdengar lagi dan memecah kemurungannya: “Kapten, ke mana kita akan pergi selanjutnya? Apakah anda punya rencana berlayar?”
Rencana berlayar? Bagaimana Duncan bisa punya rencana seperti itu? Meskipun ia ingin segera merumuskan rencana sempurna untuk menjelajahi dunia dan menyelesaikan pelayaran berikutnya, ia tidak punya sedikit pun petunjuk atau pengetahuan untuk membuat rute di peta.
Padahal, baru beberapa jam lalu dia terpikir untuk mengendarai Vanished. Meski begitu, dia masih mempertimbangkan ide itu sebelum menjawab: "Dari mana datangnya kapal yang menabrak kita?"
“Maksud anda city-states itu? Mana yang ingin anda tuju?” Suara Goathead itu sedikit terkejut dan kemudian ingin membujuknya, “Saya sarankan agar anda tidak mendekati jalur pelayaran yang dikuasai city-states itu … Setidaknya tidak sekarang. Meskipun anda adalah Kapten Duncan yang hebat, keadaan Vanished saat ini …. tidak sebaik sebelumnya. Garnisun yang berpatroli di perairan itu pasti akan menahan serangan anda ....”
Duncan terdiam beberapa saat. Ia ingin tahu apa yang telah dilakukan oleh Kapten Duncan yang sebenarnya hingga menimbulkan kebencian seperti itu.
Selain itu, eufemisme dari Goathead tersebut mengungkapkan kepada Duncan bahwa kapal tersebut tidak pernah terawat sebaik yang ia kira sebelumnya – mungkin alasan utama kapal hantu tersebut melakukan pelayaran panjang adalah karena rasa takut untuk kembali ke pelabuhan di dunia yang beradab.
Duncan sedikit tertekan. Ia sangat perlu menemukan cara untuk memahami dunia, dan ia harus menemukan cara untuk menghubungi masyarakat beradab di luar sana. Entah itu untuk kelangsungan hidupnya sendiri dalam jangka panjang atau misteri menemukan cara untuk kembali ke rumah, ia harus menemukan cara untuk menghentikan pengembaraan tanpa akhir ini.
Masalahnya adalah masyarakat beradab tampaknya tidak menyambutnya sampai-sampai kehadirannya saja sudah cukup untuk menarik perhatian kelompok penyerang yang terdiri dari dua puluh lima orang untuk mengusirnya ke jurang.
Sambil mendesah atas kemalangannya sendiri, Duncan berharap setidaknya ada sebuah buku tentang Vanished saat ini – dia kekurangan informasi, dan satu-satunya sumber adalah Goathead.
Tapi sekali lagi ... Kenapa tidak ada buku tentang kapal besar ini?
Berlayar dalam perjalanan panjang bisa menjadi lingkungan yang menegangkan di laut, itulah sebabnya mereka selalu punya cara untuk menenangkan diri seperti membaca atau menonton film. Bisakah Duncan yang sebenarnya menjadi ... buta huruf?
Duncan dengan santai menanyakan hal ini dengan suara keras karena dia tidak dapat menahan diri. Tanpa diduga, kambing itu menjawab tanpa ragu: “Buku? Membaca di laut adalah hal yang berbahaya. Bayangan di kedalaman dan yang bersembunyi di subruang semuanya menunggu pikiran manusia untuk menunjukkan celah. Buku klasik dari gereja bagus, tetapi itu sangat membosankan sehingga lebih baik mencuci geladak ... Tetapi Kapten, bukankah anda selalu tidak tertarik pada hal-hal dari gereja?”
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasíaPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...